Tips Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Tips Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Menghemat baterai sangat penting jika dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika mati listrik atau dalam perjalanan. Memang bantuan powerbank bisa diandalkan. Namun powerbank tidak bisa digunakan setiap saat. Sebab kapasitasnya pun juga terbatas. Selain itu kondisi sinyal yang kurang baik juga bisa menjadi sebab baterai menjadi lebih boros. Maka jalan satu-satunya adalah dengan menghemat baterai sampai anda menemukan sumber daya untuk mengisinya kembali.

Tips Sederhana Untuk Menghemat Baterai Android

Proses menghemat baterai pun bisa dilakukan dengan beberapa tips sederhana. Penyebab daya yang boros bisa karena penggunaan wallpaper yang terlalu cerah atau yang berjenis animasi. Selain itu, fitur getar dan penggunaan GPS yang terus diaktifkan juga membuat penggunaan daya lebih maksimal. Setelah tahu apa saja penyebab baterai boros, anda bisa tahu langkah untuk menghematnya. Di bawah ini ulasan lebih lanjut untuk tips menghema baterai android yang bisa anda coba.

Tips Menghemat Baterai Android

  1. Gunakan background hitam

Jika layar ponsel anda berjenis AMOLED atau Super AMOLED, anda bisa menggunakan background warna hitam. Jenis background ini memerlukan konsumsi daya yang lebih sedikit. Selain itu, gunakan wallpaper statis agar konsumsi dayanya makin hemat. Jika tidak suka dengan warna hitam, anda bisa memilih warna gelap lainnya karena juga tak kalah hemat untuk konsumsi dayanya.

  1. Jangan gunakan Auto-brightness

Auto-brightness bermanfaat untuk menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis. Memang memudahkan namun membuat daya baterai lebih boros. Sebab ada di beberapa kondisi tampilan layar justru jauh lebih cerah. Atur tingkat kecerahan secara manual. Sebab semakin cerah layar, maka semakin besar kebutuhan daya baterainya. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk charging, tentu saja akan makin menyulitkan anda.

  1. Matikan getar (vibrates)

Dibandingkan suara ringtone, fitur getar memerlukan daya baterai lebih besar. Jika sedang menghemat baterai, ada baiknya matikan fitur tersebut. Untuk mengoptimalkan upaya penghematan, anda bisa mematikan haptic feedback. Jika memang ingin notifikasi lebih terdengar, anda bisa mengatur ringtone saja tanpa efek getar di berbagai macam aplikasi, terutama aplikasi media sosial.

  1. Kurangi waktu screen timeout

Semakin lama screen timeout maka semakin besar daya baterai yang diperlukan. Maka dari itu mengurangi waktu screen timeout begitu besar andilnya untuk menghemat baterai. Sebaiknya atur waktu layar mati hanya beberapa detik saja. Biasakan juga mematikan layar langsung ketika ponsel selesai digunakan. Hal ini sangat membantu dalam menghemat baterai ponsel.

  1. Matikan koneksi yang tidak diperlukan

Bluetooth, Wifi, GPS, dll memang sangat penting. Namun jika terus menerus dinyalakan sementara tidak ada sumber koneksi lainnya hanya akan membuang daya baterai. Perangkat terus-terusan akan mencari sumber koneksi lainnya dan memerlukan daya untuk melakukan hal tersebut. Jika tidak digunakan lagi, matikan koneksi tersebut. Hal ini juga berlaku pada sinyal yang tidak mendukung. Sebaiknya matikan jaringan internet untuk sementara jika jaringannya sedang tidak bagus.

Demikian beberapa tips untuk menghemat baterai android yang bisa anda gunakan di berbagai kesempatan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *