Skip to content

Taman Sungai Mudal, Permata Tersembunyi di Pegunungan Menoreh

Kulon Progo, sebuah kabupaten yang terletak di sisi paling barat dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo di sebelah barat dan Kabupaten Magelang di sebelah utara. Selain itu Kulon Progo juga dilewati oleh barisan pegunungan Menoreh yang membentang di bagian barat. Pegunungan Menoreh inilah yang membuat Kulon Progo menyimpan segudang kekayaan alam di dalamnya. Sadar akan hal ini, masyarakat mulai bereksplorasi dan kekayaan alam yang tersembunyi pun satu per satu mulai ditemukan. Saat ini sudah banyak sekali wisata alam yang bermunculan di Kabupaten Kulon Progo. Salah satunya adalah obyek wisata Taman Sungai Mudal atau yang sering disebut dengan Tuk Mudal.

Sumber : https://camerawisata.com/lokasi-dan-harga-tiket-wisata-taman-sungai-mudal-di-kulonprogo/

“Tuk” merupakan sebuah kata di dalam bahasa Jawa yang artinya mata air. Taman Sungai Mudal menyuguhkan pemandangan berupa taman, air terjun dan kolam alami yang airnya berwarna hijau tosca. Sumber air di sini sangat alami karena berasal dari mata air yang memancar dari sungai bawah tanah. Apabila kita mendaki sampai ke titik paling atas maka kita akan menemukan sumber air tersebut.

Sumber: https://cheaper-tour.blogspot.com/2016/09/musim-mulai-beralih-udara-basah-dengan.html
Mata air Sungai Mudal

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Rute menuju tempat ini sangat mudah. Apabila anda dari Jogja maka cukup menuju ke jalan Godean kemudian ikuti terus jalan tersebut dan anda akan sampai di Kecamatan Naggulan. Perjalanan dari Jogja membutuhkan waktu sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam. Ketika anda bertemu dengan perempatan di Kecamatan Nanggulan, tetap lurus saja dan anda akan mulai mendaki perbukitan menoreh. Apabila anda sudah mencapai pertigaan di atas bukit, ambil arah kanan menuju Goa Kiskendo. Perjalanan dari sini sudah tidak lama lagi. Selama perjalanan anda dapat merasakan sejuknya udara perbukitan Menoreh. Terus ikuti jalan tersebut dan Taman Sungai Mudal ada di kanan jalan.

Mungkin anda berpikir saat sampai di perbukitan Menoreh maka jalan yang anda lalui pasti membuat tidak nyaman karena rusak. Namun kenyataannya tidak. Jalan perbukitan Menoreh sudah sangat mulus dan lebar. Selain itu di sepanjang jalan ini anda dapat menemukan berbagai obyek wisata lainnya seperti Gunung Lanang, Goa Kiskendo, Curug Setawing, Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut, dan Gunung Gajah.

Tips dan info travelling lainnya dapat dilihat di sini

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan di Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal menyediakan dua buah kolam alami apabila anda ingin berenang atau sekedar bermain air. Satu kolam berada di bawah tidak jauh dengan pintu masuk dan satu lagi berada di atas. Jadi anda harus mendaki untuk sampai ke kolam yang satunya. Jalur treking di sini sudah dilengkapi dengan pengaman berupa bambu di tepinya. Selain berenang dan bermain air, anda juga bisa sekedar menikmati pemandangan sambil duduk santai di gazebo-gazebo yang tersedia bersama keluarga, teman, atau pasangan. Semua aktivitas di atas dapat anda lakukan cukup dengan membayar Rp 6000 per tiket masuk.

Tips dan info travelling lainnya dapat dilihat di sini

Taman Sungai Mudal ini masih sangat alami sehingga harus dijaga kealamian dan kebersihan lingkungannya. Ini bukan semata-mata merupakan tanggung jawab pengelola obyek wisata. Kita sebagai pengunjung juga harus ikut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Dengan terjaganya kebersihan dan kelestarian lingkungan maka keindahannya dapat tetap dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Published inTravelling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *