Praktikum 1

Pada praktikum kali ini akan dicoba fitur  – fitur dasar pada Android studio dalam membuat aplikasi Android Native

Untuk file instalasi Android Studio dapat diunduh di : https://developer.android.com/studio/install

atau jika anda memakai linux seperti Ubuntu, anda juga bisa menginstallnya melalui Software Manager.

Setelah selesai menginstall tampilan awal aplikasi Android Studio seperti pada gambar diatas. Kita pilih menu paling atas yaitu “Start a new Android Studio project”.

Tulis nama project yang ingin dibuat, domain perusahaan atau jika tidak ada maka tidak perlu dirubah, memilih lokasi project di direktori komputer anda, serta nama package.

Selanjutnya memilih versi android yang digunakan pada project ini. Project yang dibuat hanya dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan versi yang sama atau yang lebih baru dari versi yang dipilih. Semakin baru versi Android yang digunakan maka fitur – fitur yang ada semakin banyak dan dimungkinkan sedikit adanya bug, akan tetapi sedikit perangkat yang dapat menggunakannya. Semakin lama versi yang digunakan maka semakin banyak perangkat yang dapat menggunakan project yang dibuat, akan tetapi fitur – fitur yang ada tidak sebanyak yang versi lama dan dimungkinkan masih ada bug – bug yang sebenarnya pada versi selanjutnya sudah diperbaiki. Maka untuk proposionalnya biasanya diambil tengah – tengah. Ketika kita memilih versi android yang digunakan, akan ditampilkan persentase aplikasi yang dibuat dapat dijalankan pada perangkat – perangkat pada umumnya sehingga kita dapat memilih versi android sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian kita memlilih Activity yang ingin kita buat. Pada Android Studio terdapat template – template Activity yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi. Pada kesempatan kali ini akan dicoba dengan memilih empty activity.

Selanjutnya memberi nama Activity dengan format Camel Case seperti membuat class. Kemudian klik finish maka project akan dibuat. Ketika sudah selesai kita dapat memulai untuk Ngoding.

Ketika sudah selesai membuild project, maka terdapat 2 file yang dibuat yaitu file .java dari activity yang dipilih sebelumnya dan file .xml untuk memnampilkan interface dari activity yang dibuat. pada gambar diatas terdapat error yang terjadi karena ada package dependency yang tidak bisa di load. pesan errornya yaitu “Unable to resolve dependency for ‘:app@debugUnitTest/compileClasspath’: Could not download junit.jar (junit:junit:4.12)”. Karena terjadi error tersebut maka interface activity tidak dapat ditampilkan pada IDE.

Saya belum bisa memperbaiki error ini. Saya menggunakan Android Studio versi 3.1.4 dengan sistem operasi Ubuntu Linux 18.04 LTS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *