8 Daftar Game Online Terbaik di Dunia, Dikuasai oleh Game Battle Royale dan MOBA

8 Daftar Game Online Terbaik di Dunia, Dikuasai oleh Game Battle Royale dan MOBA – Persaingan game online semakin ketat. Bukan hanya untuk menarik perhatian pemain saja tapi juga menarik perhatian para penonton yang suka menyaksikan pertandingan game online. Tidak heran jika para developer dan publisher berlomba-lomba menghadirkan game yang berkualitas. Bukan hanya sekedar tampilan grafiknya saja tapi juga jalan cerita serta gameplay-nya.

Kehadiran game saat ini juga bukan hanya sekedar untuk hiburan saja. Banyak orang yang bisa menghasilkan uang hanya dengan memainkannya dengan cara membuat video ketika bermain dan menyiarkannya secara live streaming atau mengunggahnya setelah selesai bermain. Lalu, game apa saja yang sampai saat ini masih bisa mempertahankan posisinya sebagai game terbaik dan tetap banyak dimainkan?

PUBG Mobile

Posisi pertama game online terbaik masih sering berubah-ubah dan persaingannya cukup ketat. Namun untuk saat ini, PUBG kembali memegang posisi teratas di antara game online lainnya. Game keluaran Tencent ini diterima dengan baik oleh masyarakat dunia, bukan hanya di Indonesia saja. Bisa dikatakan, PUBG juga sebagai salah satu pelopor maraknya permainan battle royale.

Untuk mempertahankan posisinya, pembuat dan pengembang PUBG mengadakan berbagai acara berupa kompetisi dan turnamen untuk semakin memperkenalkan permainan ini di mata dunia. Salah satu kejuaraan dunia yang dihadirkan oleh PUBG dan kehadirannya selalu ditunggu-tunggu bukan hanya oleh pemain profesional tapi juga penggemar, yaitu PMGC atau PUBG Mobile Global Championship.

Garena Free Fire

Pesaing ketat PUBG tidak lain dan tidak bukan adalah Garena Free Fire yang sama-sama merupakan game battle royale. Sekali pun memiliki genre yang sama, Free Fire atau lebih sering disebut dengan FF lebih banyak dimainkan kalangan anak-anak dibandingkan PUBG. Pasalnya, FF dianggap lebih ringan untuk dipasang pada ponsel berspesifikasi rendah walau secara gameplay tidak jauh berbeda dari PUBG.

Salah satu keunggulan dari game online terbaik ini adalah menghadirkan berbagai karakter yang diadaptasi dari dunia nyata. Hingga saat ini, pemain sudah bisa menemukan karakter seperti Cristiano Ronaldo, DJ Alok dan masih banyak tokoh lainnya. Dibandingkan dengan PUBG, FF dianggap sebagai permainan terlaris di Indonesia, setidaknya dilihat dari jumlah pengunduh di Play Store.

Mobile Legends: Bang Bang

Di antara kelas game MOBA, posisi Mobile Legends: Bang Bang sepertinya masih belum tergantikan. Dari awal perilisan hingga saat ini, peminat dari Mobile Legends masih tinggi. Pengguna game ini pun tidak terbatas pada satu kalangan saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, perempuan maupun lelaki memainkan permainan ini dan tidak segan-segan mengeluarkan uang hanya untuk membeli diamond.

Diamond merupakan cash in game yang bisa digunakan untuk membeli skin yang kemudian bisa diterapkan pada karakter favorit Anda. Mobile Legend bisa dikatakan menjadi pelopor munculnya euforia pembelian diamond tanpa ragu. Moonton, selaku developer dan publisher game online terbaik ini sampai meraup keuntungan sekitar 6 triliun rupiah selama 4 tahun terakhir ini. Sangat menguntungkan, bukan?

Call of Duty Mobile

Sebagai salah satu game PC yang membuat versi mobile, Call of Duty ternyata bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati para pemain game online. Sambutan hangat diberikan oleh para pemain game ini semenjak pertama kali diluncurkan. Bukan hanya sekedar banyak dimainkan, para content creator game pun mulai ramai membuat video streaming ketika memainkan permainan ini.

Bagi Anda yang belum kenal dengan Call of Duty, permainan ini merupakan game battle royale yang menghadirkan beberapa mode permainan. Beberapa mode yang ditawarkan adalah battle royale mode blitz dan juga 3v3 mode gunfight. Tidak seperti PUBG atau FF yang menampilkan karakter sipil, dalam Call of Duty, pemain memainkan karakter pasukan tentara yang dikirim ke suatu wilayah untuk menyelesaikan misi.

Fortnite

Lima besar game online terbaik sepertinya dikuasai oleh game dengan genre battle royale. Di posisi kelima ini, Anda akan menemukan satu lagi game dengan genre serupa dengan nama Fortnite. Sekali pun memiliki genre yang sama, Fortnite menawarkan sensasi bermain yang berbeda. Jika pada permainan PUBG, FF dan Call of Duty Anda menemukan senjata yang ada di dunia nyata, Fortnite menawarkan senjata ala film sci-fi.

Keunikannya bukan hanya berhenti sampai di sana karena dari segi karakter pun Fortnite menawarkan karakter yang unik. Anda bisa menemukan karakter dari game ternama seperti Street Fighter, karakter dari serial hero Marvel, atlet profesional, serta alien layaknya film sci-fi. Sayangnya, dengan semua keunikan yang ditawarkannya, game ini hanya mampu menduduki posisi kelima.

League of Legends: Wild Rifts

League of Legends pernah memiliki masa kejayaan sebagai game MOBA yang dimainkan di PC terbukti dengan penerimaannya yang baik dikalangan para gamer. Meskipun masa kejayaannya sudah berlalu, Riot Games, selaku developer dan publisher game ini ternyata tidak pantang menyerah. Setelah melalui beberapa alpha dan beta test terbatas di beberapa negara, game ini akhirnya rilis secara resmi pada Maret 2021.

Walaupun masih terhitung baru, kemampuannya yang berhasil menduduki posisi keenam hanya dalam hitungan tiga bulan merupakan pencapaian yang patut diacungi jempol. Game online terbaik versi mobile ini diberi nama League of Legends: Wild Rifts dan saat ini menjadi salah satu game terbaik di kelas MOBA, bersanding dengan Mobile Legend dan Arena of Valor.

Among Us

Online gamer mana yang tidak kenal dengan permainan Among Us. Sekali pun penampilannya sederhana, game ini memiliki alur cerita dan gameplay yang cukup menarik. Menempati posisi ketujuh di antara game MOBA dan battle royale yang menguasai menjadi pencapaian tersendiri bagi game keluaran Innersloth. Sekali pun game ini rilis pada tahun 2018, popularitasnya justru meningkat pada pertengahan 2020.

Dalam permainan ini, pemain dituntut untuk menyelesaikan berbagai misi sembari mewaspadai mengenai rekan satu kapal, siapakah pembunuh dan penyusup di antara kru tersebut. Permainan ini bisa dimainkan hingga 10 orang secara bersamaan dalam satu room. Sayangnya, wacana Among Us 2 yang akan diluncurkan beberapa waktu lalu harus dibatalkan dan lebih memfokuskan diri pada pengembangan konten game yang sudah ada.

Minecraft

Di posisi ke-8 game online terbaik di dunia ditempati oleh Minecraft yang memiliki grafis 3D kotak-kotak, tidak seperti kebanyakan game lainnya. Salah satu keunikan game ini adalah menyediakan alur permainan dan gameplay menarik yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan game terbaik dan populer lainnya. Di Minecraft, pemain bisa menjelajah dunia virtual yang tanpa batas serta membuat kreasi sesuai imajinasi.

Game ini bukan hanya ramai dimainkan di perangkat mobile saja. Mojang, selaku developer permainan Minecraft menyediakan permainan ini di berbagai platform lain seperti PS 4, PC, Nintendo dan lainnya. Bagi orang-orang yang memiliki imajinasi luas, memainkan permainan ini bisa menjadi pilihan menarik mengisi waktu luang. Anda juga bisa melakukan kunjungan ke ‘dunia’ yang diciptakan oleh pemain lain.

Selain game yang di sebutkan di atas Anda perlu mengenali permainan game onlien terbaik lainnya yang bisa menghibur Anda seperti game bola88 online.

Dari daftar game online terbaik di atas, manakah game yang paling sering Anda mainkan atau terpasang di ponsel Anda? Game mana pun yang Anda sukai, mainkanlah dengan wajar dan jangan berlebihan supaya tidak mengganggu kegiatan dan juga kesehatan.