Pantangan makanan untuk penderita batu ginjal — Bila anda memiliki penyakit batu ginjal untuk pencegahan nya itu harus efektif mulai dari pantangan makanan yang masuk kedalam tubuh. Makanan untuk penderita penyakit batu ginjal harus diperhatikan karena banyak pantangannya.

 pantangan makan untuk batu ginjal
Makanan tinggi oksalat merupakan pantangan yang wajib dihindari untuk penderita batu ginjal

Sebelum membahas pantangan makanan untuk penderita batu ginjal kita harus mengenali dulu apa itu batu ginjal?

Apa itu batu ginjal


Penyakit Batu Ginjal merupakan penyakit yang terjadi pada saluran kemih dimana dalam saluran kemih terdapat batu sehingga merasakan nyeri, pendarahan dan akan terjadi penyumbatan pada saluran kemih atau infeksi. Maka untuk itu lah bagi anda penderita batu ginjal harus memilih makanan yang baik. Karena dalam makanan ada yang tak boleh bagi penderita batu ginjal. Kunjungi dokter urologi terdekat agar anda bisa mengetahui apakah ada batu ginjal atau tidak

Penyebab batu ginjal yang menjadi pantangan makanan bagi pasien batu ginjal


Pengkristalan cairan di dalam ginjal bisa terjadi karena ada pangaruh kesehatan atau pun makanan yang di konsumsi sehingga terjadi pengkristalan. Dan berikut beberapa penyebab batu ginjal yang mungkin untuk terjadi :


Minuman berkafein


Jika minum minuman yang memiliki kandungan kafein di dalam nya maka bisa menjadi penyebab batu ginjal. Karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu banyak tidak baik untuk ginjal, sehingga kafein dapat menjadi penyebab batu ginjal.


Makanan instan


Makan makanan instan pun dapat menjadi penyebab batu ginjal. Sehingga jika terlalu sering makan makanan yang instan atau cepat saji maka dapat memiliki batu ginjal.

Kalsium terlalu tinggi


Penyebab batu ginjal juga bisa diakibatkan jumlah kalsium berlebih. Sehingga jika mengkonsumsi makan makanan olahan susu terlalu banyak dapat menjadi penyebab batu ginja


Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Batu Ginjal

Hal ini tidak selalu tahu mengapa pasien memiliki batu ginjal. Makanan tertentu dapat mempromosikan pembentukan batu ginjal pada orang tertentu, tetapi tidak semua orang akan menderita batu ginjal dari itu harus teliti dalam memilih makanan yang .

Jenis batu ginjal yang terbentuk dapat menentukan pembatasan diet, jika ada, dokter mungkin menyarankan. Pasien yang rentan terhadap pembentukan batu oksalat kalsium mungkin akan diminta untuk membatasi atau menghindari makanan yang mengandung oksalat. Makanan yang mengandung jumlah tinggi oksalat adalah rhubarb, bayam, bit, lobak Swiss, bibit gandum, kerupuk kedelai, kacang tanah, okra, coklat, teh India hitam, dan ubi jalar.

Makanan yang dianggap memiliki jumlah media oksalat adalah bubur jagung, anggur, seledri, paprika hijau, raspberry, kue buah, stroberi, selai, dan hati. Secara tradisional, orang-orang yang membentuk batu kalsium diberitahu untuk menghindari produk susu dan makanan lain dengan kandungan kalsium yang tinggi. Namun, studi terbaru oleh dokter andika afriansyah, dokter urologi bekasi, menunjukkan bahwa makanan tinggi kalsium dapat membantu mencegah batu kalsium, meskipun mengonsumsi suplemen kalsium dapat meningkatkan risiko pengembangan batu.

Seorang pasien mungkin perlu untuk makan ikan tetapikurangi masanya, daging, atau unggas jika urin mereka sangat asam. Minum banyak cairan, khususnya air, yang dapat mencegah batu ginjal.