10 Istilah Populer dalam OS Windows dan Artinya

10 istilah populer dalam OS Windows – Halo sobat! Ketika menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi windows, biasanya kita akan menemukan beberapa istilah yang belum pernah dengar sebelumnya. 

Istilah-istilah tersebut seperti shareware, bluescreen, CMD, force restart daan force shutdown, critical process died dan masih banyak lagi. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan 10 istilah populer dalam OS Windows yang mungkin bisa membantu kamu mengetahui lebih banyak lagi mengenai Microsoft Windows. 

Mari simak ulasannya di bawah ini.

10 Istilah Populer dalam OS Windows

Di bawah ini ada banyak istilah-istilah dalam sistem operasi Windows. Bukan hanya 10 loh sobat, lebih banyak dari itu. Istilah-istilah tersebut sebagaimana dikumpulkan oleh tim Autobild.co.id ini:

  • Windows Update

Windows Update merupakan fitur yang ada pada Windows yang membantu kamu untuk mendapatkan pembaruan atau update penambahan fitur terutama pada masalah keamanan.

  • Windows To GO

Windows to go merupakan fitur yang ada pada Windows 8 enterprise dan memiliki fungsi untuk membuat sistem dan software yang ada di dalamnya dapat dijalankan dengan USB flash disk.

  • Windows RT

Windows RT merupakan versi dari Windows 8 yang didesain khusus untuk pengguna processor berjenis ARM.

  • Blue screeen

Blue screen atau blue screen of death (BSOD) merupakan suatu kondisi di mana layar komputer berwarna biru dan terdapat tulisan “ your PC ran into a problem and needs to restart..” 

  • Registry Editor

Registry editor adalah sistem operasi pada Windows 32-bit yang berbasis data dan disusun secara hirarkis serta mengandung informasi. Informasi tersebut diantaranya konfigurasi hardware dan software, konfigurasi sistem hingga preferensi pengguna.

  • CMD

Command Prompt (CMD) merupakan baris perintah yang ditindaklanjuti oleh sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft.

  • System restore

System restore atau pemulihan sistem merupakan salah satu fitur yang ada pada Microsoft Windows yang mana fitur ini akan memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan status komputer seperti baru.

  • Safe Mode

Safe mode atau mode aman merupakan mode diagnostik pada sebuah sistem komputer yang juga bisa menjadi Mode operasi oleh perangkat lunak. Tujuannya untuk memperbaiki masalah dalam sistem operasi.

  • Boot (but)

Boot merupakan proses awal saat komputer dinyalakan ketika semua register processor diatur kosong dan statusnya diatur ulang. 

  • BIOS

BIOS (basic input output system) adalah sebuah kumpulan rutin perangkat lunak yang bisa menginisialisasi dan menguji perangkat keras serta menjalankan sistem operasi.

  • Force restart dan force shutdown

Force restart adalah suatu kondisi di mana komputer harus dimulai ulang secara paksa. Sedangkan force shutdown merupakan suatu kondisi dimana komputer harus dimatikan secara paksa kemudian dimulai ulang.

Lihat juga: Sound of text WA iPhone

  • Critical process died

Critical process died merupakan Suatu kondisi di mana ketika proses tiba-tiba berhenti sebagian besar atau mengalami error dengan blue screen dan sebagainya.

Bagaimana sob, di atas adalah 10 istilah populer dalam OS Windows dan beberapa masalah yang kerap muncul pada komputer atau laptop dengan sistem operasi windows.

Akhir Kata

Itulah 10 istilah populer dalam OS Windows dan 2 istilah lain yang sudah kami berikan penjelasannya di atas. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel 10 istilah populer dalam OS Windows ini bisa membantu sobat sekalian dan menambah pengetahuan seputar ilmu komputer.

Jangan lupa untuk berikan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa terus memberikan informasi yang informatif dalam setiap artikel yang kami bagikan. 

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu di rumah ya agar mereka Jadi tahu istilah yang sering digunakan dalam sistem operasi Windows. 

Terimakasih.