Pariwisata

Pesona Yang Dimiliki Wisata Jogja Pantai Siung Gunung Kidul

Pesona pantai di Gunung Kidul Jogjakarta memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satu yang memiliki potensi dan perlu dikunjungi adalah pantai Siung yang bisa jadi 11 12 dengan pantai Senggigi di Lombok lhoh. Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang pantai yang satu ini. Namun bagi para pecinta alam tentu sudah tidak asing karena sering dijadikan lokasi panjat tebing. Di kawasan ini banyak terdapat jalur pemanjatan yang menantang. Agar Anda tidak penasaran dengan pantai unik satu ini, berikut informasi singkat mengenai pesona wisata Jogja Pantai Siung lengkap dengan potensi yang dimiliki.

Lokasi

Pantai Siung berada di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Jogjakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 77 km dari pusat kota Jogjakarta. Untuk menuju Pantai Siung dari Jogjakarta anda dapat melalui jalan wonosari dilanjutkan menuju Tepus dan Purwodadi selanjutnya sampailah ke Pantai Siung. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke sana kurang lebih 2 jam perjalanan dari Yogyakarta.

Keunikan Pantai Siung

Salah satu keunikan dari pantai Siung yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya adalah adanya ratusan batu karang raksasa yang terbentang sepanjang pantai. Batu-batu karang ini sering dijadikan sebagai lokasi panjat tebing bagi para pecinta alam. Hingga saat ini setidaknya ada 250 rute panjat tebing yang ada di sana. Bahkan pantai satu ini dinobatkan sebagai lokasi panjat tebing terbaik di Yogyakarta.

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta, sumber ig dhp_masbro
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta, sumber ig @dhp_masbro

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Siung

Lokasinya yang belum banyak dikenal dan cukup terpencil, fasilitas yang ada di Pantai Siung dapat dibilang cukup minim. Di sana hanya terdapat tempat parkir, warung, toilet dan mushola. Namun meskipun demikian mengunjungi Pantai Siung akan menjadi pengalaman tersendiri karena keindahan alamnya yang sungguh eksotis.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Siung

Gunung Kidul memang terkenal akan pantainya. Saran kami jika ke pantai Siung maka tak ada salahnya mengunjungi pantai-pantai lainnya sekaligus seperti pantai Indrayanti, pantai Kukup, pantai Baron, pantai Krakal, pantai Watu Kodok dan yang lainnya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika Anda mengunjungi wisata Jogja Pantai Siung. Diantaranya

1. Panjat Tebing

Sebagai pantai yang mendapat julukan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta, tentu saja kegiatan panjat tebing adalah aktivitas utama yang dapat dilakukan di pantai Siung. Banyaknya batu karang raksasa yang megah sangat cocok untuk dijadikan lokasi panjat tebing. Terlebih dengan karakteristik batu yang berbeda-beda memberikan kesulitan sendiri.

2. Camping

Di Pantai Siung memiliki camping ground yang bebas digunakan siapa saja. Namun meskipun demikian sebagai pengunjung harus tetap menaati peraturan yang berlaku seperti menjaga kebersihan dan tidak mencemari lingkungan. Tidak jauh dari camping ground terdapat sebuah rumah panggung yang bisa digunakan sebagai ruang pertemuan maupun basecamp. Rumah kayu yang ada disana mampu menampung kurang lebih 15 orang.

3. Membuat Foto Prewedding

Seperti halnya pantai Goa Cemara di Bantul, keindahan Alam pantai Siung yang sangat eksotis sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto prewedding. Adanya tebing karang, pepohonan dan pantai yang indah menjadikan hasil foto prewedding disana terlihat sangat eksotik dan mengagumkan. Oleh karena itu pantai ini juga sering menjadi lokasi foto prewedding favorit di Jogja.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk yang dikenakan di pantai Siung terbilang cukup murah hanya sebesar Rp.3.000 saja. Dan untuk parkir motor dikenakan biaya Rp.2.000 dan untuk mobil Rp.3.000. Namun harga bisa sewaktu-waktu berubah seperti pada event libur lebaran atau libur akhir tahun misalnya.

Itulah sedikit informasi mengenai wisata Jogja Pantai Siung lengkap dengan potensi wisata yang dimilikinya. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang tidak ada salahnya untuk memasukkan Pantai Siung ke dalam daftar lokasi yang perlu dikunjungi. Semoga tulisan ringan ini bermanfaat bagi rekan-rekan civitas akademika UNS semua yah, siapa tahu bisa jadi referensi untuk kegiatan makrab atau yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *