cara mencari data sekolah smp resmi

Cara Mudah Mencari SMP Berdasarkan Wilayah Resmi yang Terdaftar Resmi di Kemdikbud

Cari SMP Berdasarkan Wilayah – semua orang tua ketika ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah biasanya terlebih dahulu mencari informasi terkait sekolah tersebut. 

Informasi yang di cari pun bisa berupa akreditasi sekolah tersebut, prestasi dari sekolah dan tak kalah pentingnya wilayah. Mengapa terkait wilayah? Dikarena untuk melihat seberapa mudahkah sekolah tersebut untuk di jangkau.

Selain itu juga setelah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Peraturaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

Yang mengatur bahwa PPDB yang di laksanakan pemerintah Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan pemerintah provinsi untuk pendidikan menengah wajib menggunakan 4 jalur : jalur zonasi (50 persen), jalur prestasi (30 persen), jalur afirmasi (15 persen) dan jalur perpindahan orang tua/wali (5 persen).

Dari Permendikbud di atas artinya peluang untuk masuk melalui jalur zonasi sangat besar. Maka itu sangat penting orang tua mengecek terlebih dahulu sekolah berdasarkan wilayah.

Konsep dasar PPDB zonasi sendiri ialah minimal 50% dari daya tampung sekolah tersebut:

  1. Sekolah negeri wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili sesuai zonasi
  2. Termasuk kuota bagi siswa yang meliputi:
  1. Tidak mampu
  2. Penyandang disabilitas (sekolah inklusi)
  3. SMA/SMK negeri wajib menerima peserta didik dari keluarga tidak mampu minimal 20% dari daya tampung. Sesuai Pasal 53A PP 17/2010 jo 66/2010

Lalu apa sih manfaat dari pendidikan berbasis zonasi itu?

  1. Memudahkan upaya peningkatan kapasitas guru
  2. Pemerataan akses pendidikan
  3. Menghilangkan praktik jual beli kursi dan pungli
  4. Mendekatkan peserta didik dengan lingkungan sekolah
  5. Mengoptimalkan tripusat pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter
  6. Memberikan data yang valid sebagai dasar intervensi Pemerintah dan Pemda
  7. Kondisi kelas yang heterogen mendorong siswa bekerja sama

Wah manfaatnya sungguh besarnya untuk pendidikan sendiri dengan begitu Indonesia berupaya mencapai pemerataan kualitas pendidikan dari sistem zonasi tersebut.

Oh iya jalur zonasi umum ini juga terbagi lagi yakni zonasi radius dan zonasi reguler.

Zonasi Radius: bagi calon siswa yang domisili dalam radius 0-200 meter dari sekolah wajib di terima. Untuk penentuan jaraknya itu berdasarkan jarak udara dari titik koordinat domisili ke titik koordinat sekolah pada sistem aplikasi PPDB

Zonasi Reguler: bagi calon peserta didik yang bisa di lihat dari daftar kelurahan/desa, wilayah administratif atau pun di luar wilayah administratifnya.

Cara Mencari Sekolah Berdasarkan Wilayah

Setelah penjelasan di atas sobat bakal kasih langkah-langkah agar kalian mudah dalam mencari sekolah yang akan di tuju sesuai wilayah tempat tinggal:

  1. Buka browser baik itu menggunakan handphone ataupun laptop yang terhubung dengan jaringan internet
  2. Lalu kunjungi website https://www.datapendidikan.com/smp 
  3. Muncullah halaman utamanya, pada kolom lokasi silakan cari wilayah sekolah yang akan di tuju
  4. Setelahnya akan tampil semua sekolah yang ada di wilayah tersebut. Informasi yang ada beruapa nama sekolah, alamat, kecamatan, kelurahan dan status dari sekolah tersebut. 
  1. Jika ingin melihat mapsnya pun kalian tinggal klik nama sekolah dan akan ada pentunjuk maps menuju sekolah.

Demikian langkah-langkah cari sekolah menengah pertama berdasarkan wilayah dengan praktis dan pastinya gampang. Sekarang tidak perlu susah lagi jika ingin mengetahui area wilayah sekolah yang akan dituju untuk menjadi sumber referensi saat akan menyekolah anak serta mempermudah juga mengingat sekarang sekolah menggunakan system zonasi. Semoga bermanfaat!

Published by

Budiagus Setiawan

Cukup banyak menulis untuk memberi tanda kehidupan. Mengelola blog pribadi milik Budiagus, semoga bisa menebar manfaat.