Cara Simpan Foto Kualitas Tinggi dari Facebook Mobile

Cara simpan foto kualitas tinggi dari Facebook Mobile – Halo sobat UNS! Siapa yang tidak kenal dengan FB? Aplikasi Facebook yang sempat ramai dihuni netizen indonesia hingga luar negeri dan sempat menjadi aplikasi populer pada masanya.

Karena Facebook merupakan salah satu aplikasi berbagi foto, chating, update informasi dan lain sebagainya jadi wajar jika menyimpan banyak kenangan lama disana.

Misalnya saja kita ingin menyimpan foto-foto lama yang ada di Facebook ke galeri hp, tetapi ketika disimpan foto tersebut mengalami penurunan kualitas.

Nah, tepat sekali! Di artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara simpan foto kualitas tinggi dari Facebook mobile dengan saveas.co. Mari simak caranya si bawah ini.

Cara Simpan Foto Kualitas Tinggi dari Facebook Mobile

Cara simpan foto kualitas tinggi dari Facebook mobile

Ada benerapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan foto dari FB tetaapi tetap dengan kualitas yang sama.

Cara simpan foto dari FB ke galeri dengan laptop atau komputer

  • Buka Facebook lalu cari foto yang akan disimpan
  • Klik kanan pada kursor di foto tersebut
  • Pilih options
  • Lalu klik download

Cara simpan foto kualitas tinggi dari Facebook Mobile

  • Buka Facebook lalu cari foto yang akan disimpan
  • Klik titik tiga di kanan atas foto
  • Maka otomatis akan muncul beberapa pilihan
  • Pilih save photo
  • Selesai

Cara simpan foto kualitas tinggi dari browser Opera Mini

  • Buka Facebook lalu cari foto yang akan disimpan
  • Klik satu kali di foto tersebut
  • Perhatikan terlebih dahulu ukuran foto tersebut
  • Jika sudah tahan foto tersebut sampai muncul opsi baru
  • Klik save image
  • Selesai

Akhir Kata


Itulah informasi cara menyimpan foto dari FB. Sebenarnya ketiga cara di atas menampilkan cara yang sama untuk tempat login yang berbeda-beda.

Hal yang harus diperhatikan adalah apabila ingin menyimpan foto lama yang ada di Facebook jangan terlalu berharap memiliki hasil yang sangat jernih. Untuk saran, mungkin setelah foto disimpan kamu bisa mengunduh aplikasi penjernih foto.

Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini supaya makin banyak yang makin tau informasi ini.

Cara Upload Youtube Shorts

Cara upload YouTube shorts – Halo sobat UNS! Pada Juli 2021 lalu YouTube merilis fitur Youtube terbaru yang diberi nama YouTube Shorts. Di tahun 2022 sendiri, YouTube Shorts sudah ditonton oleh lebih dari 6,5 miliar orang di  setiap harinya. Wahh mengagumkan bukan?

YouTube Shorts merupakan fitur terbaru WhatsApp yang hadir dengan membawa suasana seperti masuk ke dalam aplikasi TikTok. Maksudnya, fitur yang terdapat di YouTube Shorts ini sedikit banyaknya hampir sama dengan TikTok atau Reels Instagram.

Nah, mungkin cara mengupload video Youtube biasa dengan Youtube Shorts sedikit berbeda sehingga membuat beberapa orang sedikit kebingungan tentang bagaimana cara untuk menguploadnya.

Di artikel cara upload YouTube Shorts ini kami bahkan membagikan tutorial bagaimana cara upload youtube short dengan mudah sesuai dengan tanggal sarah yang diberikan oleh support.google.com.

Apa itu Youtube Shorts?

YouTube Shorts merupakan salah satu cara untuk menonton, menemukan dan membuat konten dengan durasi yang pendek menggunakan smartphone.

YouTube Short meruoakan salah satu pengalaman baru yang membiarkan kamu untuk menonton dan membuat video vertikaal dengan durasi maksimal 60 detik. Dan YS bisa terkoneksi dengan 2 milliar pengguna yang memberikanmu sesuatu yang baru dan pengalaman yang bisa disesuaikan seperti menemukaan musik, belajar dan masih banyak lagi.

Cara Upload YouTube Shorts

  • Pertama kamu bisa merekan dan mengedit videi langsung dari aplikasi YouTube di hpmu.
  • Lalu kamu bisa mengupload YouTube Shorts dengan mengikuti standar upload di hp, desktop atau PC.

Keunggulan YouTube Shorts

  • Kamu bisa dengan mudah membuat videei dengan creatiin tools
  • Kamu bisa menggunakan multi kamera untuk menyesuaikan banyak video dalam satu klip
  • Kamu bisa menambahkan lagu, atau audio dari YS lain yang ada di YouTube
  • Kamu bisa menambahkan teks
  • Kamu bisa mengontrol kecepatan video
  • Viewers akan menemukan video kamu berdasarkan rekomendasi YouTube Shorts
  • Kamu bisa menemukan halaman utama, channel yang di-subscribe dan masih banyak lagi

Akhir Kata

Itulah tutorial bagaimana cara upload youtube shorts dengan mudah dan beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menikmati fitur terbaru ini.

Selamat mencoba.

Perbedaan iPhone PS Store dan iBox, Lebih Terjamin Mana?

Sebagai merek gadget populer di kalangan dunia, iPhone memang terdepan dalam menghadirkan teknologi terkini. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba menjajal koleksi gadget milik Apple ini biar tidak ketinggalan zaman. Namun, tahukah Anda perbedaan iPhone PS Store dan iBox?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita kupas dulu mengapa iPhone begitu diminati, padahal harganya tidaklah murah.

#1 Mengapa iPhone sangat Diminati?

produk iphone sangat diminati pasar
produk iphone sangat diminati pasar

Ada berbagai alasan yang membuat masyarakat selalu tergiur mendapatkan seri terbaru dari iPhone. Tak sedikit yang rela menabung sedikit demi sedikit, demi membeli gadget impian bermerek iPhone tersebut. Kira-kira, apakah alasannya?

1. Prestige

Pertama adalah karena faktor prestige. Ya, faktor prestige ini memang menjadi faktor yang mendorong seseorang untuk lebih memilih iPhone daripada smartphone.

Memang, semua orang mengetahui bahwa iPhone itu mahal. Namun, karena mahal itulah, orang-orang yang memiliki prestige tinggi justru memilih iPhone. Ironis, bukan?

2. Kenyamanan

Kedua, karena faktor kenyamanan. Tidak dipungkiri, tingginya harga iPhone diimbangi oleh kualitasnya yang tidak main-main. Tak heran, banyak orang cenderung mempertimbangkan kembali untuk membeli iPhone generasi terbaru karena iPhone miliknya masih berfungsi sempurna.

3. Harga itu relatif

Masih berkaitan dengan poin pertama, seseorang yang mementingkan prestige pasti senang menggunakan iPhone berapapun itu harganya. Toh harga iPhone ini sebanding dengan apa yang akan Anda peroleh.

4. Desain

Terakhir, faktor desain. Coba perhatikan, merek smartphone-smartphone terbaru belakangan ini, seolah meniru desain yang iPhone miliki. Contohnya, desain poni.

#2 iPhone PS Store vs iBox

Kini, saatnya membahas lebih lanjut perbedaan iPhone PS Store dan iBox. Mungkin, banyak diantara pembaca yang masih bingung untuk memutuskan membeli iPhone di PS Store atau iBox. Yuk, kita tinjau satu per satu pertimbangannya!

Baca juga Review dan Komparasi iPhone Terbaru Berikut ini:

1. iPhone PS Store lebih murah dari iBox

Bagi Anda calon pengguna iPhone yang menginginkan garansi produk benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, maka disarankan untuk membeli produk iPhone di iBox. Memang, dari segi harga terbilang mahal, namun masih wajar dan normal.

Namun, ada lagi tempat jual iPhone yang menawarkan harga lebih murah yaitu di PS Store. iPhone PS Store adalah produk iPhone yang masih dicurigai orisinalitasnya karena menjual produk dengan harga miring.

2. iPhone PS Store diduga produk second, refurbished, hingga BM

Berbeda dengan produk iPhone dari iBox yang terjamin ori dan bisa dipertanggungjawabkan garansinya, banyak review PS Store yang mengatakan bahwa produk iPhone yang mereka jual second, refurbished, hingga BM.

Mengapa dikatakan demikian? Berikut ini berbagai analisanya.

Pertama, dilihat dari postingan Instagramnya, PS Store tidak pernah mengklaim bahwa produknya baru. Itulah mengapa, sebagian orang mengatakan bahwa produk PS Store dalam kondisi second. Artinya, apakah iPhone PS Store ori? Jawabannya adalah ya.

Kedua, ada kemungkinan produk iPhone dari PS Store adalah barang refurbished. Artinya, produk iPhone tersebut merupakan barang cacat produksi dari pelanggan yang kemudian diperbaiki sehingga lebih murah.

Ketiga, mengingat harga iPhone PS Store yang lebih murah, maka banyak orang beranggapan bahwa produk tersebut adalah barang BM atau selundupan.

#3 Tips membeli produk iPhone PS Store

Bagi Anda yang masih penasaran dengan produk iPhone PS Store, kami berikan beberapa tips untuk memastikan kondisinya sebagai berikut.

  • Perhatikan LCD, apakah original atau KW. Meskipun sedikit sulit, LCD kw biasanya kurang center dan warnaya sedikit lebih cerah.
  • Cek kondisi battery health minimal 80%. Apabila kondisinya 70%, maka sebaiknya cari unit yang lain.
  • Cek fungsi semua tombolnya, mulai dari 7/8 home button dan FP.
  • Terakhir, cek bodi iPhone.

Terlepas dari harganya yang miring, namanya iPhone BM pasti memiliki banyak kelemahan. Diantaranya adalah produknya yang lebih panas karena signal terdaftar dari provider luar negeri. Selain itu, jika device yang panas terus dibiarkan akan menurunkan performanya.

Nah, dari berbagai pertimbangan perbedaan iPhone PS Store dan iBox di atas, pastinya Anda bisa menyimpulkan sendiri, manakah yang lebih terjamin aman? Jawabannya adalah produk iPhone dari iBox. Tidak masalah harus membelinya sedikit lebih mahal, asalkan hati tenang.

Cara Buat Tulisan Bayi di WA dengan Baby Fonts Generator

Cara buat font baby di WA – Halo peeps! Apakah kamu salah satu pengguna WhatsApp yang hobi mengirimkan pesan dengan berbagai macam jenis font? Jika iya maka kamu harus mencoba jenis font yang satu ini.

Font satu ini bisa dikatakan cukup unik karena memiliki nama font baby. Font baby memiliki karakteristik font dengan ukuran kecil dan sedikit tidak teratur. Maka dari itu font ini disebut font baby.

Jika membahas berbagai macam jenis font, biasanya kita bisa mengubah font biasa menjadi cetak tebal, cetak miring dan coret. Jika kita akan membuat font dengan fitur yang tidaj tersedia di WhatsApp lalu bagaimana caranya?

Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara buat font baby di WA dengan mudah dengan bantuan teks generator font baby.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Generator Font Baby

Generator font baby merupakan suatu alat yang digunakan untuk merubah font normal atau biasa menjadi jenis font dengan ukuran kecil dan sedikit tidak beraturan. 

Jenis font ini biasanya digunakan untuk mengirimkan teks atau pesan lucu di WhatsApp atau media sosial lainnya. 

Jika kamu tertarik dengan jenis font yang satu ini, mari simak tutorial mengubah font biasa menjadi font baby di bawah ini.

Cara Buat Font Baby di WA

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website Baby Font Generator
  • Kemudian akan muncul di halaman utama link tersebut judul besar font cuping baby online generator
  • Gulir ke bawah maka kamu akan menemukan 5 kolom dengan hasil font yang berbeda
  • Silahkan masukkan teks yang akan dirubah pada kolom pertama
  • Secara otomatis kolom-kolom berikutnya akan terisi dengan jenis font yang berbeda
  • Kamu tinggal pilih saja jenis font mana yang akan kamu gunakan, ada a baby font, font baby kecil, font adek bayi, papa font dan a font
  • Silahkan klik pada kolom yang akan kamu salin 
  • Jika sudah kamu bisa mem-paste teks tersebut di WhatsApp
  • Selesai

Generator Teks Lainnya

Masih banyak generator teks lainnya yang bisa kamu gunakan untuk merubah font biasa menjadi berbagai macam font yang unik. Mulai dari font aesthetic, tulisan miring dan tulisan terbalik.

Kamu bisa menggunakan beberapa jenis generator teks yang ada untuk mengubah teks biasa menjadi teks-teks lucu dan menghibur. Kamu bisa menggunakan jenis font tersebut untuk membuat teks-teks lucu dan menghibur dan dikirimkan kepada teman-teman atau saudara yang sedang berada jauh.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai bagaimana cara buat font baby di WA ini. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat kepada teman-teman di rumah. 

Jangan lupa tinggalkan komentar berupa kritik dan saran di kolom komentar dan klik tombol share untuk membagikan artikel ini kepada lebih banyak lagi teman-teman di rumah agar menjadi ilmu yang bermanfaat.

Terimakasih, semoga membantu.

10 Istilah Populer dalam OS Windows dan Artinya

10 istilah populer dalam OS Windows – Halo sobat! Ketika menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi windows, biasanya kita akan menemukan beberapa istilah yang belum pernah dengar sebelumnya. 

Istilah-istilah tersebut seperti shareware, bluescreen, CMD, force restart daan force shutdown, critical process died dan masih banyak lagi. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan 10 istilah populer dalam OS Windows yang mungkin bisa membantu kamu mengetahui lebih banyak lagi mengenai Microsoft Windows. 

Mari simak ulasannya di bawah ini.

10 Istilah Populer dalam OS Windows

Di bawah ini ada banyak istilah-istilah dalam sistem operasi Windows. Bukan hanya 10 loh sobat, lebih banyak dari itu. Istilah-istilah tersebut sebagaimana dikumpulkan oleh tim Autobild.co.id ini:

  • Windows Update

Windows Update merupakan fitur yang ada pada Windows yang membantu kamu untuk mendapatkan pembaruan atau update penambahan fitur terutama pada masalah keamanan.

  • Windows To GO

Windows to go merupakan fitur yang ada pada Windows 8 enterprise dan memiliki fungsi untuk membuat sistem dan software yang ada di dalamnya dapat dijalankan dengan USB flash disk.

  • Windows RT

Windows RT merupakan versi dari Windows 8 yang didesain khusus untuk pengguna processor berjenis ARM.

  • Blue screeen

Blue screen atau blue screen of death (BSOD) merupakan suatu kondisi di mana layar komputer berwarna biru dan terdapat tulisan “ your PC ran into a problem and needs to restart..” 

  • Registry Editor

Registry editor adalah sistem operasi pada Windows 32-bit yang berbasis data dan disusun secara hirarkis serta mengandung informasi. Informasi tersebut diantaranya konfigurasi hardware dan software, konfigurasi sistem hingga preferensi pengguna.

  • CMD

Command Prompt (CMD) merupakan baris perintah yang ditindaklanjuti oleh sistem operasi yang disediakan oleh Microsoft.

  • System restore

System restore atau pemulihan sistem merupakan salah satu fitur yang ada pada Microsoft Windows yang mana fitur ini akan memungkinkan penggunanya untuk mengembalikan status komputer seperti baru.

  • Safe Mode

Safe mode atau mode aman merupakan mode diagnostik pada sebuah sistem komputer yang juga bisa menjadi Mode operasi oleh perangkat lunak. Tujuannya untuk memperbaiki masalah dalam sistem operasi.

  • Boot (but)

Boot merupakan proses awal saat komputer dinyalakan ketika semua register processor diatur kosong dan statusnya diatur ulang. 

  • BIOS

BIOS (basic input output system) adalah sebuah kumpulan rutin perangkat lunak yang bisa menginisialisasi dan menguji perangkat keras serta menjalankan sistem operasi.

  • Force restart dan force shutdown

Force restart adalah suatu kondisi di mana komputer harus dimulai ulang secara paksa. Sedangkan force shutdown merupakan suatu kondisi dimana komputer harus dimatikan secara paksa kemudian dimulai ulang.

Lihat juga: Sound of text WA iPhone

  • Critical process died

Critical process died merupakan Suatu kondisi di mana ketika proses tiba-tiba berhenti sebagian besar atau mengalami error dengan blue screen dan sebagainya.

Bagaimana sob, di atas adalah 10 istilah populer dalam OS Windows dan beberapa masalah yang kerap muncul pada komputer atau laptop dengan sistem operasi windows.

Akhir Kata

Itulah 10 istilah populer dalam OS Windows dan 2 istilah lain yang sudah kami berikan penjelasannya di atas. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel 10 istilah populer dalam OS Windows ini bisa membantu sobat sekalian dan menambah pengetahuan seputar ilmu komputer.

Jangan lupa untuk berikan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa terus memberikan informasi yang informatif dalam setiap artikel yang kami bagikan. 

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu di rumah ya agar mereka Jadi tahu istilah yang sering digunakan dalam sistem operasi Windows. 

Terimakasih.

Apa Itu Safe Mode, Fungsi, dan Cara Masuk serta Keluarnya

Apa itu safe mode – Halo sobat! Mendengar istilah safe mode atau yang biasa dikenal dengan mode aman pasti pikiran kita langsung mengarah ke sistem perangkat komputer. Karena memang sistem operasi komputer memiliki mode aman yang digunakan untuk memperbaiki masalah suatu sistem dalam komputer.

Nah, erat kaitannya dengan sistem komputer, tetapi para pengguna awam belum mengetahui bagaimana cara masuk dan keluar serta Apa fungsi dari safe mode ini.

Biasanya safe mode bisa di lihat pada sistem operasi Windows 10 yang bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan. 

Keperluan yang dimaksud misalnya untuk memeriksa kesehatan sistem dan memperbaikinya serta memeriksa kerusakan pada driver ataupun menghapus virus yang ada pada sistem komputer. 

Dalam artikel ini kami akan menjabarkan informasi mengenai apa itu safe mode, mulai dari pengertian, fungsi dan cara masuk dan keluar. 

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Safe Mode? 

Safe mode yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti mode aman merupakan sebuah mode diagnostik dari sebuah sistem operasi perangkat komputer. Mode aman merupakan salah satu jalan untuk bisa masuk pada mode operasi perangkat lunak. Nah, tujuan dari adanya safe mode ini yaitu untuk memperbaiki masalah pada sistem operasi yang tidak bisa diatasi apabila sewaktu-waktu sistem komputer melakukan pengebutan secara normal.

Safe mode juga memiliki arti opsi dari startup Windows yang mempunyai fungsi utama untuk mengatasi permasalahan yang masuk pada sistem. Pada kondisi inilah nantinya Windows akan bekerja dalam kondisi yang paling minim. 

Fungsi dari Safe Mode

Jika dilihat lebih lanjut dari apa yang sudah dijelaskan di atas maka safe mode memiliki beberapa peran yang sangat penting bagi sistem operasi sebuah komputer. Adapun fungsi dari safe mode yang bisa kamu kelihat seperti di bawah ini.

  • Menonaktifkan program atau aplikasi yang tidak bisa diaktifkan melalui Windows dengan mode normal. Biasanya akan ada beberapa aplikasi bawaan Windows yang tidak bisa dinonaktifkan. Maka, jika ingin menonaktifkan aplikasi tersebut kamu bisa menonaktifkannya melalui mode aman tersebut
  • Untuk meng uninstall software. Software yang di uninstall dengan bantuan safe mode merupakan software yang setelah diinstal membuat komputer kamu mengalami hang atau error
  • Untuk menjalankan system restore. Menjalankan sistem restore berfungsi untuk mengembalikan sistem yang saat ini menjadi sistem awal. Maka hal yang harus dilakukan pertama adalah mengaktifkan sistem restore
  • Untuk memeriksa tampilan Windows yang mengalami masalah seperti tampilan Windows dan sebagainya
  • Safe mode bisa menghapus virus berupa file yang tidak bisa dihapus dengan mode normal Windows. Meskipun ada beberapa virus yang masih bisa berjalan di safe mode tetapi kamu terlebih dahulu harus melakukan scan virus melalui mode normal sehingga virus bisa benar-benar hilang
  • Untuk membuka registry editor
  • Fungsi yang terakhir adalah untuk menjalankan fitur control panel yang mana jika ada beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan dengan mode normal. 

Cara masuk ke Safe Mode pada Windows 10

  • Klik tombol Windows kemudian pilih tombol power
  • Tahan tombol Shift di keyboard kemudian klik restart
  • Klik opsi troubleshot dan pilih Advanced option
  • Pada bagian startup setting silakan tekan tombol restart
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi versi boot. Ikuti opsi 4, 5 dan 6 saja
  • Tekan F4, F5, F6 di keyboard
  • Jika kamu sudah selesai memilih maka Windows 10 kamu akan otomatis berjalan dalam safe mode

Akhir Kata

Itulah informasi yang bisa tim Sebuahutas.com sampaikan dalam artikel Apa itu safe mode mulai dari pengertian hingga cara masuk ke safe mode pada Windows 10.

Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan jangan lupa berikan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa terus mengembangkan artikel kami dan memberikan informasi yang bermanfaat setiap harinya.

Terimakasih.

Bikin Suara Buatan di WhatsApp dengan Voice Aloud Reader

Saat sedang beraktifitas seperti berolahraga atau memasak, mendengarkan musik atau podcast memang sangat menyenangkan. Namun apakah kamu pernah berpikir untuk mendengarkan pembacaan artikel atau buku? Jika kya maka aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android ini akan membantu untuk membaca teks tanpa harus melihat hp mu. 

Voice Aloud Reader TTS Reader – Android adalah aplikasi TTS atau Text to Speech yang akan mengubah teks menjadi suara. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yang mana membuatnya cukup populer untuk digunakan. Nah yuk kita coba berkenalan dengan aplikasi yang akan sangat membantu ini,

Kelebihan Voice Aloud Reader TTS Reader – Android

bikin suara buatan natural di wa dengan voice aloud reader
bikin suara buatan natural di wa dengan voice aloud reader

1. Gratis

Kelebihan pertama dari aplikasi ini adalah kita bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Meski memang ada konsekuensi yakni kita akan melihat iklan saat penggunaannya dan juga kita mungkin akan dibatasi fitur tertentu. Namun setidaknya kita bisa mencicipi bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi ini.

2. Punya banyak sekali fitur

Kelebihan selanjutnya dari Voice Aloud Reader TTS Reader – Android ini adalah karena fiturnya yang banyak sekali. Salah satunya adalah langsung membagikan frasa tertentu yang dibacakan ke media sosial seperti Whatsapp yang mana akan sangat menarik untuk dikirimkan. Yang lain adalah seperti dukungan headset bluetooth untuk pause dan resume pembacaan.

Fitur lainnya yang didukung adalah seperti mengatur tinggi rendah nada, kecepatan membaca dan lain sebagainya. Benar-benar aplikasi yang sangat lengkap fiturnya.

3. Dukungan Berbagai Format

Tidak perlu repot repot menyalin dan menempel teks, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dukungan berbagai format yang bisa dibacakan. Format tersebut seperti PDF, DOC, DOCX, RTF, OpenOffice documents atau bahkan HTML files. Bahkan aplikasi ini juga mampu membaca hasil scanning dari suatu dokumen yang mana teksnya dalam bentuk foto.

4. Membaca Dalam Latar Belakang

Sama seperti halnya kamu mendengarkan musik dan layar smartphone mu mati tetapi kamu tetap bisa mendengarkan musiknya, kamu juga bisa membaca pembacaan sebuah artikel atau buku dengan layar smartphone mati layaknya mendengarkan musik. Hal ini membuat penggunaan baterai smartphone jauh lebih hemat.

5. Dukungan Cloud

Apabila kita menyimpan dokumen di cloud seperti di Google Drive maupun Dropbox atau lainnya, kita bisa langsung membukanya di aplikasi Voice Aloud Reader. Kita tidak perlu repot mengunduhnya terlebih dahulu sehingga lebih menghemat memori. Apalagi ada cara yang mudah untuk membaca file dari Cloud ini dibawah.

Itulah beberapa dari banyak kelebihan aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android yang bisa kamu coba. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk platform android saja dan lagi aplikasi ini juga akan maksimal penggunaannya bila kita memiliki versi premiumnya. Itu yang mungkin akan menjadi pertimbangkan apakah akan membeli aplikasi Voice Aloud Reader ini.

Sebagai pertimbangan tambahan kamu bisa memperhatikan bagaimana cara penggunaan dari aplikasi ini. Kamu bisa menilai apakah cara penggunaannya mudah, rumit atau sebagainya. Jika menurutmu cocok, maka kamu bisa segera menginstalnya dari Playstore dan mencobanya. Berikut ulasan langkah penggunaannya.

  1. Cara yang pertama, buka aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android
  2. Selanjutnya, buka file yang hendak dibacakan
  3. Klik play maka aplikasi akan membacakan dokumen yang kamu kirimkan
  4. Kamu bisa mengatur kecepatan membaca, suara pembaca hingga tinggi rendahnya nada dari pembaca

Selain cara diatas, ada cara kedua yakni sebagai berikut

  1. Pastikan aplikasi Voice Aloud Reader sudah terinstal dan diberikan izin di smartphone mu
  2. Buka file explorer atau aplikasi cloud
  3. Pilih dokumen yang didukung, kemudian pilih share
  4. Saat share, pilih aplikasi Voice Aloud Reader
  5. Aplikasi Voice Aloud Reader akan secara otomatis membacakan teksnya

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Tidak perlu khawatir apabila dalam dokumen ada gambar atau bagian yang bukanlah teks. Aplikasi Voice Aloud Reader TTS Reader – Android akan menghilangkannya dan juga hanya membaca teksnya saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba aplikasi yang sangat bermanfaat ini.

Sumber: https://www.apec2013.or.id/nada-dering-wa-sebut-nama/

Apa itu Google Text To Speech? Ini Dia Ulasan Lengkapnya

Google memang gak salah jika dijuluki sebagai perusahaan teknologi raksasa di dunia. Bagaimana tidak, google terus berinovasi dan salah satunya dengan mengembangkan Google Text To Speech – App Android.

Aplikasi ini mampu merubah text menjadi ucapan yang terdengar alami dengan pelafalan yang sempurna. Google Text To Speech merupakan aplikasi yang menggunakan API dan didukung dengan teknologi AI Google.

Apa itu Google Text To Speech?

Google Text To Speech merupakan aplikasi di ponsel android yang  membantu mengakomodasi input berupa teks dan menjadikan output berupa suara. Hebatnya, Google Text To Speech juga bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga sehingga fitur yang ditawarkan menjadi lebih beragam.

Keunggulan  Google Text To Speech ?

Merupakan penemuan yang mutakhir, Google Text To Speech mampu mensintesis ucapan yang terdengar alami kedalam 100 bahasa lebih. Google Text To Speech juga dibuat dengan terobosan Deep Mind di Wavenet sehingga hasilnya akurat dan dapat dipercaya.

Hebatnya dari aplikasi Google Text To Speech  ini adalah mampu membuat interaksi dengan penggunanya lebih nyata. Tak hanya itu aplikasi ini didukung oleh perangkat lainnya, sehingga mudah untuk digunakan.

Fitur-Fitur  Google Text To Speech?

tts-update.jpg

Aplikasi Google Text To Speech didukung oleh 4 fitur utama yang dapat membantu kinerja para penggunannya. Yuk, kita ulas satu persatu dibawah ini :

1. Custom Voice (beta)

Fitur ini mampu membuat output secara custom, misalnya kamu menggunakan suara sendiri. Atau kamu juga bisa memilih profil yang sesuai dengan konsep yang kamu inginkan. 

2. WaveNet Voice 

Terdapat 90 jenis suara WaveNet yang berdasarkan penelitian inovatif Deepmind. Outputnya berupa ucapan yang sangat signifikan dengan text.

3. Voice Turning

Kamu bisa memilih nada suara dengan 20 Semitone yang berbeda. Canggihnya lagi, bisa mempercepat hingga 4x lipat maupun 4x lebih lambat.

Text and SSML Support

Dengan fitur ini kamu bisa menyesuaikan ucapan dengan tag SSML yang memungkinkan untuk menambah jeda, angka, format tanggal dan waktu serta instruksi ucapan lainnya.

Cara Menggunakan  Google Text To Speech ?

Cara mengunakan Google Text To Speech terbilang cukup mudah. Dan tak jauh berbeda dengan aplikasi buatan Google lainnya. Pertama, setelah registrasi sesuai data yang kamu miliki, lalu tinggal melanjutkan dengan mengetik text yang ingin kamu rubah. 

Langkah selanjutnya, pilih ikon ‘Select a Language’ kemudian klik ‘Speak It’ untuk mendengarkan. Lakukan secara berulang sesuai dengan output yang kamu inginkan. Mudah bukan?

Berapa Biaya Menggunakan  Google Text To Speech?

Nah, jika kamu tertarik menggunakan Google Text To Speech maka pada penggunaan pertama kamu dapat mencoba secara Trial atau gratis. Namun, untuk penggunaan selanjutnya akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah karakter yang disintesis menjadi audio.

Kabar baiknya, pada bulan pertama fitur WaveNet menggratiskan 1 juta karakter. Sedangkan untuk Non WaveNet digratiskan sebesar 4 Juta karakter. Ketika masa Trial habis, selanjutnya kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 1 juta karakter yang kamu gunakan.

Aplikasi terbaik di Google Text To Speech?

Ternyata ada aplikasi berbasis teknologi Google yang dapat mengubah tulisan kamu menjadi suara buatan yang mendukung bahasa Indonesia. Berikut beberapa aplikasi nya :

1. Google Text to Speech – Voiceoftext.com

Merupakan layanan bebas biaya alias gratis, Voiceoftext.com memungkinkan penggunanya untuk mengunduh suara dari Google Translate dalam format mp3.

Referensi: Cara Ubah Tulisan Ke Suara Robot Buatan

2. Sound of Text

Adalah pelopor aplikasi konversi tulisan menjadi suara, sound of text memiliki keunggulan utama yaitu mudah dalam menggunakan serta layanan yang 100% gratis atau tidak menawarkan paket versi berbayar. Keunggulan lainnya pada web apps satu ini adalah tersedianya API serta platform yang open source dan dapat diakses gratis di GitHub.

Gimana, sekarang sudah kenal kan dengan aplikasi Google Text To Speech – App Android. Nah, jika kamu berminat untuk menggunakannya kamu bisa langsung mencari informasinya melalui google.

Pastikan kamu menyiapkan data – data registrasi secara lengkap dan akurat. Untuk tutorial penggunaan kamu dapat juga belajar melalui website resminya dan beberapa artikel asing yang terkait dengan Google Text To Speech – App Android . Selamat Mencoba.

Sumber: Stiead.ac.id