Software merupakan bagian penting dalam sebuah komputer. Tanpa software komputer tidak akan berjalan dengan baik. Ada beberapa macam software pada komputer, apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Macam – macam Software yang Ada di Komputer

Inilah macam – macam software yang ada di komputer

Sistem Operasi

Software yang pertama adalah sistem operasi. Software yang satu ini dapat dikatakan keberadaannya sangat vital dalam penting. Karena tanpa menggunakan sistem operasi, komputer tidak dapat dijalankan.
Sistem operasi berguna untuk mengatur hardware, memberi perintah pada processor, memastikan perangkat lunak menjalankan tugasnya dengan baik, dan masih banyak lagi fungsi dari jenis software yang satu ini. Contoh dari sistem operasi yaitu microsoft Windows, Linux, Unix, dan sebagainya.

Sumber: Jasa setting mikrotik

Software Pengolah Kata

Software yang satu ini digunakan untuk tulis menulis, contoh software pengolah kata yang terkenal adalah microsoft word. Aplikasi ini mempunyai berbagai kelebihan, ditambah dengan fiturnya yang lengkap.

savam

Contoh lain dari software pengolah kata adalah Corel Wordperfect yang harganya relatif lebih murah bila dibandingkan Word. Selain itu ada pula star office Writer yang bersifat multiplatform karena dapat digunakan pada aplikasi lain.

Software Pengolah Angka

Software yang satu ini banyak digunakan untuk perhitungan angka-angka. Biasa digunakan untuk menemukan rumus penjumlahan, pembagian, pengurangan dan perkalian.

Contoh software yang terkenal adalah Excel, selain itu ada juga Lotus 123 yang memiliki fitur lengkap serta dapat bertukar file dengan platform lain.

Software Anti Virus

Software yang satu ini digunakan untuk melindungi perangkat dari serangan virus. Dengan cara mendeteksi dan menghapus virus yang masuk dalam komputer. Software anti virus ini bekerja dengan cara memindai file di komputer.

Contoh software anti virus yaitu Avira, Norton, McAfee Secure, Smadav dan masih banyak lagi software anti virus lainnya.