Hello readers

Welcome back to this blog

Apakah water colour itu ? Alat apa saja yang digunakan untuk melukis ?

Watercolour atau cat air merupakan media yang sering digunakan para pelukis dalam menuangkan ide-ide kreatifnya. Melukis menggunakan watercolour ternyata susah-susah gampang hlo teman. Perlu latihan yang rutin agar lukisan yang kalian buat menjadi indah.

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan lukisan menggunakan watercolour antara lain : watercolour/ cat air, kuas, air, tissue, palet, kertas, dan tentunya ide tentang gambar yang akan dibuat.

  1. Watercolour/ cat air (tentunya dong) : watercolour ada berbagai merek yang dapat kalian gunakan antara lain Koi watercolour, Simbalion watercolour, Giotto Acquerelli, dan lain sebagainya. Ada saran khusus yang aku berikan pada kalian semua bahwa dalam pemilihan cat air bagi pemula lebih baik yang terdapat banyak variasi warna agar tidak membingungkan dalam pemilihan warna (Newbie oh newbie 🙂 )
  2. Kuas : kuas memiliki banyak variasi nomor tetapi warna yang sering dipakai untuk pemula adalah 2, 4, 6, 10, dan 12.
  3. Air : dapat dimasukkan dalam gelas ataupun wadah dimana air akan digunakan untuk mencuci kuas saat akan mengganti warna cat.
  4. Tissue : digunakan agar lukisan lebih rapi dan mengeringkan kuas agar tidak terlalu basah.
  5. Palet : palet yang digunakan sesuai selera pemula saja.
  6. Kertas : kertas yang digunakan dapat berukuran berat 200 gram atau 300 gram. jika kalian menginginkan agar cat tidak terlalu cepat kering sebaiknya menggunakan ukuran 300gram. ukuran kertas dapat A3, A4, A5, bahkan A6.
  7. Ide : kalau ini aku yakin kalian pasti sudah merencanakan dari jauh-jauh hari sebelum memulai untuk melukis