Kampus peminat utbk terbanyak
idntimes.com

8 Kampus Peminat Terbanyak UTBK SBMPTN 2020

8 Kampus Peminat Terbanyak UTBK SBMPTN 2020 – Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK untuk pelaksanaan SBMPTN secara resmi telah selesai pada tanggal 29 Juli 2020 kemarin. UTBK SBMPTN 2020 telah terlaksana dengan lancar meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Antusias peserta juga tak surut, dibuktikan dengan banyaknya peminat di berbagai perguruan tinggi yang menjadi peserta SBMPTN. Simak daftar lengkap kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 berikut ini.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 telah menjaring ratusan ribu lulusan sekolah menengah atas yang menjadi peserta. Saat melakukan pendaftaran, para peserta diwajibkan memilih program studi beserta perguruan tinggi yang mereka inginkan. Lalu, mana saja kampus dengan peminat terbanyak pada UTBK SBMPTN 2020 kali ini? Berikut adalah informasi selengkapnya tentang 8 kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020.

Jumlah Peserta UTBK SBMPTN 2020

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, LTMPT tetap melaksanakan UTBK SBMPTN 2020 di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia. Meski begitu, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 tetap dilakukan dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus. Beberapa protokol tersebut di antaranya adalah kewajiban memakai masker dan membawa hand sanitizer hingga pengecekan suhu tubuh sebelum peserta memasuki ruang ujian. LTMPT juga menetapkan pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 dalam dua gelombang untuk mengurangi adanya kerumunan dan kontak antar para peserta.

Tahun 2020 ini, ada ratusan ribu peserta yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian. Jumlah peserta yang telah mendaftar adalah sebanyak 713.276 peserta. Menurut laporan statistik yang dirilis oleh LTMPT, tingkat kehadiran peserta mencapai 92,89 persen atau sebanyak 662.409 peserta. Sementara jumlah peserta yang tidak hadir adalah sebanyak 50.821 peserta atau sebesar 7,13 persen dari jumlah pendaftar.

Daftar Lengkap Kampus Peminat Terbanyak UTBK SBMPTN 2020

Nah, tahun 2020 ini ada sebanyak delapan perguruan tinggi dengan peminat paling banyak pada UTBK SBMPTN 2020. Jumlah tersebut berkisar hingga puluhan ribu untuk masing-masing perguruan tinggi. Berikut adalah daftar lengkap delapan kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

ugm
ugm.ac.id

Kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 yang pertama adalah UGM atau Universitas Gadjah Mada. Tahun 2020 ini, UGM mencatatkan sebanyak 62.507 peserta yang memilihnya dalam UTBK SBMPTN. Dari seluruh pendaftar, persentase pemilih UGM dalam UTBK SBMPTN adalah sebesar 8,75 persen. Jumlah tersebut membuat UGM menjadi kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020.

2. Universitas Brawijaya (UB)

ub
kompas.com

Universitas Brawijaya atau UB menjadi kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 kedua, mengalahkan Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia. Jumlah peserta yang memilih UB sebagai perguruan tinggi pilihan adalah sebanyak 61.743 peminat dari jumlah total pendaftar yaitu 713.276 peserta. Secara keseluruhan, sebesar 8,65 persen peserta memilih UB sebagai perguruan tinggi pilihan saat melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2020.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

unpad.ac.id
tempo.co

Kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 yang selanjutnya adalah Universitas Padjadjaran atau UNPAD. Jumlah pendaftar UTBK SBMPTN yang memilih UNPAD sebagai perguruan tinggi pilihan adalah sebanyak 56.446 peminat. Total persentase peminat UNPAD dalam UTBK SBMPTN 2020 adalah sebesar 7,91 persen dari keseluruhan pendaftar. Jumlah yang lebih dari 50 ribu peminat tersebut membuat UNPAD menjadi kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 nomor tiga.

4. Universitas Indonesia (UI)

UI
tribunnews.com

Universitas Indonesia atau UI juga masuk ke dalam daftar kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020. UI menempati peringkat keempat dari 85 perguruan tinggi negeri dan 8 politeknik negeri peserta SBMPTN 2020. Jumlah peserta yang memilih UI sebagai perguruan tinggi pilihan adalah sebanyak 54.897 peminat dari total 713.276 peserta yang mendaftarkan diri. Persentase jumlah peminat UI dalam UTBK SBMPTN tahun 2020 ini adalah sebesar 7,69 persen.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS
tribunnews.com

Selanjutnya, kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 adalah kampus tercinta Universitas Sebelas Maret atau UNS. Universitas negeri yang terletak di Solo tersebut menempati peringkat kelima di atas UNDIP, UPI, dan UNY. Jumlah peserta yang memilih UNS dalam UTBK SBMPTN tahun ini adalah sebanyak 51.974 peminat atau sebesar 7,28 persen.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

undip
idntimes.com

Universitas Diponegoro atau UNDIP juga masuk ke dalam jajaran kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020. Perguruan tinggi negeri yang satu ini mencatatkan sebanyak 51.418 peminat yang memilihnya sebagai perguruan tinggi pilihan. Persentase total jumlah peminat UNDIP dalam UTBK SBMPTN kali ini adalah sebesar 7,20 persen. Angka tersebut menempatkan UNDIP sebagai kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 nomor enam dari seluruh perguruan tinggi negeri dan politeknik negeri yang menjadi peserta SBMPTN.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

upi
manper.upi.edu

Apakah kamu memilih UPI saat mendaftar menjadi peserta UTBK SBMPTN? Kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 selanjutnya adalah UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia. Ada sebanyak 45.767 peminat yang memilih UPI sebagai perguruan tinggi pilihan saat mendaftarkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2020. UPI menjadi kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 ketujuh dengan persentase peminat sebanyak 6,41 persen.

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

uny
uny.ac.id

Terakhir adalah Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY yang juga masuk ke dalam daftar delapan kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020. Data statistik menunjukkan bahwa jumlah peserta yang memilih UNY saat mendaftar UTBK SBMPTN adalah sebanyak 42.592 peminat dari jumlah total 713.276 pendaftar. Persentase jumlah peminat UNY adalah sebesar 5,97 persen. Angka tersebut menempatkan UNY sebagai kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020 nomor delapan.

Pengumuman Hasil Kelulusan UTBK SBMPTN 2020

Setelah usai menjalankan ujian, kini para peserta hanya tinggal menantikan hasil kelulusan mereka. Sebelumnya, LTMPT mengumumkan bahwa pengumuman hasil kelulusan UTBK SBMPTN 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020, mengingat bahwa pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua gelombang. Namun, LTMPT kembali mengumumkan bahwa pengumuman UTBK SBMPTN 2020 akan dipercepat dan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020. Para peserta mulai bisa mengakses pengumuman tersebut pada pukul 15.00 WIB melalui laman resmi yang telah disediakan oleh LTMPT.

Akan tetapi, pengumuman tersebut hanya akan memperlihatkan hasil kelulusan para peserta saja. Sementara untuk nilai atau skor hasil UTBK SBMPT baru akan diumumkan tanggal 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB, satu hari setelah pengumuman hasil kelulusan peserta. Skor UTBK tersebut dapat diunduh oleh para peserta dalam bentuk sertifikat pada tanggal yang telah ditentukan. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan oleh para peserta jika akan mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri.

Nah, itu dia informasi yang bisa disampaikan seputar daftar lengkap delapan kampus peminat terbanyak UTBK SBMPTN 2020. Jika kamu memilih salah satu perguruan tinggi dalam daftar yang sudah disebutkan, maka mau tidak mau kamu harus bersaing dengan puluhan ribu peserta lainnya untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di sana. Tetapi kamu tidak perlu takut karena kamu pasti akan mendapatkan hasil terbaik asalkan kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat!

About the author

Tech User

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *