Health News : Es Teh baik ga sih buat kesehatan ?

Anak kost:”Sebenernya minum es teh baik ga si ?

Yaa. . es teh memang sangat sangat sangat tidak asing di kalangan masyarakat. Baik bagi kalangan bawah, menengah, maupun atas, es teh selalu menjadi primadona. Hebat juga yaa.. haha, kenapa bisa gitu ya ?. Terutama bagi anak kost nih. Mie ayam atau bakso dan es teh manis adalah nikmat dunia yang luar biasa bagi anak kost. Iya ga ? ngaku aja dah ah. Hampir setiap hari, bahkan setiap makan di warung, pasti ketika ditanya “mau minum apa mas/mba ?” kebanyakan pasti minta es teh. Kecuali yang lagi bener-bener ngirit nih “air putih aja bu/pak”, sambil bilang “yang gratis”, dalam hati. Tapi sebenernya, es teh itu baik ga sih buat kesehatan ? especially es teh manis nih.

Dikutip dari laman cnn news Indonesia, terlalu banyak mengkonsumsi es teh dapat menyeabkan beberapa penyakit loh. Seperti :

  1. Diabetes
    Es teh manis tentunya mengandung gula untuk memberikan rasa manis. Rasa manis dalam es teh manis ini akan menyegarkan dan menambah energi. Namun hati-hati, kandungan gula yang terlalu tinggi dalam gula akan berisiko membuat Anda terserang diabetes.
  2. Batu ginjal dan masalah ginjal
    Mengutip Elite Readers, seorang pria dilaporkan minum setidaknya 16 gelas es teh hitam setiap hari. Dia pun mengalami banyak efek negatif untuk kesehatannya, terutama dalam urusan kesehatan ginjal.

    “Hanya ada satu penjelasann yang masuk akal,” kata Umbar Ghaffar, dokter dari Medical Sciences di Little Rock, Arkansas dikutip dari CBS News.

    Dia mengungkapkan bahwa teh hitam memang memiliki banyak manfaat kesehatan tapi juga punya senyawa kimia yaitu oxalate yang yang bisa membuat gagal ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

  3. Penyakit kardiovaskular
    Jangan lupa bahwa es teh khususnya teh hitam mengandung kafein. Terlalu banyak minum teh dan juga kafein akan berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular.

    “Semua teh hitam mengandung kafein, hal ini baik dikonsumsi jika memiliki tekanan darah tinggi atau denyut jantung yang cepat. Ini akan membuatnya jadi makin buruk,” kata Suzanne Steinbaum, direktur dari lembaga kesehatan perempuan di Lenox Hill Hispotal, New York kepada Everyday Health.

  4. Obesitas
    Kandungan gula yang tinggi juga berbahaya untuk berat badan Anda. Merek-merek teh manis terkenal biasanya memiliki 250 kalori.
  5. Stroke
    Siapa sangka minum es teh manis bisa berisiko menyebabkan stroke. Ini terjadi karena es teh bisa meningkatkan jumlah trigriserida dalam tubuh.

Gimana nih ? jadi takut ? atau ah yang penting kan ga banyak-banyak, masih dalam batas wajar.

Hehe, ninggalin es teh ga segampang itu ya ferguso ? Okelah gak papa.

Tapi, AIR PUTIH LEBIH SEHAT OKE 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *