Aside

SARANA DAN MEDIA PEMBELAJARAN

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
May the peace, mercy, and blessings of Allah be with you

Hello viewers….

Saya akan membagikan catatan kecil mengenai

“SARANA DAN MEDIA PEMBELAJARAN”

Sarana pembelajaran adalah semua keperluan yang diperlukan dalam proses belajar-mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien. Contoh sarana seperti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan, misalnya: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium dan sebagainya.

Prasana secara etimologis (arti kata) prasarana berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan. Dalam pendidikan misalnya: lokasi/tempat, bangunan sekolah, lapangan olah raga, uang dan sebagainya.

        Media dalam proses pembalajaran merupakan komponen penting untuk menunjang berlajannya proses belajar mengajar. Perkembangan media pembelajaran semakin maju, berkat menjamurnya teknologi yang berkembang saat ini. Proses belajar mengajar memerlukan media dan sarana pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran, sebagai calon pendidik sebaiknya dapat memilih media pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar lebih efektif, efisien, dan menarik.

          Media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harafiah berarti tengah, perantara atau pengatar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima. Pengertian media pembelajaran sangat bervariasi, berikut ini definisi para ahli mengenai media pembelajaran :

  1. Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah “sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran “ seperti : buku, film, video dan sebagainya.
  2. Menurut National Education Associaton(19) media pembelajaran adalah “sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras”.
  3. Menurut Heinich, Molenida, dan Russel (1993) berpendapat bahwa “teknologi atau media pembelajaran sebagai penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam tugas praktis belajar mengajar.
  4. Menurut Ali (1992) berpendapat bahwa “Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapar memberikan rangsangan untuk belajar”.
  5. Menurut Gagne (1990) berpendapat bahwa “Kondisi yang berbasis media meliputi jenis penyajian yang disampaikan kepada para pembelajar dengan penjadwalan, pengurutan dan pengorganisasian

      Dapat disimpulkan secara umum perngertian dari media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.

          Penggolongan media pembelajaran menurut para ahli sebagai berikut :

a. Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dan gerak):

  1. Media audio
  2. Media cetak
  3. Media visual diam
  4. Media visual gerak
  5. Media audio semi gerak
  6. Media visual semi gerak
  7. Media audio visual diam
  8. Media audio visual gerak

b. Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media:

  1. Audio            : Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
  2. Cetak            : buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
  3. audio-cetak : kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
  4. proyeksi visual diam : Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
  5. proyeksi audio visual diam : film bingkai slide bersuara
  6. visual gerak           : film bisu,
  7. audio visual gerak : film gerak bersuara, Video/VCD, Televisi
  8. obyek fisik             : Benda nyata, model, specimen
  9. manusia dan lingkungan : guru, pustakawan, laboran
  10. computer                           : CAI, CBI

c. Henrich, Molenda dan Russel menggolongkan media pemeblajaran sebagai berikut:

  1. media yang tidak diproyeksikan
  2. media yang diproyeksikan
  3. media audio
  4. media video
  5. media berbasis computer
  6. media jarak jauh
  7. hipermedia.

Allen mengemukakan tentang hubungan antara media dengan tujuan pembelajaran, sebagaimana terlihat dalam tabel di bawah ini :

Keterangan :

R = Rendah S = Sedang T= Tinggi

1 = Belajar Informasi faktual

2 = Belajar pengenalan visual

3 = Belajar prinsip, konsep dan aturan

4 = Prosedur belajar

5= Penyampaian keterampilan persepsi motorik

6 = Mengembangkan sikap, opini dan motivasi

         Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Contoh : bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan. Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai bersifat memahami isi bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan. Kalau tujuan pembelajaran bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer), seperti: biaya, ketepatgunaan; keadaan peserta didik; ketersediaan; dan mutu teknis.

  1. MEDIA GRAFIS, BAHAN CETAK, DAN GAMBAR

Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang.

Contoh :

  1. Media Flanel yaitu papan yang berlapis kain flannel untuk penyajikan gamber atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
  2. Sketsa, yaitu gambar yang sederhana atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok darisuatu bentuk gambar
  3. Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok dan menarik perhatian.
  4. Diagram, yaitu suatu gambaran-gambaran sederhana untuk memperlihatkan hubungan timbal balik, terutama dengan garis-garis diagram yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.
  5. Grafik, yaitu suatu grafis yang menggunakan titik-titik atau garis untuk menyampaikan informasi statistic yang saling berhubungan (R.Warsito, 2001 : 48). Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses belajar mengajar, grafik mempunyai fungsi untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistik.
  6. Bagan, yaitu media yang berisi tentang gambar-gambar keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.
  7. Media grafis paling umum digunakan dalam proses belajar mengajar, karena merupakan bahasa yang umum dan dapat mudah dimengerti oleh peserta didik. Kemudahan mencerna media grafis karena sifatnya visual konkrit menampilkan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.
  8. Foto, yaitu media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi. Ini merupakan alat visual yang efektif karena dapat divisualisasikan suatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan realitas
  9. Media bagan cetak adalah media visual yang pembuatannnya melalui proses percetakan/printing/offset. Media bahan cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf dan gambar-gambar diilustrasikan untuk lbih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan.

Contoh : petunjuk praktikum, buku cetak, LKS, dan lian-lain

modul, yaitu suatu paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu dan didesain sedemikian rupa guna kepentingan belajar siswa

Kelemahan Media Grafis

  1. Membutuhkan keterampilan khusus dalam pembuatannya, terutama untuk grafis yang lebih kompleks.
  2. Membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.
  3. Penyajian pesan hanya berupa unsur visual.

Kelebihan Media Grafis

  1. Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
  2. Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
  3. Pembuatannya mudah dan harganya murah.

2. PROYEKSI DIAM

     Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, dimana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit gerakan.

Contoh :

  • Transparansi OHP
  • Film Bingkai/slide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *