PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MATERI KIMIA BENTUK MOLEKUL

PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MATERI KIMIA BENTUK MOLEKUL

Disusun oleh:

Puput Krismayana                K3315043

Rahmat Kurniawan              K3315045

Rinu Larasati                        K3315047

Riskita Suryaningtyas          K3315049

Rizky Hapsari                        K3315051

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

SURAKARTA

2017

 

 

KATA PENGANTAR

       Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan paper kami mengenai strategi belajar mengajar dengan menggunakan media multimedia prezi.

       Paper ini terdiri dari tiga bab yakni pendahuluan yang berisi latar belakang serta tujuan dari pembuatan paper ini.  Kedua adalah pembahasan mengenai Prezi sebagai salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar. Terakhir adalah penutup.  Paper  ini ditulis dalam rangka tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Mata kuliah ini diampu Dr.paed Nurma Yunita Indriyanti S.Pd.,M.Si.M.Sc.

      Tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan paper ini, masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan penulisan paper ini.

      Akhir kata kami berharap semoga paper ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap penulis dan pembaca.

 

Surakarta, 16 Mei  2017
Penyusun

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………… 2

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………. 3

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………….. 4
  2. Rumusan Masalah ………………………………………………………………….. 5
  3. Tujuan …………………………………………………………………………………… 5

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pengertian Prezi ……………………………………………………………………… 6
  2. Keuntungan dan kelebihan Prezi ………………………………………………. 6
  3. Meramalkan bentuk geometri……………………………………………………. 7
  4. Merumuskan tipe molekul………………………………………………………… 7
  5. Bentuk molekul……………………………………………………………………….. 7
  6. Dua teori tentang bentuk molekul……………………………………………… 8
  7. Domain Elektron……………………………………………………………………… 8
  8. Prinsip dasar teori domain eletron…………………………………………….. 9

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan ……………………………………………………………………………. 11
  2. Saran …………………………………………………………………………………….. 12

 

 

PENDAHULUAN

BAB I

 

  1. LATAR BELAKANG

      Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi. Jadi, media dirancang sedemikaian rupa agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

      Dewasa ini, banyak sekali jenis media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Mulai dari yang sederhana sampai yang canggih, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Ada yang berbentuk cetakan, audio, audio visual, juga komputer. Meskipun demikian, masih banyak juga yang hanya menggunakan teknik yang kuno, misalnya dengan cara lisan, atau bahkan hanya dengan menyuruh para siswa membaca sendiri buku atau mencarinya sendiri dari sumber-sumber lain.

      Kita harus dapat meyakinkan para siswa atau pun guru-guru agar dapat menggunakan media untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan bangsa kita pada saat ini. Di samping itu, kita juga harus dapat meningkatkan mutu media pembelajaran dan memilih media yang sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

     Dalam kesempatan kali ini, kami memilih media Prezi. Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif.

  1. RUMUSAN MASALAH

Untuk memperjelas permasalahan yang akan dibahas, penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:

  1. Apa yang dimaksud Prezi ?
  2. Bagaimana sejarah singkat dari Prezi?
  3. Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Prezi?
  4. Bagaimana peran Prezi sebagai aplikasi pada pembelajaran kimia di Sekolah?

 

  1. TUJUAN
  2. Mengetahui aplikasi Prezi sebagai salah satu media pembelajaran masa kini.
  3. Mengetahui sejarah Prezi secara singkat.
  4. Memahami kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Prezi.
  5. Memahami peran Prezi sebagai aplikasi pada pembelajaran kimia di sekolah.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

     Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

     Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot obyek-obyek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

     Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif.

Keunggulan prezi :

  • Tampilan tema yang lebih bervariasi dibandingkan dengan power point.
  •  Menarik ketika dalam mode presentasi, dengan menggunakan teknologi ZUI nya.
  • Lebih simple dalam hal pembuatan animasi.
  • Pilihan tema keren, yang dapat di unduh secara online.

Kelemahan prezi :

  • Karena hanya menggunakan teknologi ZUI (tampilan yang nge-Zoom), software ini terlihat monoton.
  • Proses instalasinya membutuhkan koneksi internet.
  • Sulit memasukkan simbol matematika.
  • Untuk versi trialnya berlaku 30 hari, tapi masih bisa diantisipasi.

     Media prezi yang kita gunakan dalam menjelaskan materi bentuk molekul atau VSEPR menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dalam pemilihan media pembelajaran ini agar peserta didik lebih mudah mempelajari materi bentuk molekul atau VSEPR, dimana prezi ini lebih menarik, efisien dan lebih ke bentuk gambar lebih banyak daripada tulisan sehingga membuat peserta didik tidak bosan. Kemudian kami menggunakan metode ceramah, karena materi bentuk molekul atau VSEPR memang harus diterangkan oleh guru terlebih dahulu Karena proses menjelaskan memang sangat kompleks dari konfigurasi elektron, penetuan PEI dan PEB, lalu sampai menjadi bentuk molekul dan penggambarannya. Selanjutnya kami memilih metode diskusi ini agar pembelajaran bentuk molekul atau VSEPR lebih aktif dan peserta didik turut serta dapat mengaplikasikan bentuk molekul sehingga peserta didik lebih mudah memahami dan membedakan bentuk molekul suatu senyawa. Dengan mengaplikasikan serta membuat sendiri bentuk molekul diharapkan peserta didik mudah mengingatnya dan membedakan bentuk molekul satu dengan yang lainnya.

     Dalam mengaplikasikannya media yang digunakan plastisin, lidi, kertas A3, dan pensil warna. Peserta didik dapat memilih dari bahan-bahan yang mereka bawa untuk menjelaskan hasil diskusi mereka.

     Langkah-langkah dalam menerangkan bentuk molekul atau VSEPR ini dengan menggunakan media prezi sebagai berikut :

  1. Guru menyiapkan media prezi yang berisi materi bentuk molekul atau VSEPR
  2. Membagi kelompok dengan anggota 4-5 peserta didik
  3. Setiap kelompok diharapkan membawa 1 pack plastitin, 10 buah lidi, kertas gambar A3 dan pensil warna.
  4. Guru menampilkan dan menerangkan materi bentuk molekul atau VSEPR
  5. Guru memberikan soal mengenai materi bentuk molekul atau VSEPR
  6. Peserta didik mendiskusikan dengan teman sekelompoknya
  7. Hasil diskusi dituangkan atau dirancang dengan plastisin dan lidi
  8. Setelah jawaban dan rancangan hasil diskusi tersebut selesai
  9. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya dengan menjelaskan satu demi satu rancangan hasil diskusi mereka
  10. Guru mencocokkan hasil diskusi peserta didik dan memperlihatkan jawaban yang benar

Berikut ini isi materi bentuk molekul atau VSEPR dalam media prezi yang kami buat :

Untuk meramalkan bentuk geometri adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan tipe molekul
  2. Menggambarkan susunan ruang domain-domain elektron di sekitar atom pusat yang memberi tolakan minimum
  3. Menetapkan pasangan terikat atau pasangan electron ikatan (PEI) dengan menuliskan lambang atom yang bersangkutan
  4. Menentukan geometri molekul setelah mempertimbangankan pasangan elektron bebas (PEB)

Merumuskan tipe molekul

Jumlah domain pasangan electron dalam suatu molekul, dapat dinyatakan sebagai berikut :

  1. Atom pusat dinyatakan dengan lambang A
  2. Domain eketron ikatan pusat dinyatakan dengan X
  3. Domain eletron bebas dinyatakan dengan E

Bentuk molekul

  • Untuk menggambarkan susunan atom-atom dalam suatu molekul berdasarkan letak pasangan electron dalam molekul itu.

Dua teori tentang bentuk molekul

  1. Teori Domain Elektron
  2. VSEPR

Teori Domain Elektron= Teori VSEPR (Velence Shell Elektron Pair Repulsion)

Domain Elektron

  • Area atom daerah dalam atom yang ditempatkan oleh electron yang ada pada atom pusat sendiri dari pasangan elektron ikatan (PEI) baik ikatan tunggal, rangkap dua, maupun rangkap tiga dan pasangan eletron bebas.
  • PEI dan PEB akan saling tolak menolak karena sama-sama bermuatan negative sampai jarak tertentu sehingga tolakan seminimal mungkin
  • Tolakan PEB dan PEI yang terikt pada atom pusat akan mempengaruhi bentuk molekul suatu senyawa. Oleh Karena itu. VESPR maupun teori domain membahas dan meramalkan bentuk molekul seatu senyawa berdasarkan tolakan electron secara domain PEB dan PEI

Tipe molekul dapat ditentukan dengan langkah-langkah:

  1. Menentukan jumlah electron valensi (EV)
  2. Menentukan jumlah domain electron ikatan (X)
  3. Menentukan jumlah domain eletron bebas (E)

Dengan demikian jumlah pasangan electron bebas (E) sesuai dengan rumus berikut :

Dengan, EV = jumlah eletron valensi atom pusat

X  = jumlah domain eletron ikatan (PEI)

E  = jumlah domain eletron bebas (PEB)

Contoh meramalkan bentuk molekul

  1. Molekul PF3

Penyelesaian :

  1. Mengetahui konfigurasi atom P dan F

P = [Ne]10  3s2  3p3    elektron valensinya 3

F = 1s2  2s2s5      elektron valensinya 5 (EV)

  1. Menentukan PEI (pasangan electron ikatan) dan PEB (pasangan electron bebas) dengan menggambar struktur lewisnya sebagai berikut:

                                         

Dari gambar dapat dilihat bahwa PEI (X) = 3 (P-F)

      Penentuan PEB                                                            

 

Maka PEB = 1 pasang eletron bebas

Maka tipe molekulnya AX3E dengan bentuk molekul tetrahedron

  1. Tipe molekul dan bentuk dapat dilihat pada table berikut ini:

     

    

Prinsip dasar teori domain eletron adalah sebagai berikut :

  • Antar domain eletron pada atom pusat saling tolak menolak sehingga mengatur diri sedemikian rupa sehingga tolakkannya menjadi minimum
  • Urutan kekuatan tolakan domain elektron:

PEB-PEB>PEB-PEI>PEI-PEI

Akibatnya dari perbedaan kekuatan iniadalah mengecilnya sudut ikatan pada bentuk molekulnya

  • Bentuk molekul hanya ditentukan oleh pasangan electron ikatan (PEI)

     Hibridisasi adalah peleburan orbital-orbital dari tingkat energi yang berbeda menjadi orbital-orbital yang setingkat. Jumlah orbital hidrida (hasil hidridisasi) sama dengan jumlah orbital yang terlibat pada hibridisasi itu. Penjelasan bentuk molekul dengan menggunakan teori hibridisasi berkaitan erat dengan teori digram molekul.

Bentuk molekul

Jumlah domain eletron Susunan ruang (geometri) besar sudut ikatan
2 Linier 180
3 Segitiga sam sisi 120
4 Tetrahedron 109,5
5 Bipiramida trigonal Ekuatoril 120

Aksial 90

6 Octahedron 90

      

BAB III

  1. KESIMPULAN

     Prezi adalah untuk “membuat pelbagai idea menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan pelbagai idea dalam bentuk visual yang bersifat naratif.

     Prezi adalah satu software masa kini yang fungsi utamanya hampir sama dengan Power Point, iaitu untuk pembentangan berasaskan internet.

     Meskipun mempunyai kelebihan daripada powerpoint namun tetap prezi mempunyai kekurangan. Namun sampai saat ini kekurangan prezi ada yang masih bisa diantisipasi.

     Dengan mengkombinasikan 2 media modern (prezi) dan media konvensional (plastisin, lidi, kertas A3, dan pensil warna), serta metode ceramah dan diskusi hal ini agar peserta didik lebih mudah memahami materi bentuk molekul, dan dapat membedakan bentuk molekul.

2. SARAN

     Sebagai mahasiswa yang tidak terlepas dari segala sesuatu yang berkaitan dengan media strategi belajar mengajar, kita seharusnya dapat mempelajari salah satu aplikasi pendukung pembelajaran yakni Prezi ini dengan baik. Hal ini bertujuan agar kita dapat menggunakan aplikasi ini sebagai penunjang pembelajaran yang interaktif didalam kelas sebagai upaya memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa di sekolah. Kombinasi media modern dan konvensional, serta 2 metode yaitu ceramah dan diskusi hal ini ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi bentuk molekul.

 

DAFTAR PUSTAKA

Purba, Michael dan Suhardi. 2012. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *