google text to speech

Apa itu Google Text To Speech? Ini Dia Ulasan Lengkapnya

Google memang gak salah jika dijuluki sebagai perusahaan teknologi raksasa di dunia. Bagaimana tidak, google terus berinovasi dan salah satunya dengan mengembangkan Google Text To Speech – App Android.

Aplikasi ini mampu merubah text menjadi ucapan yang terdengar alami dengan pelafalan yang sempurna. Google Text To Speech merupakan aplikasi yang menggunakan API dan didukung dengan teknologi AI Google.

Apa itu Google Text To Speech?

Google Text To Speech merupakan aplikasi di ponsel android yang  membantu mengakomodasi input berupa teks dan menjadikan output berupa suara. Hebatnya, Google Text To Speech juga bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga sehingga fitur yang ditawarkan menjadi lebih beragam.

Keunggulan  Google Text To Speech ?

Merupakan penemuan yang mutakhir, Google Text To Speech mampu mensintesis ucapan yang terdengar alami kedalam 100 bahasa lebih. Google Text To Speech juga dibuat dengan terobosan Deep Mind di Wavenet sehingga hasilnya akurat dan dapat dipercaya.

Hebatnya dari aplikasi Google Text To Speech  ini adalah mampu membuat interaksi dengan penggunanya lebih nyata. Tak hanya itu aplikasi ini didukung oleh perangkat lainnya, sehingga mudah untuk digunakan.

Fitur-Fitur  Google Text To Speech?

tts-update.jpg

Aplikasi Google Text To Speech didukung oleh 4 fitur utama yang dapat membantu kinerja para penggunannya. Yuk, kita ulas satu persatu dibawah ini :

1. Custom Voice (beta)

Fitur ini mampu membuat output secara custom, misalnya kamu menggunakan suara sendiri. Atau kamu juga bisa memilih profil yang sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. 

2. WaveNet Voice 

Terdapat 90 jenis suara WaveNet yang berdasarkan penelitian inovatif Deepmind. Outputnya berupa ucapan yang sangat signifikan dengan text.

3. Voice Turning

Kamu bisa memilih nada suara dengan 20 Semitone yang berbeda. Canggihnya lagi, bisa mempercepat hingga 4x lipat maupun 4x lebih lambat.

Text and SSML Support

Dengan fitur ini kamu bisa menyesuaikan ucapan dengan tag SSML yang memungkinkan untuk menambah jeda, angka, format tanggal dan waktu serta instruksi ucapan lainnya.

Cara Menggunakan  Google Text To Speech ?

Cara mengunakan Google Text To Speech terbilang cukup mudah. Dan tak jauh berbeda dengan aplikasi buatan Google lainnya. Pertama, setelah registrasi sesuai data yang kamu miliki, lalu tinggal melanjutkan dengan mengetik text yang ingin kamu rubah. 

Langkah selanjutnya, pilih ikon ‘Select a Language’ kemudian klik ‘Speak It’ untuk mendengarkan. Lakukan secara berulang sesuai dengan output yang kamu inginkan. Mudah bukan?

Berapa Biaya Menggunakan  Google Text To Speech?

Nah, jika kamu tertarik menggunakan Google Text To Speech maka pada penggunaan pertama kamu dapat mencoba secara Trial atau gratis. Namun, untuk penggunaan selanjutnya akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah karakter yang disintesis menjadi audio.

Kabar baiknya, pada bulan pertama fitur WaveNet menggratiskan 1 juta karakter. Sedangkan untuk Non WaveNet digratiskan sebesar 4 Juta karakter. Ketika masa Trial habis, selanjutnya kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 1 juta karakter yang kamu gunakan.

Aplikasi terbaik di Google Text To Speech?

Ternyata ada aplikasi berbasis teknologi Google yang dapat mengubah tulisan kamu menjadi suara buatan yang mendukung bahasa Indonesia. Berikut beberapa aplikasi nya :

1. Google Text to Speech – Voiceoftext.com

Merupakan layanan bebas biaya alias gratis, Voiceoftext.com memungkinkan penggunanya untuk mengunduh suara dari Google Translate dalam format mp3.

Referensi: Cara Ubah Tulisan Ke Suara Robot Buatan

2. Sound of Text

Adalah pelopor aplikasi konversi tulisan menjadi suara, sound of text memiliki keunggulan utama yaitu mudah dalam menggunakan serta layanan yang 100% gratis atau tidak menawarkan paket versi berbayar. Keunggulan lainnya pada web apps satu ini adalah tersedianya API serta platform yang open source dan dapat diakses gratis di GitHub.

Gimana, sekarang sudah kenal kan dengan aplikasi Google Text To Speech – App Android. Nah, jika kamu berminat untuk menggunakannya kamu bisa langsung mencari informasinya melalui google.

Pastikan kamu menyiapkan data – data registrasi secara lengkap dan akurat. Untuk tutorial penggunaan kamu dapat juga belajar melalui website resminya dan beberapa artikel asing yang terkait dengan Google Text To Speech – App Android . Selamat Mencoba.

Sumber: Stiead.ac.id