Aplikasi Sitasi EndNote X9

Mengenal Aplikasi Sitasi EndNote X9

Di era informasi saat ini semua informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah bagi para penulis. Begitu pula bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa yang sedang Menyusun sebuah penelitian maupun karya tulis. Tentunya akan sangat mudah bagi akademisi untuk mendapatkan informasi yang dapat dijadikan sebagai referensi. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga yang ekstra untuk mengumpulkan referensi dalam menyusun karya tulis agar tidak disebut plagiasi. Pada saat proses penyusun sebuah karya tulis tentu saja tidak lepas dari kegiatan penelitian. Ciri-ciri sebuah karya tulis ilmiah sendiri yaitu sebagian isinya mengandung kutipan-kutipan dari orang lain. Itulah mengapa sebuah penelitian membutuhkan penegasan dari sumber-sumber yang telah ada sebelumnya untuk memperkuat dan memperkaya penelitian tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengutip sebuah referensi ke dalam karya tulis tersebut. Oleh karena itu, merujuk pada karya orang lain merupakan suatu bentuk apresiasi bagi penulisnya. Sehingga wajib adanya untuk mencantumkan penulis dari referensi yang telah dikutip dalam sitasi dan daftar pustaka.

Salah satu cara untuk mengelola rujukan tersebut adalah dengan cara manajemen sistem referensi. Seiring kemajuan teknologi dan informasi, manajemen sistem referensi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Salah satunya melalui perangkat lunak seperti EndNote.

EndNote merupakan software manajemen referensi yang memudahkan penggunanya untuk mengatur dan menyimpan referensi yang diperoleh secara otomatis. EndNote dikembangkan oleh Thomson Reuters sebagai software berbayar yang menyediakan trial selama 30 hari. EndNote dirilis pada tahun 2000 dan dilakukan perkembangan hingga sekarang dengan versi terbaru saat ini yaitu EndNoteX9.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan EndNote sebagai piranti lunak menajemen referensi yaitu EndNote dapat menyimpan referensi dan mengintegrasikan pada teks yang ada di dalam aplikasi pengolah kata serta dapat secara otomatis membuat kutipan dan daftar pustaka. EndNote juga mempunyai kemampuan highlight, comment, dan annonation PDF seperti halnya Mendeley. Selain itu dapat mengekspor kutipan perpustakaan dalam bentuk teks biasa, Rich Text Format, HTML, dan XML. Selain itu EndNote memungkinkan penguna untuk berbagi perpustakaan pribadi dengan pengguna lainnya.

EndNote X9 adalah software manajemen referensi yang berlisensi dan dapat dijalankan secara offline. Sofware ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows dan Mac OS X. EndNote X9 memiliki lebih dari 7.000 gaya sitasi untuk mengkutip sebuah referensi dan membuat daftar pustaka, gaya sitasi tersebut sudah tersedia pengguna tidak perlu mendownload untuk menggunakannya. Sistem EndNote X9 sudah bisa terintegrasi dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Open Office, WordPad, TextEdit, Nisus Writer, dan Mellel.

Salah satu kelebihan yang dimiliki EndNote X9 ini adalah pada kapasitas penyimpanan yang tidak ada batasanya, hal ini membuat pengguna lebih leluasa saat menyimpan banyak referensi pada software ini. Kelebihan lain dari EndNote X9 ini adalah dapat menambahkan tipe referensi yang beragam, tidak hanya berupa jurnal, e-book, dan artikel saja, akan tetapi rekaman suara, foto, film, dan lain-lain dapat impor dan ditambahkan pada tipe referensi. Akan tetapi tipe data yang terdeteksi oleh Endnote X9 lebih sedikit dari pada Zotero, yaitu RIS, BibTex, enl, LaTeX, ISICE, Refer/BibIX, Web of Science.

Fitur Terbaru EndNote X9

Jika sebelumnya kamu menggunakan EndNote X8, maka di Endnote X9 kamu akan menemukan fitur terbaru yang akan lebih membantu pengguna saat menyusun sebuah penelitian. Clarivate Analytics menyebutkan bahwa fitur-fitur terbaru dari EndNote mencakup peningkatan kemampuan berbagi referensi, tipe referensi baru, dan peningkatan integrasi dengan Web of Science.

Integrasi dengan Web of Science

Menu create cititation report dan manuscript matcher
Menu create cititation report dan manuscript matcher

Salah satu fitur terbaru yang hadir di EndNote X9 adalah integrasi dengan web of science. Terdapat dua pilihan menu yaitu Manuscript Matcher, menu ini memiliki fungsi membantu pengguna untuk mengetahui jurnal yang paling cocok untuk dijadikan referensi di penelitian yang sedang dilakukan dengan cara membuat daftar saran jurnal yang diinginkan. Menu selanjutnya yaitu Citation Reports, menu ini memiliki fungsi membantu pengguna untuk mengidentifikasi dampak penelitian terhadap bidang studi yang sedang dijalani pengguna, selain itu peneliti juga dapat mengetahui apakah referensi yang dikutip relevan. Pada EndNote X8 pengguna yang ingin masuk ke Web of Science harus membuka halaman baru, tentunya hal tersebut akan menghabiskan waktu dan memutus alur kerja. Sedangkan dengan EndNote X9 pengguna dapat langsung mengakses citation reports Web of Science dengan memilih grup dari desktop.

Gaya Sitasi Baru dan Jenis Referensi Baru

Tipe Referensi pada EndNote X9
Tipe Referensi pada EndNote X9

Fitur terbaru lainnya adalah gaya sitasi baru, di EndNote X9 pengguna dapat memilih gaya sitasi terbaru seperti Chicago, AMA, MLA, dan APA. Jumlah gaya sitasi terbaru dari EndNote X9 ini lebih dari 7.000 gaya untuk membuat kutipan dan daftrar Pustaka. Selanjutnya adanya jenis referensi baru dimana saat menambahkan referensi pengguna dapat memilih tipe referensi baru dari daftar jenis referensi. Tipe referensi baru dari Endnote X9 meliputi forum diskusi, episode TV, media sosial, dan aplikasi multimedia.

Fitur Kolaborasi

Fitur ini terdapat dua menu yaitu Group Sharing, menu ini dapat membantu pengguna untuk membagikan grup yang pengguna buat dalam perpustakaan untuk dibagikan kepada lebih dari 100 pengguna Endnote X7, X8, atau X9 lain. Sehingga orang lain dapat mengakses grup tersebut. Akan tetapi, pengguna dapat memberi batas akses grup kepada pengguna lain dengan hanya membaca atau membaca dan mengedit. Menurut situs Researchsoftware.com pengguna juga dapat melacak dan melihat aktivitas pengguna lain yang sedang mengakses grup tersebut. Menu lainnya yaitu Sharing Permission, saat pengguna ingin membagikan grup yang dibuat dalam perpustakaan pribadinya, pengguna tidak perlu khawatir karena pada fitur ini pengguna dapat memilih hak akses. Hak akses yang berbeda juga dapat ditetapkan untuk pengguna yang berbeda.

Berikut Tabel Perbandingan EndNote Versi X6, X7, X8 dan X9

WORKING FROM A PREVIOUS ENDNOTE VERSION? X6 X7 X8 X9
EndNote Online        
Cross-platform library syncing across desktop, online, iPad® and iPhone®  
Clear and simple Configure Sync option    
New sync configuration options for previous versions and multiple libriaries  
Full text and file attachment storage space   Unlimited Unlimited Unlimited
Number of references in EndNote Online 50K Unlimited Unlimited Unlimited
Manuscript matching and publication recommendations    
Share        
Share specific groups using EndNote desktop      
Share your entire library with read-only or read-and-write access      
Share your entire library with others   with 14 with 100 with 100
Activity feed with shared library member activity    
Learn when new members join the shared library    
Web of Science integrations        
Get Manuscript Matcher suggestions directly from Cite While You Write™ and desktop      
Create a citation report from EndNote desktop with your Web of Science subscription      
Automation and Full Text management        
Recently Added Group, customizable and built into each library    
Automatically find and apply bulk reference updates    
Unified iconography across both Mac and Windows       ✓   ✓
Find full text with one click  
Extraction of DOIs and other embedded metadata from imported PDFs  
Auto-import of PDFs from a folder  
Quick Search with multi-phrase search of all fields, including full text and notes  
Automatically create groups when importing folders and subfolders of PDFs  
Annotate and highlight PDFs in application  
Search PDF text, notes and annotations  
Library systems integration/EZProxy Support
Built in PDF viewer with annotation tools
Cite        
Subheading and category bibliography options in Cite While You Write™ for Microsoft Word®  
Insert citations and references into PowerPoint*  
Hyperlinked In-text citations  
Multiple bibliographies in a single document
Search across external databases
Library systems integration and EZProxy Support
Customize citation styles
Customize        
Personalize display of reference ratings and read/ unread status  
Choose how you’d like your PDF’s renamed in your library  
Optimize screen layout options for widescreen or traditional monitors
Field substitutions in styles
Advanced reference organization with Smart and Combined Groups  
Create or customize your own bibliographic formatting styles
Options when saving a compressed copy of library

Kesimpulannya, jika kamu pengguna yang membutuhkan software manajemen referensi dengan penyimpanan yang tidak terbatas, dan ingin dapat berbagi grup perpustakaan dengan pengguna lain tanpa khawatir dengan hak aksesnya, maka EndNote X9 dapat dijadikan sebagai pilihan. Selain itu yang dapat menjadi pertimbangan pengguna untuk menggunakan EndNote X9 yaitu EndNote memiliki lebih dari 7.000 gaya sitasi yang telah tersedia, dapat mengimpor film, peta, sosial media, episode di televisi, halaman web, online database dan masih banyak lagi. EndNote X9 juga dapat membantu pengguna untuk mencari jurnal yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan.

About the author

Tech User

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *