Saat kebakaran, sistem sprinkler akan mengalirkan air dan otomatis alarm gong akan berbunyi. Ketika alarm gong tidak berfungsi dengan baik, artinya ada masalah. Besar kemungkinan Anda membutuhkan jasa instalasi alarm gong.

Kenapa Anda membutuhkannya? Untuk menemukan jawabannya, ketahui apa itu sistem alarm gong dan bagaimana alarm gong beroperasi.

Apa itu Sistem Alarm Gong

Alarm gong merupakan bagian-bagian fire alarm yang dipasangkan pada dinding yang ditutup dengan pelindung yang ada di dinding luar. Alarm gong akan berbunyi bersamaan dengan pemeriksaan alarm, banjir, katup pereaksi, dan pipa kering secara otomatis.

Ketika alarm gong berbunyi, maka ini sebagai peringatan bahwa sprinkler sedang beroperasi. Sistem ini masih dapat berfungsi meskipun tanpa catu daya karena dioperasikan secara hidrolik.

Lalu bagaimana alarm gong bisa beroperasi ketika air mengalir? Untuk lebih jelas, sebagai jasa instalasi fire alarm Jakarta yang berpengalaman, kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Cara Kerja Alarm Gong dalam Sistem Penyiram Kebakaran

Dalam beroperasi, pada dasarnya alarm gong tidak membutuhkan aliran daya listrik untuk berbunyi. Alarm gong akan terus berbunyi selama sistem sprinkler mengalirkan air untuk memadamkan kebakaran.

Untuk lebih jelas, berikut tahapan-tahapan yang menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi:

  • Ketika instalasi smoke detector mendeteksi adanya api, maka panas yang ditimbulkan akan mengaktifkan sistem sprinkler untuk mengalirkan air.
  • Aliran air akan melalui check atau katup lain dan mendorong clapper sampai terbuka.
  • Aliran air dari port alarm katup akan melewati pipa saluran alarm dan saringan untuk masuk ke dalam saluran masuk motor air.
  • Melalui lubang masuk inilah selanjutnya air akan mengalir melalui nosel. Di mana nosel akan membatasi aliran ke aliran bertekanan yang diarahkan ke impeller.
  • Gaya aliran air tersebut akan membuat impeller dan poros penggerak berputar.
  • Penyebabnya, lengan penyerang pun ikut berputar hingga striker membentur gong dan menghasilkan alarm 90 desibel.
  • Alarm akan berbunyi terus menerus jika nosel menerima setidaknya 5 PSI (0,34 bar).
  • Setelah dari motor air gong, aliran air akan melewati saluran keluar 1 yang ada di bagian bawah rumah impeler.

Selanjutnya air akan dialirkan ke atmosfir atau saluran pembuangan terbuka yang sesuai melalui dinding. Bayangkan jika salah satu komponen mengalami masalah, tentu fungsinya akan terganggu.

jasa instalasi fire alarm

Sekarang Anda tentu sudah memahami kenapa Anda membutuhkan jasa instalasi alarm gong yang berpengalaman. Perawatan secara berkala itu penting, supaya semua komponen pendukung beroperasi dengan baik.