Inilah yang harus Anda punya saat mengajar

Keterampilan Mengajar
Ada beberapa macam keterampilan mengajar, antara lain:
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Keterampilan menjelaskan
Keterampilan membuat variasi
Keterampilan bertanya
Keterampilan memberika penguatan
Ketrampilan mengelola kelas
Ketrampilan memimpin diskusi
Keterampilan mengajar kelompok besar dan kecil

1 Keterampilan Dasar dan Lanjut

  1. Keterampilan Bertanya Dasar

Tujuan dari keterampilan bertanya dasar antara lain:

  • Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi pembelajaran.
  • Memusatkan perhatian peserta didik terhadap fokus permasalahan yang sedang dibahas.
  • Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Komponen-komponen bertanya dasar

  • Pengungkapan peratnyaan
  • Pemberian acuan
  • Permasalahan perhatian
  • Pemindahan giliran
  • Penyebaran
  • Pemberian waktu berfikir
  • Pemberian

Yang harus dihindari

  • Meminta jawaban secara serempak dari peserta didik. Hal ini dikarenakan tidak adanya interaksi antar satu peserta didik kepada guru dan guru tidak tahu jawaban peserta didik yang manankah yang benar.
  • Mengulang jawaban peserta didik
  • Menjawab pertanyaan sendiri

Contoh ketrampilan bertanya dasar

Memberikan pertanyaan sederhana kepada siswa tentang mengapa potongan apel dibiarkan saja akan berubah menjadi coklat?

  1. Keterampilan Bertanya Lanjut
  • Contoh
  • Klarifikasi
  • Ketepatan jawaban
  • Jawaban yang lebih kompleks dan lebih relevan
  • Meminta peserta didik memberi alasan
  • Peningkatan terjadinya interaksi
  • Tuntutan tingkatan kognitif dalam menjawab pertanyaan

Komponen:

  • Pengubahan tuntutan tingkatan kognitif dalam menjawab pertanyaan
  • Pengaturan urutan pertanyaan
  • Penggunaan pertanyaan pelacak
  1. Klarifikasi
  2. Meminta peserta didik memberikan alasan
  3. Meminta kesepakatan pandangan
  4. Meminta ketepatan jawaban
  5. Memberikan jawaban yang relevan
  6. Meminta contoh
  7. Meminta jawaban yang kompleks
  • peningkatan terjadinya interaksi

Contoh keterampilan bertanya lanjut:

tentang apel yaitu guru memberikan pertanyaan lagi kepada siswa, “reaksi apakah yang terjadi saat perubahan warna potongan apel yang dibiarkan menjadi coklat?”

2 Keterampilan Memberi Penguatan

Keterampilan memberikan penguatan merupakan keterampilan yang harus di kuasai oleh guru karena penguatan yang diberikan kepada siswa akan membangkitkan semangat mereka dalam melakukan kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.

Tujuan

  • Meningkatkan perhatian peserta didik
  • Membangkitkan dan memelihara motivasi belajar peserta didik
  • Mengontrol dan memodifikasi tingkah laku peserta didik yang kurang efektif serta mendorong munculnya tingkah laku yang produktif
  • Mengarah kepada cara berfikir yang baik dan inisiatif pribadi

Komponen-komponen keterampilan memberi penguatan:

  • Penguatan verbal
  • Penguatan Gestural (mimic/gerak badan)
  • Penguatan dengan cara mendekati
  • Penguatan dengan sentuhan
  • Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan
  • Penguatan berupa tanda atau benda
  • Penguatan tak penuh

Contoh keterampilan memberi penguatan berupa benda:

guru menjelaskan tentang bentuk atom dengan alat peraga atom

3 Keterampilan Mengadakan Variasi

Keterampilan mengadakan variasi adalah keterampilan dimana guru bisa membuat gaya belajar semenarik dan menyenangkan mungkin agar siswa mudah memahami materi pelajaran.

Tujuan

  • Memelihara dan meingkatkan perhatian peserta didik terhadap hal-hal yang berkaitan dengan aspek belajar.
  • Meningkatkan kemungkinan berfungsinya motivasi dan rasa ingin tahu peserta didik melalui kegiatan investigasi dan eksplorasi
  • Dilayaninya peserta didik secara individual sehingga memberi kemudahan
  • Mendorong aktivitas belajar atau cara belajar peserta didik

Komponen

  • Gaya belajar
  • Gaya suara
  • Gaya pemusatan perhatian
  • Gaya kesenyapan
  • Gaya kontak pandang
  • Gesture
  • Perubahan posisi

Media dan bahan pembelajaran:

  • Visual
  • Audio
  • Taktik dan manipulative

Interaksi dan kegiatan siswa

  • Klasikal
  • Kelompok
  • Perorangan
  • Diskusi, Latihan, dan Demonstrasi

Contohnya: Guru menjelaskan system periodic unsur dengan media pembelajaran berbasis auido seperti lagu.

4 Keterampilan Menjelaskan

Keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran adalah keterampilan menyajikan informasi secara lisan yang diorganisasi secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan anatara satu bagian dengan bagian lainnya, misalnya antara sebab dan akibat, definisi dengan contoh atau dengan sesuatu yang belum diketahui. Saud (2012).

Tujuan

  • Siswa memahami konsep, bernalar, terlibat dalam berfikir
  • Mendapat balikan
  • Menyajikan informasi terorganisasi, sistematis, mudah dipahami.

Prinsip Keterampilan menjelaskan

  • Dapat diberikan diawal,tengah,akhir pelajaran
  • Relevan dengan tujuan
  • Materi bermakna
  • Sesuai dengan kemampuan dan latar belakang siswa

Komponen:

  • Merencanakan:

1) Isi pesan

2) Karakteristik siswa

  • Menyajikan:
  1. Kejelasan (bahasa, kelancaran, uacapan)
  2. Contoh dan ilustrasi
  3. Pemberian tekanan (suara,ikhtisar,dll)
  4. Balikan (ajukan pertanyaan,mimik siswa)

 

5 Keterampilan Membuka dan Menutup

Keterampilan membukan pelajaran adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang guru dalam membuka pelajaran, sehingga peserta didik siap dan fokus dalam memahami materi yang akan dipelajarinya. Sedangkan keterampilan menutup pelajaran adalah kemampuan guru untuk mengakhiri pelajaran dengan mengemukakan pokok-pokok pelajaran.

Tujuan

  • Memotivasi
  • Menjelaskan batas tugas
  • Menjelaskan hubungan materi
  • Mengetahui tingkat pemahaman

Komponen

  • Membuka:
  1. Menarik perhatian
  2. Menimbulkan motivasi
  3. Memberi acuan
  4. Membuat kaitan
  • Menutup:
  1. Meninjau kembali
  2. Mengevaluasi penguasaan
  3. Memberikan tindak lanjut

Contoh

Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka kemudian siswa diberikan peta konsep tentang materi yang akan dipelajari secara garis besar, dan pada saat menutup pelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi yang sudah dipelajari dan mereview kesimpulan yang didapatkan tentang materi tersebut.

6 Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

Diskusi kelompok kecil:

  • Peserta didik 3-9 orang
  • Punya tujuan/topic yang jelas
  • Interaksi tatap muka
  • Berlangsung matematis
  • Arena berbagi informasi, berlatih kerjasama mengambil keputusan

Hal yang perlu dihindari:

  • Topik yang tidak relevan
  • Mendominasi diskusi
  • Membiarkan siswa enggan berpartisipasi
  • Membiarkan penyimpangan
  • Membiarkan monopoli
  • Tergesa-gesa
  • Tidak memperjelas
  • Gagal menutup diskusi secara efektif

Contoh

Guru membagi siswa dikelas dalam beberapa kelompok, kemudian guru membagikan materi yang berbeda dan pertanyaan kepada setiap kelompok dan menyuruh untuk mendiskusikannya. Setelah diskusi selesai, siswa disuruh mempresentasikan apa yang didapatkan dalam diskusi tersebut.

7 Keterampilan Mengajar Kelompok Besar dan Kecil

Prinsip Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

  • Variasi pengorganisasian
  • Pilih topic yang sesuai
  • Akhiri dengan rangkuman atau kesimpulan, pemantapan, laporan, dll.
  • Kenali siswa secara individual
  • Beri kesempatan kepada siswa bekerja secara bebas.

Komponen

  • Mengadakan pendekatan secara pribadi
  1. Hangat dan peka
  2. Mendengar secara simpatik
  3. Respon positif
  4. Hubungan saling mempercayai
  5. Kesiapan membantu
  6. Menerima perasaan siswa
  7. Mengendalikan situasi
  • Mengorganisasikan
  1. Memberikan orientasi umum
  2. Variasi kegiatan
  3. Membentuk kelompok yang tepat
  4. Koordinasi kegiatan
  5. Membagi perhatian
  6. Mengakhiri kegiatan

8 Keterampilan Mengelola Kelas

Yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru agar dalam pembelajaran, siswa bisa kondusif sehingga materi yang akan disampaikan dapat dipahami dengan baik.

Prinsip Penggunaan:

  • Hangat dan antusias
  • Menantang peserta didik berfikir
  • Adanya variasi
  • Keluwesan
  • Penekanan hal-hal positif
  • Penanaman disiplin diri sendiri

Hal yang perlu dihindari:

  • Campur tangan yang berlebihan
  • Kesenyapan kegiatan/pembicaraan karena ketidaksiapan guru
  • Ketidaktepatan memulai dan mengakhiri pelajaran
  • Penyimpanan
  • Bertele-tele
  • Pengualangan tak perlu

Komponen:

  • Penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar
  1. Menunjukkan sikap tanggap
  2. Membagi perhatian secara visual dan verbal
  3. Memusatkan perhatian kelompok
  4. Petunjuk yang jelas
  5. Menegur
  6. Penguatan
  • Pengendalian Kondisi belajar
  1. Modifikasi tingkah laku
  2. Pengelolaan/Proses kelompok
  3. Menentukan dan mengatasi tingkah laku yang menimbulkan masalah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *