Tips Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Menghemat baterai sangat penting jika dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika mati listrik atau dalam perjalanan. Memang bantuan powerbank bisa diandalkan. Namun powerbank tidak bisa digunakan setiap saat. Sebab kapasitasnya pun juga terbatas. Selain itu kondisi sinyal yang kurang baik juga bisa menjadi sebab baterai menjadi lebih boros. Maka jalan satu-satunya adalah dengan menghemat baterai sampai anda menemukan sumber daya untuk mengisinya kembali.

Tips Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Proses menghemat baterai pun bisa dilakukan dengan beberapa tips sederhana. Penyebab daya yang boros bisa karena penggunaan wallpaper yang terlalu cerah atau yang berjenis animasi. Selain itu, fitur getar dan penggunaan GPS yang terus diaktifkan juga membuat penggunaan daya lebih maksimal. Setelah tahu apa saja penyebab baterai boros, anda bisa tahu langkah untuk menghematnya. Di bawah ini ulasan lebih lanjut untuk tips menghema baterai android yang bisa anda coba.

Tips Menghemat Baterai Android

  1. Gunakan background hitam

Jika layar ponsel anda berjenis AMOLED atau Super AMOLED, anda bisa menggunakan background warna hitam. Jenis background ini memerlukan konsumsi daya yang lebih sedikit. Selain itu, gunakan wallpaper statis agar konsumsi dayanya makin hemat. Jika tidak suka dengan warna hitam, anda bisa memilih warna gelap lainnya karena juga tak kalah hemat untuk konsumsi dayanya.

  1. Jangan gunakan Auto-brightness

Auto-brightness bermanfaat untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis. Memang memudahkan namun membuat daya baterai lebih boros. Sebab ada di beberapa kondisi tampilan layar justru jauh lebih cerah. Atur tingkat kecerahan secara manual. Sebab semakin cerah layar, maka semakin besar kebutuhan daya baterainya. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk charging, tentu saja akan makin menyulitkan anda.

  1. Matikan getar (vibrates)

Dibandingkan suara ringtone, fitur getar memerlukan daya baterai lebih besar. Jika sedang menghemat baterai, ada baiknya matikan fitur tersebut. Untuk mengoptimalkan upaya penghematan, anda bisa mematikan haptic feedback. Jika memang ingin notifikasi lebih terdengar, anda bisa mengatur ringtone saja tanpa efek getar di berbagai macam aplikasi, terutama aplikasi media sosial.

  1. Kurangi waktu screen timeout

Semakin lama screen timeout maka semakin besar daya baterai yang diperlukan. Maka dari itu mengurangi waktu screen timeout begitu besar andilnya untuk menghemat baterai. Sebaiknya atur waktu layar mati hanya beberapa detik saja. Biasakan juga mematikan layar langsung ketika ponsel selesai digunakan. Hal ini sangat membantu dalam menghemat baterai ponsel.

  1. Matikan koneksi yang tidak diperlukan

Bluetooth, Wifi, GPS, dll memang sangat penting. Namun jika terus menerus dinyalakan sementara tidak ada sumber koneksi lainnya hanya akan membuang daya baterai. Perangkat terus-terusan akan mencari sumber koneksi lainnya dan memerlukan daya untuk melakukan hal tersebut. Jika tidak digunakan lagi, matikan koneksi tersebut. Hal ini juga berlaku pada sinyal yang tidak mendukung. Sebaiknya matikan jaringan internet untuk sementara jika jaringannya sedang tidak bagus.

Demikian beberapa tips untuk menghemat baterai android yang bisa anda gunakan di berbagai kesempatan. Selamat mencoba.

Pilihan Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android

inilah beberapa Pilihan Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone yang bersistem operasi Android telah dimiliki oleh hampir setiap orang karena smartphone memang sangatlah membantu Anda dalam melakukan aktivitas keseharian. Smartphone berbasis Android memang sangat tepat untuk disebut sebagai perangkat yang serbaguna karena perangkat mungil ini telah bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Sebagai pengguna Android pastinya Anda pernah ingin menangkap gambar atau tampilan yang ada di layar atau biasa disebut sebagai screenshot.

Pilihan Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android

Mengambil screenshot sendiri memang bisa dilakukan pada setiap smartphone berbasis Android yakni dengan cara menekan tombol power serta tombol volume atas atau bawah secara bersamaan. Namun cara yang satu ini tentu saja akan sangat merepotkan, terlebih lagi jika ada salah satu tombol yang tidak berfungsi. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia beberapa aplikasi di Google Play Store yang memudahkan Anda untuk mengambil screenshot di smartphone Android tanpa perlu repot, berikut ini ulasan selengkapnya.

Pilihan Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Android

  1. Easy Screenshot

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Easy Screenshot yang mana bisa Anda unduh secara gratis dari Google Play Store, aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Pada saat Anda pertama kali membuka aplikasi Easy Screenshot, Anda akan diberi instruksi untuk menggunakannya, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil.

  1. Screenshot Touch

Screenshot Touch merupakan aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan, aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan karena aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mengambil screenshot saja, tetapi juga bisa digunakan untuk merekam layar smartphone. Cara mengambil screenshot menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah di mana Anda hanya tinggal mengklik “Start Monitoring Service”.

  1. Screenshot Easy

Aplikasi ketiga yang juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan yakni Screenshot Easy yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Screenshot Easy ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengambil screenshot saja, namun juga bisa digunakan untuk merekam layar, website screenshot, serta scrolling screenshot dengan cara yang sangat mudah.

  1. Screenshot Capture

Screenshot Capture menjadi aplikasi keempat yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot di perangkat Android. Aplikasi Screenshot Capture ini juga sangat mudah untuk digunakan di mana Anda tinggal membuka aplikasi, pilih start, kemudian akan muncul floating widget yang bisa Anda tap untuk mengambil screenshot, aplikasi yang satu ini memiliki ukuran 6,1 MB.

  1. Screen Master

Aplikasi Android lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah Screen Master yang mana aplikasi ini cukup unik karena menyediakan fitur untuk menempelkan gambar sehingga Anda bisa menangkap tampilan layar memanjang ke bawah. Tidak hanya itu saja, aplikasi Screen Master juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur lainnya yang sangat berguna seperti screen capture dan web capture.

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk mengambil screenshot, maka Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi yang ada di atas. sumber referensi : https://teknoterupdate.com

Tips Menggunakan Google Play Store Agar Lebih Berguna

Tips Menggunakan Google Play Store. Play Store memang sangat membantu dalam menyediakan aplikasi yang terpercaya. Sayangnya kebanyakan pengguna android hanya mengetahui Play Store untuk sebatas install aplikasi saja. Padahal banyak fitur lainnya yang bisa anda peroleh pada aplikasi ini. Anda bisa mengecek versi terbaru, mengatur privasi, sampai bagaimana unduhan aplikasi berlangsung. Dengan mengetahui apa saja fitur dan cara menggunakan Play Store secara maksimal, penyedia aplikasi ini pun makin berguna.

Tips Menggunakan Google Play Store Agar Lebih Berguna

Anda pun bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari setting tertentu ini. penggunaan smartphone juga lebih optimal jika anda tahu apa saja fitur, manfaat dan cara menggunakannya. Bahkan untuk beberapa pengaturan, anda bisa mencegah orang lain menginstall aplikasi di ponsel anda dengan bantuan setting tertentu dan optimasi fitur fingerprint. Nah, bagi yang penasaran apa saja tips dalam menggunakan Play Store agar lebih berguna, berikut beberapa tipsnya untuk dicoba.

Tips Menggunakan Google Play Store

  1. Cek versi terbaru

Aplikasi versi terbaru memberikan sejumlah fitur menarik dibandingkan versi lama. Termasuk Google Play Store. Cara mengetahui versi Play Store, anda bisa menekan ikon Menu di pinggir kiri. Masuk ke Setting kemudian cari Play Store Version. Tekan beberapa kali. Kemudian akan muncul pemberitahuan update. Anda bisa langsung melakukan update jika terdapat notifikasi dari menu satu ini.

  1. Melihat review aplikasi

Review bermanfaat untuk menilai apakah sebuah aplikasi layak dipasang atau sebaliknya. Nah, anda bisa menyortir review yang ada pada sebuah halaman aplikasi. Pada halaman aplikasi tersebut, geser layar ke bawah dan tekan opsi Read All Reviews. Pilih review dengan rating tertinggi di tombol paling kiri. Tombol paling kanan adalah review untuk versi aplikasi terbarunya. Anda bisa melihat review dengan rating terbanyak untuk menentukan apakah aplikasi layak digunakan atau sebaliknya.

  1. Tandai aplikasi untuk dipasang nanti

Jika anda menjumpai game atau aplikasi dengan kapasitas besar sementara tidak tersedia Wifi, anda bisa memasukannya ke dalam wishlist. Tujuannya agar anda bisa langsung mengunduhnya ketika menjumpai sumber Wifi. Cara memasukan aplikasi ke wishlist yakni dengan menekan ikon bookmark di sebelah nama aplikasi. Tekan menu garis tiga horizontal dan pilih wishlist.

  1. Tidak menambah ikon aplikasi baru di home screen

Jika anda tidak suka ikon aplikasi terlalu banyak di home screen, anda bisa mencegahnya untuk ditampilkan pada home screen. Buka menu setting pada Play Store. Kemudian gulir ke bawah sampai anda menemukan opsi Add Icon to Home Screen. Kemudian hilangkan tombol centang pada kotak pilihan tersebut. Aplikasi yang selesai diunduh pun tidak memunculkan ikon baru di bagian home screen.

  1. Cegah orang lain install aplikasi

Cara satu ini penting untuk melindungi keamanan ponsel anda. Terkadang ada yang jahil dengan sengaja mengunduh aplikasi tanpa sepengetahuan anda. Agar proses instalasi hanya anda saja yang melakukan, anda bisa memasang dan mengatur menu otentifikasi serta verifikasi. Masuk ke menu Setting kemudian gulir ke bawah sampai menemukan opsi Require authentication fo purchase. Kemudian tekan opsi For all purchase trough Google Play on this device. Jika smartphone memiliki fitur fingerprint, anda bisa menggunakan otentifikasi sidik jari juga.

Demikian beberapa tips menggunakan Google Play Store agar fitur satu ini makin berguna untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tips Membersihkan Lensa Kamera Android Agar Tetap Awet

Hasil jepretan yang bagus tidak selamanya karena faktor lensa kamera yang memadai. Jika resolusi lensa kameranya bagus namun gambar tetap buram, bisa jadi ada masalah pada lensa anda. Bisa jadi lensa mengalami goresan, kotor, atau gangguan lainnya. Termasuk pada lensa kamera ponsel android. Agar hasil jepretan di ponsel tetap optimal, anda harus rajin membersihkan bagian lensa tersebut. Sebab bagian lensa tergolong lebih sensitif dengan debu dan goresan.

Selain itu, rajin membersihkan lensa kamera juga bermanfaat agar kamera ponsel tetap awet. Hasil jepretan pun tampak lebih bersih dan cerah. Jadi jangan terburu menyimpulkan jika resolusi lensanya buruk. Bisa jadi penyebabnya karena kotoran yang terlanjur menempel tebal di kamera ponsel anda. Bagi anda yang penasaran apa saja cara untuk membersihkan lensa kamera android ini, berikut beberapa Tips Android selengkapnya yang bisa anda coba.

Tips Membersihkan Lensa Kamera Android

Gunakan pasta gigi

Pasta gigi bisa menjadi andalan untuk mengatasi lensa yang tergores. Pilih pasta gigi warna putih. Oleskan sedikit saja pada bagian lensa dan gosok menggunakan kain lembut secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan cotton bud jika ada bagian lensa yang sulit dijangkau dengan tangan. Oleskan searah jarum jam dan diamkan sebentar. Kemudian gunakan sedikit air dengan kain microfiber untuk menuntaskan pembersihan lensa.

  1. Gunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk membersihkan debu pada lensa. Debu tersebut mampu ditarik dengan tekstur minyak kayu putih yang khas. Anda bisa menggunakan tisu atau lap kering dan tetesi dengan minyak kayu putih. Lap lensa dengan minyak kayu putih tersebut secara perlahan. Debu akan menempel pada lap atau tisu tersebut dan kamera pun menjadi lebih bersih.

  1. Bersihkan lensa berembun

Gambar buram juga bisa disebabkan karena lensa yang berembun. Hal ini bisa dikarenakan ponsel terkena air atau berada di kondisi yang lembab. Untuk mengatasi lensa berembun, anda bisa menguapkan embunnya terlebih dulu. Matikan ponsel dan lepas semua komponen yang bisa dilepas terlebih dulu. Gunakan hair dryer untuk menguapkan embun secara hati-hati. Pasang semuanya kembali dan cobalah gunakan kamera tersebut.

  1. Mengganti tutup lensa

Jika cara 1-3 masih belum optimal dalam membersihkan lensa, bisa jadi masalahnya ada pada tutup lensa. Tutup lensa bisa mengalami goresan atau terkena kotoran yang sulit dibersihkan. Mengganti tutup lensa merupakan solusinya. Namun anda harus hati-hati. Anda bisa mencongkelnya dan ganti dengan tutup lensa baru. Jika sulit memperoleh tutup lensa, anda bisa menggunakan selotip bening sebagai pengganti sementaranya.

Demikian beberapa tips membersihkan lensa kamera android agar tetap awet dan hasil foto makin menarik. Semoga bermanfaat.