Keuangan

5 Tips Pilih Pinjaman Online yang Terbaik

Memilih layanan pinjaman online yang aman menjadi tips utama jika Kamu ingin memperoleh tambahan pinjaman online terbaik. Hal ini penting lho biar tidak salah pilih pinjaman non OJK. pasalnya pinjaman ilegal non OJK suka ngasih bunga selangit, proses penagihannya juga diindikasikan sembarangan.

Biar dapat pinjaman online terbaik sesuai kebutuhan, baiknya Kamu ikuti tips memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya di bawah ini.

  • Pilih Fintech Lending Terdaftar dan Berizin OJK

Kehadiran layanan pinjaman online banyak menuai pro kontra langara sering banget jadi pemberitaan media. Terlebih sejak kehadiran Fintech Lending ada saja kasus pinjaman online mulai dari teror penagihan hingga penipuan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah jauh-jauh hari mengingatkan masyarakat untuk memastikan terlebih dahulu penyelenggara Fintech yang akan digunakan telah terdaftar dan berizin OJK. Pasalnya jika pilih pinjol abal-abal non OJK sangat besar risiko dan kerugian yang bakal Kamu tanggung.

Ngeri juga lho risiko mengakses pinjaman online ilegal, dampaknya bisa saja data pribadi Kamu disalahgunakan. Bahkan risiko penagihan yang tidak manusiawi.

Untuk memperoleh pinjaman online secara aman dan terpercaya pastikan Kamu hanya mengajukan lewat aplikasi Fintech Lending di bawah pengawasan OJK.

  • Hanya Ajukan Pinjaman Online di saat Mendesak

Jangan sampai Kamu pinjam uang untuk kebutuhan yang tidak penting. Banyaknya tawaran pinjaman tanpa jaminan secara online sangat menggiurkan siapa saja. Apalagi bagi generasi milenial dimana keseharian mereka sangat akrab dengan teknologi dan internet.

Jika tidak tepat dalam mengambil keputusan, bisa-bisa Kamu bakal menyesal karena memilih pinjaman online tanpa pertimbangan matang.

Emang sih pinjaman online bisa saja Kamu ajukan buat membeli barang idaman. Tapi perlu Kamu pertimbangkan kembali dengan membeli barang menggunakan uang pinjaman sama saja Kamu beli secara kredit. Itu artinya harganya jauh lebih besar dari harga sebenarnya.

Pinjaman online yang saat ini banyak ditawarkan perusahaan Financial Technology sebaiknya hanya kamu manfaatkan pada kondisi mendesak saja.

Misalnya saat Kamu butuh dana tambahan buat memperbaiki kendaraan, buat biaya kesehatan, biaya pendidikan, dan biaya urgen lainnya.

  • Pilih Tenor dan Plafon yang Tepat

Jangka waktu dan nominal pinjaman menjadi poin penting yang tidak boleh Kamu kesampingkan jika ingin memperoleh pinjaman uang yang aman.

Dengan pilihan tenor dan plafon yang tepat harapannya Kamu bisa mengembalikan dana pinjaman tersebut tepat waktu.

Untuk menyiasati hal ini sebaiknya kamu pilih tanggal jatuh tempo pembayaran sehari dua hari setelah tanggal gajian. Harapannya setelah gaji masuk ke rekening Kamu bisa langsung mengembalikan pinjaman termasuk kewajiban biaya dan bunga.

  • Cari informasi dari pengalaman orang lain

Walah bagaimanapun pengalaman merupakan guru berharga bagi setiap orang. Tapi jika Kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain pastinya bakal lebih banyak lagi punya guru. Prinsip ini juga berlaku lho sebagai tips pinjaman online aman dan terpercaya.

Dengan mencari tahu pengalaman orang lain terhadap layanan pinjaman online Kamu bisa mengukur bagaimana perusahaan tersebut memberikan layanan bagi pengguna.

Jika banyak yang merasa puas berarti pinjaman tersebut layak buat Kamu pilih, tapi kalau banyak yang merasa kecewa baiknya cari alternaif lain terlebih dahulu.

Teknologi informasi sangat membantu siapapun mencari informasi detail, termasuk mencari informasi dari pengalaman orang lain mengajukan pinjaman online. Kamu bisa coba cari tahu lewat forum, group fb, atau twitter.

  • Lihat ulasan pengguna

Tips terakhir biar gak nyesel di belakang bisa juga dengan melihat ulasan pengguna aplikasi pinjaman online. Sebelum menginstall aplikasi dari playstore gak ada salahnya kan lihat ulasan pengguna yang ada dalam ulasan aplikasi?

Selain bisa melihat seberapa banyak pengguna yang sebelumnya menginstall aplikasi pinjol tersebut, Kamu juga bisa lihat penilaian dari bintang yang diberikan oleh pengguna.

Nah kelima tips di atas merupakan beberapa dari sekian banyak tips memilih pinjaman online terbaik dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *