Konsultan Iso 9001 Jasa Sertifikasi Iso Terpercaya

Apakah Anda pernah mendengar sebutan jasa konsultan iso?

Atau mungkin bagi beberapa orang kata-kata tersebut terbilang asing.

Nah tahukah Anda jika sebutan konsultan ISO ini sebenarnya sangatlah terkenal dikalangan pelaku usaha.

Namun bagi Anda yang belum mengetahuinya dan juga ingin menggunakan jasa konsultan iso maka berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Pengertian Konsultan Iso

konsultan iso 9001
ISO 9001 standard for quality management of organizations with an auditor or manager in background

Jasa konsultan iso memang saat ini banyak sekali dan juga mudah sekali untuk Anda temukan.

Namun tahukah Anda jika sebenarnya konsultan Iso ini merupakan orang yang akan membantu Anda dalam memberikan petunjuk mengenai penerapan sistem manajemen pada sutau organisasi atau juga pada perusahaan yang sedang Anda jalankan saat ini.

Nah dengan demikian seorang konsultan Iso ini harus memiliki keahlian yang khusus sehingga nantinya mampu memberikan nasehat dan juga petunjuk untuk Anda.

Dimana biasanya perusahaan yang menyediakan jasa konsultan iso ini harus memiliki tenaga yang ahli dan juga rekam jejak yang sudah profesional dalam menangani berbagai jenis perusahaan.

Selain itu tahukah Anda jika sebenarnya seorang yang menawarkan jasa konsultan iso ia juga harus ahli dalam berbagai bidang, tidak hanya menguasai satu bidang saja, bidang yang ia kuasai bisa saja pada bidang management representative dan masih banyak lagi jenis bidang lainnya.

Iso 9001

Seri awal ISO 9000 rumuskan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) yang pertama kali keluarkan pada tahun 1987 oleh ISO-Technical Committee 176 yang bertanggung-jawab atas acuan dasar standar-standar Sistem Manajemen Mutu.

ISO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan ulang setiap lima tahun, untuk menjamin bahwa ISO 9000 akan menjadi mutakhir dan relevan untuk organisasi.

Revisi telah ia lakukan sejak tahun 1994 terhadap standar ISO 9000, revisi tersebut ialah :

-Adanya satu set prosedur yang mencakup semua proses penting dalam bisnis.

-Sebagai pengawasan dalam proses pembuatan untuk memastikan bahwa sistem menghasilkan produk-produk berkualitas.

-Dan penyimpanan data dan arsip yang penting dengan baik.

-Adanya pemeriksaan barang-barang yang telah diproduksi untuk mencari unit-unit yang rusak, dengan disertai tindakan perbaikan yang benar apabila dibutuhkan.

-Meninjau ke-efektif-an tiap-tiap proses dan sistem manajemen mutu itu sendiri.

Latar Belakang Training Iso 9001

ISO 9001 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, mana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut tentukan atau spesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

ISO 9001 merupakan penyempurnaan dari Konsultan ISO 9001.

Organisasi yang telah sertifikasi menggunakan standard ISO 9001 dapat perbaharui sertifikatnya dengan menggunakan standard ISO 9001.

Setiap perusahaan bertujuan untuk mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis.

Adanya tuntutan konsumen, tuntunan persaingan dan peningkatan kinerja, butuhkan suatu system manajemen yang berkualitas, terorganisir dan sistematik.

ISO 9001 merupakan standar sistem manajemen Mutu bukan manajemen Produk, tetapi produk yang hasilkan dari suatu system manjemen yang berkualitas akan meghasilkan produk dan kualitas layanan yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

Manfaat bagi perusahaan dapat meningkatkan kinerja operasional secara signifikan melalui peningkatan efesiensi, produktivitas dan perbaikan terus menerus, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempertinggi posisi organisasi dalam persaingan pasar.

Manfaat bagi Konsumen dapat memperoleh produk dan jasa bermutu sesuai dengan harapan konsumen dan Manfaat bagi karyawan yaitu meningkatkan kepuasan karyawan dalam bekerja dan menumbuhkan proses pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja.

Sebelumnya Training ISO 9001 ini akan mengarahkan dan memberi kepahaman kepada peserta dalam menyiapkan dan menyusun dokumentasi yang teruji sebagai dasar penerapan dan evaluasi, serta strategi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 bagi perusahaan yang berkomitmen menghasilkan produk dan layanan bermutu serta kinerja yang tinggi.

ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001:2015 merupakan standar ISO bidang Sistem Manajemen Mutu yang merupakan hasil revisi dari seri sebelumnya. Suatu lembaga / organisasi yang telah mendapatkan akreditasi ISO (pengakuan dari pihak lain yang independen), dapat katakan telah memenuhi standar persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk / jasa yang hasilkannya.

Persyaratan ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu adalah dokumen dari sekitar 30 halaman yang sediakan oleh Badan Standarisasi Nasional masing-masing negara.

ISO 9001 secara langsung diaudit untuk tujuan penilaian pihak ketiga.

Persyaratan ISO 9001 adalah sebagai berikut :

  • Ruang Lingkup
  • Acuan normatif
  • Istilah dan definisi
  • Konteks organisasi
  • Kepemimpinan
  • Perencanaan
  • Dukungan
  • Operasi
  • Evaluasi Kinerja
  • Peningkatan

ISO 9001 dapat terapkan pada berbagai perusahaan / organisasi besar atau kecil, dalam segala aktifitas suatu sektor, apapun produk dan layanannya, perusahaan bisnis atau layanan publik atau departemen pemerintahan.

Sistem manajemen menjadi acuan pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah kita tetapkannya sendiri, seperti memenuhi persyaratan mutu pelanggan, menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku, atau tujuan terhadap lingkungan.

Manfaat Penerapan ISO 9001

  1. Menetapkan standar dan membakukan proses kerja serta penanggung jawabnya;
  2. Memastikan standar kerja tetap pada perusahaan, bukan pada individu karyawannya;
  3. Memastikan proses tetap berkelanjutan, walaupun ada perubahan personel;
  4. Sebagai alat bantu training untuk karyawan baru;
  5. Menghindari perubahan tanpa adanya pemberitahuan;
  6. Sebagai referensi dan bukti tertulis yang standar sehingga proses bisa diaudit;
  7. Digunakan untuk mengembangkan organisasi;Memenuhi kebutuhan pasar.
  8. Dapat menuangkan kebijakan-kebijakan dalam dokumen ISO 9001.
  9. Mampu bekerjasama dan mendukung Wakil Manajemen.
  10. Dan merencanakan langkah-langkah pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001.
  11. Mampu mengidentifikasi sumber daya & kemampuan yang dibutuhkan sistem manajemen mutu ISO 9001.

Struktur  ISO 9001:2015

Seperti yang dapat kita harapkan, ISO 9001 update akan modelkan struktur tingkat tinggi dan ISO telah mengembangkan bahasa yang umum kita gunakan oleh semua sisitem manajemen ISO yaitu Annex SL , sekarang wajib untuk semua standar sistem manajemen internasional untuk mengikuti ketentuan Annex SL

Struktur dari ISO 9001:2015 adalah sbb :

1. Scope
2. Normative Reference
3. Term And Definition
4. Context The Organization
5. Leadership
6. Planing To The Quality Management Sysytem
7. Support
8. Operation
9. Performance Evaluation
10. Improvement

Dengan perubahan yang saat ini sedang kita sempurnakan dan selesaikan, jelas bahwa konten baru yang akan membentuk dasar dari ISO 9001: 2015 akan memiliki dampak yang jauh lebih besar pada organisasi.


Biaya Konsultasi & Sertifikasi ISO 9001

Tidak ada harga yang baku dalam menentukan besaran biaya konsultasi & biaya sertifikasi ISO 9001 tapi dapat kita perkirakan sekitar Pendaftaran peserta: Rp. 4,000,000,- (EmpatJuta Rupiah), konsultan ISO 9001 perlu menilik beberapa acuan seperti:

  • Ukuran organisasi
  • Banyaknya karyawan
  • Banyaknya cabang
  • Lokasi perusahaan
  • Scope perusahaan
  • Target waktu

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 9001?

Semua tergantung dari kesiapan organiasi, dan proses yang sudah berjalan dalam organisasi pun menentukan lamanya waktu yang ia butuhkan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Meskipun begitu, Konsultan ISO 9001 dapat menyelesaikan tugasnya rata rata dalam waktu 3 s/d 4 bulan saja.

Perusahaan atau organisasi berhak mencantumkan label “ISO 9001 Certified” atau “ISO 9001 Registered” setelah audit dan sertifikasi oleh lembaga standarisasi internasional sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001.

Sebagai catatan, seri ISO 9001, seri ISO 9002 dan seri ISO 9003 telah integrasikan menjadi ISO 9001.

Kebanyakan, sebuah organisasi yang menyatakan bahwa ia“ISO 9001 Registered” biasanya merujuk pada ISO 9001:2015.