bikin suara buatan natural di wa dengan voice aloud reader

Bikin Suara Buatan di WhatsApp dengan Voice Aloud Reader

Saat sedang beraktifitas seperti berolahraga atau memasak, mendengarkan musik atau podcast memang sangat menyenangkan. Namun apakah kamu pernah berpikir untuk mendengarkan pembacaan artikel atau buku? Jika kya maka aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android ini akan membantu untuk membaca teks tanpa harus melihat hp mu. 

Voice Aloud Reader TTS Reader – Android adalah aplikasi TTS atau Text to Speech yang akan mengubah teks menjadi suara. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yang mana membuatnya cukup populer untuk digunakan. Nah yuk kita coba berkenalan dengan aplikasi yang akan sangat membantu ini,

Kelebihan Voice Aloud Reader TTS Reader – Android

bikin suara buatan natural di wa dengan voice aloud reader
bikin suara buatan natural di wa dengan voice aloud reader

1. Gratis

Kelebihan pertama dari aplikasi ini adalah kita bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Meski memang ada konsekuensi yakni kita akan melihat iklan saat penggunaannya dan juga kita mungkin akan dibatasi fitur tertentu. Namun setidaknya kita bisa mencicipi bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi ini.

2. Punya banyak sekali fitur

Kelebihan selanjutnya dari Voice Aloud Reader TTS Reader – Android ini adalah karena fiturnya yang banyak sekali. Salah satunya adalah langsung membagikan frasa tertentu yang dibacakan ke media sosial seperti Whatsapp yang mana akan sangat menarik untuk dikirimkan. Yang lain adalah seperti dukungan headset bluetooth untuk pause dan resume pembacaan.

Fitur lainnya yang didukung adalah seperti mengatur tinggi rendah nada, kecepatan membaca dan lain sebagainya. Benar-benar aplikasi yang sangat lengkap fiturnya.

3. Dukungan Berbagai Format

Tidak perlu repot repot menyalin dan menempel teks, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dukungan berbagai format yang bisa dibacakan. Format tersebut seperti PDF, DOC, DOCX, RTF, OpenOffice documents atau bahkan HTML files. Bahkan aplikasi ini juga mampu membaca hasil scanning dari suatu dokumen yang mana teksnya dalam bentuk foto.

4. Membaca Dalam Latar Belakang

Sama seperti halnya kamu mendengarkan musik dan layar smartphone mu mati tetapi kamu tetap bisa mendengarkan musiknya, kamu juga bisa membaca pembacaan sebuah artikel atau buku dengan layar smartphone mati layaknya mendengarkan musik. Hal ini membuat penggunaan baterai smartphone jauh lebih hemat.

5. Dukungan Cloud

Apabila kita menyimpan dokumen di cloud seperti di Google Drive maupun Dropbox atau lainnya, kita bisa langsung membukanya di aplikasi Voice Aloud Reader. Kita tidak perlu repot mengunduhnya terlebih dahulu sehingga lebih menghemat memori. Apalagi ada cara yang mudah untuk membaca file dari Cloud ini dibawah.

Itulah beberapa dari banyak kelebihan aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android yang bisa kamu coba. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk platform android saja dan lagi aplikasi ini juga akan maksimal penggunaannya bila kita memiliki versi premiumnya. Itu yang mungkin akan menjadi pertimbangkan apakah akan membeli aplikasi Voice Aloud Reader ini.

Sebagai pertimbangan tambahan kamu bisa memperhatikan bagaimana cara penggunaan dari aplikasi ini. Kamu bisa menilai apakah cara penggunaannya mudah, rumit atau sebagainya. Jika menurutmu cocok, maka kamu bisa segera menginstalnya dari Playstore dan mencobanya. Berikut ulasan langkah penggunaannya.

  1. Cara yang pertama, buka aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android
  2. Selanjutnya, buka file yang hendak dibacakan
  3. Klik play maka aplikasi akan membacakan dokumen yang kamu kirimkan
  4. Kamu bisa mengatur kecepatan membaca, suara pembaca hingga tinggi rendahnya nada dari pembaca

Selain cara diatas, ada cara kedua yakni sebagai berikut

  1. Pastikan aplikasi Voice Aloud Reader sudah terinstal dan diberikan izin di smartphone mu
  2. Buka file explorer atau aplikasi cloud
  3. Pilih dokumen yang didukung, kemudian pilih share
  4. Saat share, pilih aplikasi Voice Aloud Reader
  5. Aplikasi Voice Aloud Reader akan secara otomatis membacakan teksnya

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Tidak perlu khawatir apabila dalam dokumen ada gambar atau bagian yang bukanlah teks. Aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android akan menghilangkannya dan juga hanya membaca teksnya saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba aplikasi yang sangat bermanfaat ini.

Sumber: https://www.apec2013.or.id/nada-dering-wa-sebut-nama/