Contoh Teks Berita – merupakan salah satu teks yang menyampaikan sebuah fakta atau peristiwa yang terjadi disekitar kita beserta sumber terpercayanya. Kemudian disiarkan melalui siaran televisi, radio, media massa offline hingga media online.
contoh teks berita singkat

Teks berita sendiri memiliki 3 struktur pembentuk teks berita secara keseluruhan, yaitu:

Setelah mengetahui struktur tersebut, seseorang dapat menyusun teks berita dengan menyertakan unsur 5W1H agar berita tersebut lengkap.

Berikut beberapa contoh teks berita:

contoh teks berita singkat

Pep Guardiola menginstruksikan anak buahnya untuk tetap tampil habis-habisan kendati sudah menyegel gelar juara. Mereka dilarang menyepelekan lawan di sisa musim.

City sudah memastikan gelar juara sebelum musim berakhir. Kini, mereka berpeluang menambah catatan apik dari gelar juara itu. Di antaranya, jumlah poin, jumlah kemenangan, selisih poin dengan runner-up, dan jumlah gol dalam semusim.

Kedigdayaan City itu membuat kiper Ederson lupa daratan. Dia pun sesumbar ingin mencatatkan namanya di papan skor sebelum musim berakhir.

Guardiola meresponsnya. Dia mengingatkan agar anak asuhnya tetap membumi.

“Itu tak akan terjadi karena dia adalah seorang kiper,” kata Guardiola seperti dikutip Sports Mole.

“Menghormati lawan, respek terhadap kompetisi. Mungkin dia bisa melakukannya, tapi tidak dalam sebuah pertandingan,” dia menambahkan.

Besok, City akan menghadapi West Ham United. Kemudian berlanjut menjalani laga kandang dengan Hudderfield dan Brighton Albion, ditutup dengan tandang ke markas Southampton.
sumber: https://www.penghunirumah.com/model-plafon-rumah-minimalis-terbaru/
contoh teks berita tentang pendidikan di sekolah

Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat dijaga personel Brigade Mobil (Brimob) Polri. Pengamat pendidikan menilai ini adalah dekadensi.

Dia menjadi ingat soal kebijakan Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) pada 1978-1979.

Saat itu kampus ditekan pemerintahan Orde Baru. Kejadian itu sudah lama berlalu dan Indonesia sudah memasuki demokratisasi. Namun ternyata ada gejala di Unpad.

Diberitakan sebelumnya, mahasiswa Unpad mengeluhkan keberadaan personel Brimob di kampusnya. Mahasiswa bernama Viona Mahardika mengatakan keberadaan Brimob sudah sejak Januari 2018. Kondisinya, terjadi peralihan agensi keamanan dari PT Sentinel ke PT Kartika.

Rektor Unpad Tri Hanggono menyatkaan keberadaan Brimob di kampusnya untuk melakukan kontrol mutu dan standarisasi Satpam kampus. Dia menjamin tak ada pembatasan demokrasi kampus akibat keberadaan Brimob ini.

Bahkan Tri mengatakan keberadaan Brimob telah terbukti mengurangi angka kehilangan barang di Kampus. Dia belum memastikan sampai kapan Brimob tetap bersiaga di Unpad. Bahkan dia membuka opsi untuk mempertahankan Brimob di Kampus.


contoh teks berita terkini tentang lingkungan sekolah

Kabut asap kiriman yang menganggu penerbangan dan aktivitas belajar-mengajar di sejumlah kabupaten/kota di Sumut berangsur membaik.

Dinas Pendidikan Kota Medan berencana akan kembali mengaktifkan proses belajar mengajar pada Rabu (28/10) besok. Itu pun dengan catatan, apabila kondisi cuaca di kota ini mulai membaik.

“Rencana kita kalau memang tidak ada halangan, Rabu besok anak-anak sudah bisa kembali bersekolah,” ujar Sekretaris Disdik Medan Ramlan Tarigan kepada Sumut Pos, Senin (26/10).

Menurut Ramlan, koordinasi dengan lintas sektoral seperti Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika (BMKG) tetap pihaknya lakukan.

Informasi terkini, sebut dia, kadar ketebalan asap pada Senin (26/10) kemarin, sedikit menurun dari hari sebelumnya. (sumutpos)
contoh teks berita tentang kecelakaan beserta strukturnya

Sebanyak tiga orang yang masih memiliki hubungan keluarga, tewas dalam kecelakaan antara sepeda motor dengan sebuah truk di jalan bypass Krian, Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu (18/4/2018) pagi.

Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Tony Irawan, Rabu mengatakan, tiga orang yang menjadi korban dalam kecelakaan ini adalah Achmad Zaenudin (36), Hariyanti (34), dan Mareta Putri (2) yang merupakan satu keluarga asal Dusun Ngampel RT 02 RW 01, Desa Ngampel, Kecamatan Papar, Kediri.

“Korban tewas setelah menabrak truk yang parkir di Jalan Raya bypass Krian, Sidoarjo, Rabu,” katanya, dilansir Antara.

Ia mengemukakan, peristiwa nahas yang menimpa satu keluarga itu bermula saat mereka mengendarai motor Honda nopol AG5800 ES dari arah Mojokerto menuju Surabaya.

“Setelah berada di lokasi, tepatnya di kilometer 31,5, korban diduga mengantuk sehingga kemudi oleng ke kiri dan menabrak truk nopol L 8112 ER,” katanya.

Ia mengemukakan, dugaan awal korban mengalami kecelakaan karena mengantuk sehingga menabrak truk yang terparkir di pinggir jalan. “Dugaannya korban mengantuk sehingga menabrak truk yang mogok di pinggir jalan,” katanya.

Baca juga pembahasan seputar contoh teks ulasan yang baik di website avandaalvin