Apa itu WiFi? Simak Penjelasan Kami

Apa itu WiFi? Simak Penjelasan Kami

Apa itu WiFi? Simak Penjelasan Kami– Akses Internet nirkabel melalui WI-FI telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan “WI-FI”? Bagaimana cara kerjanya? Dan apakah  melaluiWI-FI aman? Temukan jawabannya di sini.Apa yang dimaksud dengan Wi-Fi singkatan?

Singkatan WI-FI adalah singkatan dari “Wireless Local Area Network” dan berarti sesuatu seperti jaringan lokal nirkabel. Ini sangat menyederhanakan akses jaringan untuk perangkat seluler seperti notebook, tablet, atau smartphone.

Karena dengan WI-FI Anda dapat menjelajahi Internet dengan cepat dan nyaman tanpa menghubungkan perangkat dan router dengan kabel. Alih-alih menggunakan kabel, data ditransmisikan menggunakan teknologi radio. Kunjngi juga dan simak indihometelkom untuk Anda.

Bagaimana cara kerja WiFi dan perangkat keras apa yang saya butuhkan?Untuk jaringan lokal nirkabel dengan akses Internet, Anda memerlukan  berikut :

  • Koneksi broadband, seperti DSL atau koneksi kabel,
  • modem dan router nirkabel, yang sering digabungkan dalam satu perangkat dan
  • setidaknya satu perangkat akhir berkemampuan WI-FI seperti laptop, PC, atau smartphone.

Router, biasanya dengan modem terintegrasi, membentuk antarmuka antara jaringan lokal dan World Wide Web – menghubungkan jaringan lokal ke Internet. Semua perangkat yang terhubung ke jaringan nirkabel dengan router WI-FI dapat menggunakan Internet dengan cara ini secara bersamaan.

Laptop Router Wifi

Lebih tepatnya, modem membuat koneksi ke Internet dengan menerima paket data yang masuk dan mengirim data keluar melalui Modem mengirimkan sinyal data yang masuk ke router. Router WI-FI, pada gilirannya, bertindak sebagai pusat switching dan akhirnya meneruskan paket data secara nirkabel ke perangkat yang berpartisipasi, yang disebut “klien”, dan sebaliknya. Hanya perangkat akhir yang berada dalam jangkauan sel radio dan terhubung ke LAN nirkabel yang dapat menerima dan mengirim data. Yang terakhir biasanya dilakukan melalui kata sandi WI-FI.

Apa Perbedaan Antara WI-FIDan Modem?

Istilah WI-FI dan Modemsering digunakan secara bergantian dalam bahasa sehari-hari, tetapi ada perbedaan mendasar.

LAN Nirkabel adalah singkatan dari semua jaringan lokal yang dapat diakses oleh pengguna seluler menggunakan tautan radio nirkabel. WiFi atau Wi-Fi (“Wireless Fidelity”), di sisi lain, adalah penunjukan jaringan radio lokal khusus menurut standar IEEE 802.11. Secara kasar, WI-FI adalah istilah umum untuk teknologi nirkabel, sedangkan Wi-Fi menunjukkan jenis transmisi WI-FI tertentu. Kesimpulannya, setiap WiFi adalah jaringan WiFi, tetapi tidak setiap jaringan WiFi harus bersertifikat WiFi.

Apa Itu Standar Wifi?

Transmisi data nirkabel didasarkan pada standar jaringan radio. Mereka memastikan komunikasi yang seragam dalam jaringan radio lokal nirkabel. Wireless LAN biasanya dioperasikan menggunakan standar IEEE 802.11x. Standar-standar ini distandarisasi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers, singkatnya IEEE. Kelompok kerja IEEE terus mengembangkan teknologi radio, sehingga sejumlah standar WI-FI telah berlaku selama beberapa dekade terakhir, yang berbeda secara signifikan dalam hal kecepatan transmisi, jangkauan dan keamanan.

Standar WI-FI pertama, 802.11, dari tahun 1977 menawarkan kecepatan transmisi maksimum hanya dua megabit per detik. Hari ini, kinerja ini bahkan tidak akan cukup untuk menonton video YouTube dalam resolusi yang layak. Rekayasa telah dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan stabilitas.

 Standar 802.11ac WI-FI, yang masih digunakan hingga saat ini, muncul pada tahun 2013 dengan kecepatan transmisi teoretis hingga 1.300 Mbit/dtk dan jangkauan maksimum 50 meter. Pada September 2019, versi WiFi terbaru AX atau Wi-Fi Indihometelkom diadopsi. Standar baru menggunakan teknik khusus untuk mengurangi interferensi ketika router tetangga menggunakan saluran WI-FI yang sama.

Comments are closed.