safemode

Apa Itu Safe Mode, Fungsi, dan Cara Masuk serta Keluarnya

Apa itu safe mode – Halo sobat! Mendengar istilah safe mode atau yang biasa dikenal dengan mode aman pasti pikiran kita langsung mengarah ke sistem perangkat komputer. Karena memang sistem operasi komputer memiliki mode aman yang digunakan untuk memperbaiki masalah suatu sistem dalam komputer.

Nah, erat kaitannya dengan sistem komputer, tetapi para pengguna awam belum mengetahui bagaimana cara masuk dan keluar serta Apa fungsi dari safe mode ini.

Biasanya safe mode bisa di lihat pada sistem operasi Windows 10 yang bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan. 

Keperluan yang dimaksud misalnya untuk memeriksa kesehatan sistem dan memperbaikinya serta memeriksa kerusakan pada driver ataupun menghapus virus yang ada pada sistem komputer. 

Dalam artikel ini kami akan menjabarkan informasi mengenai apa itu safe mode, mulai dari pengertian, fungsi dan cara masuk dan keluar. 

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Safe Mode? 

Safe mode yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti mode aman merupakan sebuah mode diagnostik dari sebuah sistem operasi perangkat komputer. Mode aman merupakan salah satu jalan untuk bisa masuk pada mode operasi perangkat lunak. Nah, tujuan dari adanya safe mode ini yaitu untuk memperbaiki masalah pada sistem operasi yang tidak bisa diatasi apabila sewaktu-waktu sistem komputer melakukan pengebutan secara normal.

Safe mode juga memiliki arti opsi dari startup Windows yang mempunyai fungsi utama untuk mengatasi permasalahan yang masuk pada sistem. Pada kondisi inilah nantinya Windows akan bekerja dalam kondisi yang paling minim. 

Fungsi dari Safe Mode

Jika dilihat lebih lanjut dari apa yang sudah dijelaskan di atas maka safe mode memiliki beberapa peran yang sangat penting bagi sistem operasi sebuah komputer. Adapun fungsi dari safe mode yang bisa kamu kelihat seperti di bawah ini.

  • Menonaktifkan program atau aplikasi yang tidak bisa diaktifkan melalui Windows dengan mode normal. Biasanya akan ada beberapa aplikasi bawaan Windows yang tidak bisa dinonaktifkan. Maka, jika ingin menonaktifkan aplikasi tersebut kamu bisa menonaktifkannya melalui mode aman tersebut
  • Untuk meng uninstall software. Software yang di uninstall dengan bantuan safe mode merupakan software yang setelah diinstal membuat komputer kamu mengalami hang atau error
  • Untuk menjalankan system restore. Menjalankan sistem restore berfungsi untuk mengembalikan sistem yang saat ini menjadi sistem awal. Maka hal yang harus dilakukan pertama adalah mengaktifkan sistem restore
  • Untuk memeriksa tampilan Windows yang mengalami masalah seperti tampilan Windows dan sebagainya
  • Safe mode bisa menghapus virus berupa file yang tidak bisa dihapus dengan mode normal Windows. Meskipun ada beberapa virus yang masih bisa berjalan di safe mode tetapi kamu terlebih dahulu harus melakukan scan virus melalui mode normal sehingga virus bisa benar-benar hilang
  • Untuk membuka registry editor
  • Fungsi yang terakhir adalah untuk menjalankan fitur control panel yang mana jika ada beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan dengan mode normal. 

Cara masuk ke Safe Mode pada Windows 10

  • Klik tombol Windows kemudian pilih tombol power
  • Tahan tombol Shift di keyboard kemudian klik restart
  • Klik opsi troubleshot dan pilih Advanced option
  • Pada bagian startup setting silakan tekan tombol restart
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi versi boot. Ikuti opsi 4, 5 dan 6 saja
  • Tekan F4, F5, F6 di keyboard
  • Jika kamu sudah selesai memilih maka Windows 10 kamu akan otomatis berjalan dalam safe mode

Akhir Kata

Itulah informasi yang bisa tim Sebuahutas.com sampaikan dalam artikel Apa itu safe mode mulai dari pengertian hingga cara masuk ke safe mode pada Windows 10.

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan jangan lupa berikan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa terus mengembangkan artikel kami dan memberikan informasi yang bermanfaat setiap harinya.

Terimakasih.

Published by

Budiagus Setiawan

Cukup banyak menulis untuk memberi tanda kehidupan. Mengelola blog pribadi milik Budiagus, semoga bisa menebar manfaat.