Cara Membuat Dropdown List di Excel mungkin terdengar seperti proses yang rumit dan sulit. Namun, sebenarnya membuat drop down list di excel itu sangat mudah dan tidak serumit dengan apa yang dibayangkan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah untuk bisa membuatnya.

Drop down list atau disebut juga combo box merupakan fitur yang ada di aplikasi mengelola data Microsoft excel yang berfungsi untuk memudahkan input data dari daftar yang sudah sehingga dapat mengantisipasi kesalahan pengetikan data dan mempercepat proses input data agar data menjadi valid.

Membuat Drop Down List dengan input data Validation secara Langsung

  1. Langkah pertama pilih dan blok sell yang ingin anda buat untuk dropdown list.
  2. Selanjutnya anda pilih tab menu Data >> Data Validation atau anda juga bisa menggunakan shortcut dengan nekan tombol ALT + A + V pada keyboard
  3. Setalah anda anda pilih data validation maka akan muncul halaman box data validation
  4. Lalu anda pilih List dikolom dropdown Allow
  5. Kemudian pada kolom Source, isikan dengan daftar list yang ingin anda masukan dengan dipisahkan koma atau titik koma sesuai dengan excel di laptop anda.
  6. Selanjutnya jangan lupa centang Ignore_blank untuk membolehkan dropdown tidak diisi atau kosong dan In-cell dropdown untuk membuat list berbentuk dropdown.
  7. Setelah anda ikut langkah diatas, lalu yang terakhir klik tombol OK maka anda sudah berhasil membuat dropdown list

Lebih lengkapnya simak di Cara Membuat Dropdown List di Excel