Negara dengan Sistem Pertanian Terbaik

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peran strategis terhaap semua sektor perekonomian. Tahun demi tahun, pertanian telah mengalami perubahan yang sangat drastis, khususnya pertanian di Negara Maju.

            Apalagi disertai dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat kegiatan pertanian menjadi sangat berbeda. Petani menjadi sangat dimudahkan dalam semua hal dalam pengolahan tanah sampai pasca panen. Ditambah badan pemerintahan yang turut ikut serta dalam pengelolaannya.

            Berikut informasi beberapa negara yang memiliki sektor pertanian terbaik di dunia:

1. Jepang

Negara dengan julukan negara sakura, sudah dikenal lama sebagai negara pertanian terbaik. Jepang yang selalu inovatif dalam semua bidang yang ada, termasuk bidang pertanian. Dengan teknologi dan pengelolaan yang baik, jepang dengan wilayah yang sempit selalu mampu memanfaatkan tanah untuk pertanian, bahkan dalam pertanian dalam gedung sekalipun. Oleh karena itu, jepang juga merupakan negara hidroponik terbaik.

            Jepang telah memiliki sistem pertanian yang lebih modern dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi mereka yang canggih. Teknologi terbarukan seperti traktor tanpa awak, mesin tanam, dan mesin panen telah di gunakan para petani. Sementara itu untuk menghalau hama, Jepang menggunakan teknologi lampu LED. Jepang setiap tahun selalu menciptkan teknologi yang berguna untuk pertanian.

2. Belanda

Belanda memiliki wilayah yang sedikit lebih tinggi dari permukaan air laut. Namun Belanda mampu menjadi salah satu negara  pengekspor produk pertanian terbesar didunia dengan nilai ekspor mencapai EUR 72,8 miliar. Produk andalan negara ini adalah benih dan bunga.

Kunci dari majunya pertanian di Belanda adalah Riset. Kebijakan-kebijakan dan teknologi di adopsi dari riset-riset yang dilakukan para ahli. Salah satu pusat riset pertanian yang terkenal disana adalah universitas Wageningen.

3. Amerika serikat

Teknologi pertanian Amerika semakin maju lagi sejak abad ke-19, saat banyak mesin dan teknologi baru ditemukan. Pertanian di sana semakin berkembang mesin dan teknologi yang ditemukan itu juga digunakan untuk meningkatkan hasil dan mutu pertanian. Kebanyakan lahan pertanian di Amerika ditanami jagung, padi, dan gandum. Tanah pertanian utama digunakan untuk menghasilkan makanan serat-seratan.

           Kini, Amerika Serikat merupakan salah satu negara pengekspor hasil tani terbesar di dunia.Komoditas yang lengkap dan berkualitas sangat baik. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian hingga ternak. Peralatan pertanian di Amerika sudah sangat modern. Petani Amerika, sudah semua menggunakan traktor untuk menggelola semua kegiatan pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *