Contoh bikin CV Sederhana

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah gambaran diri Anda.  CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.  Keberadaan CV sangatlah penting karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita.  Ibaratnya apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam self-branding dan memasarkan keahlian diri sehingga kita terpilih menjadi orang yang tepat dalam mengisi posisi kerja yang dibutuhkan.  Memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman Anda.

untuk membuat CV kamu bisa pakai ms. word atau aplikasi lainnya.. caranya mudah dan simple tentunya setiap dari kamu pasti bisa..

memang sedikit membutuhkan kreativitas untuk membuatnya.. namun saya yakin setiap orang mampu dengan kreativitasnya masing-masing.

berikut cuplikan cv saya..

screen-shoot-trio

dan bisa di tambah kartu nama, hal ini untuk menambah relasi saat bertemu dengan orang yang baru kita kenal..

kartu-nama-biru

full tampilannya silakan download di link berikut .. http://bit.ly/2hZd3Cz

mengenai Tower Crane

Assalamualaikum wr wb.

Semangat pagi..

semoga keselamatan selalu bersama, dalam segala aktivitas  dimanapun kita berada. 

saya akan share sedikit informasi soal crane dan sekilas mengenai pemasangan crane. Setiap kali berada di sebuah lokasi proyek, kita pasti dapat melihat sebuah struktur kokoh yang terbuat dari baja yang berdiri tinggi menjulang. Itulah Tower Crane. Tower crane berfungsi sebagai alat angkat alat dan bahan material seperti mesin-mesin konstruksi, beton, besi, bekisting dan lain sebagainya. Karena besar dan fungsinya inilah tower crane merupakan alat berat dalam pekerjaan konstruksi.

Ketika kita melihat sebuah tower crane bekerja, mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita: bagaimana caranya tower crane berdiri setinggi itu, dan tentu saja tambah tinggi lagi? Berapa besar berat yang mampu diangkat oleh tower crane? Bagaimana cara tower crane bekerja? Nah disinilah akan anda temukan jawaban singkat masalah di atas.

tentunya ada video agar lebih tahu gambaran soal pemasangan crane. (di bawah)

Bagian-Bagian Tower Crane

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai bagian-bagian dari sebuah tower crane.

Sebuah tower crane setidaknya terdiri dari 3 bagian:

1.       Pondasi


Bagian ini berfungsi meneruskan beban dari tower crane ke tanah keras dan sebagai penahan agar tower crane tidak jatuh. Pada bagian inilah kaki tower crane dibaut pada pondasi beton yang masif dan besar.

2.       Tiang/standard section


Bagian ini merupakan bagian vertikal dari tower crane yang bisa terus tumbuh seiring dengan kebutuhan proyek. Pada bagian ini terdapat tangga vertikal yang dibagi per section yang nantinya akan digunakan oleh operator untuk naik ke atas.

3.       Unit yang berputar

Bagian ini terdiri dari 3 bagian:

a.       Horizontal jib

Horizontal jib adalah bagian horizontal dari sebuah tower crane yang panjang dan berfungsi sebagai bagian pengangkat beban. Disebut pula sebagai hoisting jib atau working jib.

b.      Machinery jib

Pada bagian inilah terdapat motor penggerak tower crane, alat elektronik dan sebuah beton masif yang berfungsi sebagai counter balance. Oleh karena itu sering pula disebut counter balance jib.

c.       Operator’s cab

Tempat dimana operator bekerja. Cab ini haruslah memiliki jendela besar untuk memastikan operator memiliki pandangan penuh terhadap lokasi konstruksi. Mengingat letaknya yang tinggi, cab ini juga sebaiknya dilengkapi dengan AC dan perlengkapan lainnya.

Berapa besar beban yang mampu diangkat sebuah tower crane

Tipikal tower crane memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Tinggi maksimum berdiri sendiri – 265 kaki (80 meter)

Tower crane bisa saja memiliki tinggi lebih dari 80 meter hanya jika tower crane dipegang/digantungkan pada bangunan sehingga bisa tumbuh seiring dengan bertambah tingginya bangunan proyek

  • Jangkauan maksimum – 230 kaki (70 meter)
  • Daya angkat maksimum – 18 metric ton, 300 tonne-meter
  • Counterweight – 20 ton

Daya angkat maksimum tower crane adalah 18 ton tetapi tower crane tidak boleh mengangkat beban sebesar itu pada ujung terjauh jib nya. Semakin dekat posisi beban yang diangkat dengan tiang tower crane, semakin besar beban yang dapat diangkat dengan aman. Oleh karena itu pembebanan tower crane mengikuti prinsip 300 tonne-meter. Maksudnya apabila beban berada sejauh 30 meter dari tiang, maka beban yang diperbolehkan sebesar 10 ton. Apabila beban berada sejauh 50 meter, maka beban yang diperbolehkan sebesar 6 ton.

Tower crane dilengkapi dengan dua tombol limit untuk memastikan operator tidak mengangkat beban berlebih:

  • Tombol beban maksimum memonitor tarikan pada kabel dan memastikan beban tidak melebihi 18 ton
  • Tombol momen beban memastikan operator tidak melebihi prinsip tone-meter ketika beban digerakkan pada jib.

Mengapa tower crane tidak jatuh?


Elemen pertama yang memastikan stabilitas tower crane adalah pondasi beton besar yang telah dicor terlebih dahulu. Pondasi ini biasanya memiliki ukuran 10 x 10 x 1.3 meter (tapi tergantung pula tipe tower crane yang akan digunakan). Ada pula tipe tower crane yang mampu menghemat beton pondasi dengan memiliki 4 pondasi yang lebih kecil yang akan mendukung beban dari masing-masing kaki tower crane. Baut besar tertanam di dalam pondasi ini.

Bagaimana tower crane dipasang dan terus bertambah tinggi?

Tahap pertama, dengan bantuan mobile crane bagian horizontal jib dan machinery disambung dan diletakkan di atas dua pondasi beton. Kemudian mobile crane menambahkan counterweight. Sedangkan bagian vertikal tower crane dipasang dengan bantuan mobile crane juga.

Tahap kedua, untuk mencapai ketinggian maksimum, tower crane tumbuh sendiri. Disini digunakanlah top climber atau climbing frame. Berikut prosesnya:

1.       Tower crane mengangkat sebuah beban pada jib untuk menyeimbangkan counterweight.

2.       Teknisi melepas unit berputar dan dengan sebuah mesin hydraulic pada top climber akan mendorong unit berputar naik setinggi 20 kaki (6 meter).

3.       Operator menggunakan crane untuk mengangkat satu section vertikal dari tower crane dan mengisi kekosongan yang ada di dalam top climber. Ketika selesai dipasang dan dibaut, maka tower crane telah bertambah tinggi satu section.

Kangen KOCAK (K3 Ayo Muncak)

c360_2015-03-21-16-29-39-347

selamat malam guys, saya disini bersama kalian dengan penuh semangat dan harapan. untuk hidup dan memahami kehidupan yang ada. untuk selalu tanpa pantang menyerah dan menjadi yang terbaik. berusaha dalam batas ketidak tahuan untuk menembusnya dan mengubahnya menjadi deskripsi yang indah dan bisa dipahami.

kalian yang suka naik gunung, pernah terfikir untuk berhenti naik lagi dan kapok? saya yakin jarang.

saya disini akan membagikan pengalaman naik gunung dengan teman2 kampus. kita dari program studi D4 K3 UNS, mempersembahkan KOCAK (K3 ayo Muncak) sejak dimulainya pendakian pertama gunung di jawa tengah hingga sekarang sudah beberapa kali kami bersama-sama naik ke puncak..

pengalaman dan serunya kebersamaan memberikan arti persahabatan yang pastinya akan kita kenang nanti di hari tua..

berikut link videonya http://bit.ly/2fgj51m

bagi yang belum pernah naik gunung, saya rekomendasikan untuk mencoba petualangan ini. tentunya dengan teman yang sudah ahli dalam bidangnya. akan anda rasakan kemegahan penciptaan alam dengan bukti-bukti yang dapat kalian saksikan dari atas puncak.. Continue reading Kangen KOCAK (K3 Ayo Muncak)

4 taun neng solo yo dolan” o rek

yo, kali iki aku njedul nganggo boso indonesia karo boso jowo yo rek. yo, sadurunge mbahas seng arepe di bahas. iki aku arepe ngenalke sek, opo kui solo utowo surakarta.

dadi kutho solo kui jarene simbah2 mbiyen asale soko deso seng jenenge “solo” mocone o= sogok. yoiku deso neng tengah-tengah kuto iki desone cilik ora patio gedhe. la banjur ono kerajaan seng saiki jumeneng surakarta iki manggon neng deso kono mau. mulo di jenengke solo/surakarta.

la saiki opo wae seh panggon-pangon seng iso di tuju nek kowe merantau neng solo. yo iki mono daftar e:

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal. onone neng sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. panggone air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ora adoh tekan kutho solo, yo gur sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah 18,000 Rupiah per orang.

2. Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru

Pandawa Water World Solo Baru adalah sebuah wahana wisata air yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Solo yang terkenal. Berlokasi di Solo Baru, Pandawa Water World Solo Baru menawarkan pengalaman bermain air yang menyenangkan bagi keluarga anda dengan fasilitas lengkap sehingga cocok untuk semua umur. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah 50,000 Rupiah pada hari Senin sampai dengan Jumat, dan 100,000 Rupiah pada hari Sabtu, dan Minggu.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.

4. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah tempat wisata di Solo yang murah meriah. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga 10,000 Rupiah, wisatawan sudah dapat berkeliling menikmati koleksi benda kono di museum, dan juga berfoto dengan prajurit penjaga Keraton Surakarta. Benda yang paling menarik yang dipamerkan di Keraton Surakarta menurut saya adalah kereta kencana.

5. Tugu Lilin

Tugu Lilin

Tugu Lilin

Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.

6. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah alternatif tempat wisata alam yang terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog tidak kalah indah dari air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu. Berjarak sekitar 40 KM dari kota Solo, Air Terjun Jumog menawarkan wisata alam dengan panorama indah dan harga yang murah. Cukup dengan 5,000 Rupiah anda sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Jumog dan bermain air di bawah air terjun tersebut.

7. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

8. Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman

Kampoeng Batik Kauman adalah salah satu tempat wisata di Solo dalam kategori wisata belanja. Kampoeng Batik Kauman merupakan pusat kerajinan batik yang berlokasi dekat dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo. Produk batik di Kampoeng Batik Kauman rata-rata mempunyai warna gelap dengan motif modern. Produk batik Kampoeng Batik Kauman sudah terkenal di dunia, banyak orang luar negeri yang berlangganan membeli batik di Kampoeng Batik Kauman. Harga batik di Kampoeng Batik Kauman dapat mencapai jutaan Rupiah.

9. Pasar Klewer

Pasar Klewer

Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya. Berlokasi di sebelah alun-alun Solo, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis batik di Pasar Klewer, mulai dari batik buatan dalam negeri, hingga batik buatan luar negeri. Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian pedagang di Pasar Klewer juga mulai menjual pakaian selain batik, misalnya seragam sekolah, dasi, jaket, kaos, dan juga jasa jahit sesuai permintaan pelanggan.

10. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran adalah sebuah museum unik yang mempunyai koleksi berupa fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Dengan lebih dari 13,000 koleksi fosil manusia purba, Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum manusia purba yang paling lengkap di Asia. Selain itu, Museum Manusia Purba Sangiran juga mempunyai koleksi lain berupa fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

 

yo iku ngono mau rek sebagian wisata kutho solo. suwun yo wes mampir . iki aku neruske utowo sambung lidah wae yo.. kutipane kui mau kajupuk tekan:

10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

kuliah utama, bisnis nomer satu

 

jualan

 

kamu ingin tidak membebani orang tua lebih berat lagi, ingin mencari pengalaman lebih banyak tentunya bisnis dapat menjadi alternatif jalan untuk di kerjakan. jika kamu ingin memulai bisnis dengan statusmu sebagai pelajar atau mahasiswa. mungkin di bawah ini dapat menjadi pilihanmu untuk mencobanya:

1. Bisnis pulsa elektrik
Modal bisnis sangat minim, Biasanya bisnis ini banyak dipilih sebagian besar mahasiswa. Selain simpel dan mudah untuk dilakukan, bisnis ini mendatangkan keuntungan yang lumayan jika anda dapat mengelolanya dengan baik. Untung dalam sekali penjualan pulsa berkisar antara 500 sampai 1500 rupiah. Jadi misalnya saja 10 orang teman anda membeli pulsa pada anda, tinggal dikalikan saja dengan untungnya yang hasilnya adalah 5000-10.000 rupiah. Nah, jika anda pandai mengelolanya secara konsisten dan jangka panjang, dijamin keuntungannya dapat berkali lipat.
Peluang usaha bagi mahasiswa selanjutnya yaitu online shop. Menjual berbagai macam jenis baju seperti kemeja, T-shirt, dan blazer serta celana atau rok dan juga pernak-pernik seperti kacamata, ikat pinggang, gelang, atau ada juga yang menjual aneka sepatu mulai dari jenis sepatu kets sampai flatshoes atau high heels dan sebagainya kepada teman-teman seperjuangan anda di kampus tampaknya harus anda pertimbangkan sebagai sebuah bisnis yang cukup menjanjikan.
3. Memberi les privat
Berikan pelajaran tambahan atau yang dikenal sebagai les privat bagi beberapa orang anak baik SD, SMP, SMA yang tergantung pada kemampuan anda. Misalnya saja anda kuliah di jurusan eksak atau science, maka anda dapat memberikan pelajaran seperti biologi, kimia atau fisika. Bisa juga anda memberikan pelajaran yang bersifat umum seperti matematika dan bahasa Inggris. Usaha yang satu ini dapat membawa keuntungan ganda bagi anda yang menjalankannya. Keuntungan yang pertama tentu saja usaha ini menambah uang saku anda, sedangkan keuntungan kedua adalah dimana dalam mengajar, anda harus menguasai materi apa yang anda ajarkan. Jadi secara otomatis anda sendiri juga harus belajar bukan?
4. Menjual makanan kecil
Menjual makanan kecil di kampus khususnya di ruang kelas pada saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat diantaranya seringkali dapat menjadi peluang usaha bagi mahasiswa. makanan kecil berupa kue, snack, dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika mengikuti kuliah. Jadi usaha ini cukup baik untuk dijalankan apalagi jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah.
 
Mahasiswa dan kuliah identik dengan berbagai macam tugas seperti makalah dimana sebagian besar dalam pengerjaannya menggunakan laptop atau komputer. Mungkin ada beberapa orang teman anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengetik, maka anda yang khususnya mempunyai keahlian mengetik dapat melihat hal ini sebagai peluang bisnis. Bukalah suatu jasa pengetikan kecil-kecilan lengkap dengan jasa printnya, lalu promosikan di lingkungan sekitar kampus. Pekerjaan yang tergolong sederhana.
6. Bimbingan belajar
Kecuali untuk orang-orang yang cuek dengan prestasi dan asal kuliah, selalu akan ada mahasiswa yang mencari bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah yang mereka anggap sulit demi grafik Indeks Prestasi yang stabil. Anda bisa memanfaatkan celah ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Dirikan sebuah layanan bimbingan belajar yang membantu mereka ini. Anda bisa melakukan pembimbingan sendiri atau mempekerjakan orang lain atau sesama rekan mahasiswa yang Anda anggap kompeten dalam bidang yang diberikan.
Jangan membatasi diri untuk hanya belajar aspek akademis. Saat menjalankan usaha, Anda juga perlu memperluas hingga bidang non-akademis, misalnya memberikan bimbingan bagi mereka yang hendak memiliki surat izin mengemudi, belajar olah vokal, basket, bermain gitar dan sebagainya. Yang terpenting adalah Anda memiliki kesabaran ekstra dalam membimbing.
Anda bisa memulai bisnis online dari kamar tidur. Anda bisa membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif meski Anda harus mengikuti perkuliahan.
Jika situs atau blog Anda sudah mendapat tempat di hati pembaca dan banyak dikunjungi, coba tawarkan ruang untuk beriklan di halaman utamanya, atau iklan dalam berbagai bentuk kepada perusahaan besar yang memiliki relevansi dengan konten yang Anda muat. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa dikenal oleh pembaca situs/ blog dan Anda bisa menikmati keuntungan.
Dengan semakin banyaknya orang yang bisa mengakses internet, peluang usaha semacam ini juga makin terbuka lebar. Jika Anda seorang mahasiswa yang suka menulis atau menyukai dunia maya untuk berinteraksi dan menuangkan gagasan, cobalah peluang ini. Syaratnya diperlukan ketelatenan dan displin diri yang keras untuk membangunnya setiap hari. Meski mudah memulainya, keberhasilan dalam bisnis online (seperti halnya bisnis di dunia nyata) memerlukan waktu dan tenaga. Jadi jangan  berharap bisa meraup untung dalam waktu singkat dengan sedikit kerja keras.
8. Jual beli dan simpan pinjam buku bekas
Siapa yang tidak butuh buku murah jaman sekarang? Saat biaya pendidikan semakin membubung, peserta didik dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang kurang mampu terus terbebani.
Siswa dan mahasiswa selalu membutuhkan buku teks dan Anda bisa memberikan mereka buku teks yang lebih murah dari yang baru tanpa mengorbankan fungsinya dalam menunjang proses belajar.
Anda bisa membeli buku bekas yang masih layak digunakan dengan harga yang murah dari para pengumpul buku atau dari rumah ke rumah. Atau Anda bisa juga merancang sebuah program pertukaran buku yang memfasilitasi para peserta didik yang ingin menemukan buku atau meminjamkan buku yang sudah tidak mereka butuhkan lagi. Anda bisa menjual buku-buku bekas tersebut.
9. Menyusun catatan kuliah
Anda ingin berbisnis tetapi tidak mau ketinggalan mata kuliah yang diajarkan? Mudah saja, kenapa tidak membuat sebuah catatan perkuliahan yang Anda bisa jual kepada teman-teman yang malas mencatat atau merangkum materi yang disampaikan dosen? Anda bisa menetapkan tarif untuk setiap lembar catatan yang Anda miliki. Tawarkan juga potongan harga bagi yang sudah menjadi langganan. Asyik bukan?
10. Koran/situs kampus
Mungkin Anda pernah menemukan beberapa situs warta kampus atau koran kampus yang konvensional. Nah, tugas Anda adalah bagaimana membuat sebuah situs atau blog atau media kampus yang lebih mengerti aspirasi dan keinginan masyarakat kampus. Anda bisa mengajak beberapa teman untuk mendirikan blog atau situs yang menyediakan berbagai macam informasi yang sering terlupa dan remeh tetapi penting dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa.
Misalnya, tempat kos yang nyaman dan murah, daftar rumah makan atau katering yang terjangkau tetapi sehat dan bergizi, atau cara berobat hemat ke poliklinik kampus atau perawatan kesehatan lain yang jarang terlintas di pikiran kita tetapi terbukti sangat berguna bila tersedia di Internet. Isu terbaru di lingkungan kampus atau kebijakan rektorat yang patut disebarluaskan pun bisa menjadi magnet bagi para pembaca agar senantiasa mengunjungi situs. Saat sudah ramai, Anda bisa mengembangaknnya menjadi bisnis yang menguntungkan dengan memasang iklan, membangun komunitas yang loyal, meluncurkan layanan atau produk, dan sebagainya.
11. Lowongan kerja
Ide ini mungkin tak terpikir bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Tapi memang cara untuk berhasil adalah dengan membantu orang lain berhasil. Dan cara untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan membantu rekan-rekan Anda untuk mendapatkan pekerjaan!
Sudah kita ketahui bersama bahwa mahasiswa sering harus menyiasati keadaan keuangan mereka sehingga mau tak mau harus mencari kerja di luar waktu belajar mereka agar tetap bisa menjalani studi dan membayar biaya hidup sehari-hari. Anda bisa membangun kerjasama dengan beberapa perusahaan dan memberikan mereka beberapa kandidat pekerja mahasiswa yang memenuhi kualifikasi.  Tak hanya untuk mereka yang berijazah S1, Anda bisa juga membidik orang-orang dengan ijazah SMA atau bahkan SD sekali pun karena justru mereka inilah yang paling membutuhkan bantuan.
Angkat tangan Anda jika semasa kuliah Anda kewalahan harus mencuci sendiri pakaian kotor Anda. Menjalani perkuliahan yang padat dan mengerjakan tugas-tugas dan makalah sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Dan ditambah pekerjaan mencuci dan menyeterika pakaian, semua ini seolah tak ada habisnya.
Bagi mahasiswa yang tinggal di kos, lebih praktis untuk menggunakan jasa laundry yang terjangkau daripada harus membeli deterjen, mencuci dan menyeterika semua pakaiannya sendiri. Terutama di musim-musim ujian, bisnis semacam ini bisa menuai banyak untung.
13.  Jasa desain grafis untuk presentasi dan laporan. Bagi Anda yang merasa senang dan menikmati seni desain dan presentasi yang bagus, dan merasa punya keahlian disitu, tawarkan lah jasa desain grafis ini kepada mahasiswa lain atau bahkan mungkin dosen.
14.  Jasa tour. Bagi mahasiswa yang suka dengan wisata alam ataupun melakukan perjalanan jauh, serta memiliki bakat dalam merencanakan perjalanan, kumpulkan mahasiswa lain dan buatlah paket wisata ke luar negeri ataupun wisata lokal untuk liburan. Bisnis mahasiswa ini bisa menguntungkan Anda, selain dapat keuntungan berupa uang, juga dapat ikut merasakan liburan sambil wisata.
15.  Kelompok pertunjukan seni. Jika Anda pelajar atau mahasiswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam pertunjukan seni seperti music, tari, atau drama, mulailah bentuk kelompok, dan ikuti acara-acara yang dapat mengembangkan minat Anda tersebut.
16.  Jasa perawatan hewan peliharaan. Mempunyai hobi dan suka dengan berbagai hewan peliharaan dapat menjadi peluang bisnis pelajar ataupun bisnis mahasiswa. Saat ini banyak orang memiliki hewan peliharaan tapi terkadang tidak punya waktu untuk merawat. Ambil peluang itu.
17.  Jasa fotografi dan video. Jika Anda punya pandangan bagus dalam menyusun adegan ataupun gambar, pertimbangkan untuk memulai bisnis ini. Tawarkan pada mahasiswa lain yang ingin mempromosikan bisnisnya dengan foto atau video.
18.  Layanan jual barang bekas. Tawarkan jasa menjual barang pada teman-teman Anda yang mempunyai barang bernilai tapi sudah tidak digunakan lagi dan tidak punya cukup waktu untuk menjualnya. Buat kesepakatan bagi hasil dan ambil keuntungan dari itu.
19.  Bisnis T-shirt. T-shirt yang keren adalah yang terlihat muda, sederhana, dan ini menjadi penampilan umum bagi sebagian besar mahasiswa. Buatlah desain yang unik dengan kata-kata atau gambar lucu. Tawarkan juga desain kemeja untuk organisasi di kampus. Maka ini akan jadi bisnis besar.
20.  Jasa training personal. Punya tubuh atletis dan sporty? Mulailah memberi konsultasi pada teman-teman Anda dan ajak mereka berlatih bersama Anda. Motivasi mereka agar bisa menjadi seperti Anda dan ambil keuntungan dari sana.
Sebagai tambahan dari 20 ide bisnis pelajar dan bisnis mahasiswa di atas, ada 5 tips dan Trik singkat untuk sukses dalam berbisnis:
1.  Inovasi itu baik, tapi jangan berlebihan. Jangan berpikir untuk menyaingi Facebook, mulailah dengan yang sederhana tapi menghasilkan keuntungan.
2.  Pilihlah ide bisnis yang mempunyai segmen dan target pasar yang jelas dan sangat membutuhkan atau menginginkan apa yang Anda jual.
3.  Setelah modal dua juta rupiah atau berapapun modal awal Anda, jangan keluarkan uang lagi untuk bisnis mahasiswa ini. Ini untuk mengukur kesuksesan. Sebuah bisnis harus bisa menghidup diri sendiri dan bisa membayar Anda. Jadi setelah mulai, bisnis harus bisa menghasilkan investasi untuk menghidupi diri mereka sendiri. Jika memang  bisnis tidak berjalan cukup baik, segera lakukan penyesuaian, baik dari sisi harga, ataupun kualitas produk atau layanan. Perhatikan keinginan pelanggan. Itu akan membawa ke arah yang lebih baik.
4.  Memulai bisnis adalah pengalaman yang hebat, tapi ingat bukan itu alasan utama. Anda memulai bisnis untuk masa depan yang lebih baik. Jadilah disiplin dan bisa mengatur waktu agar tetap bisa pergi ke kelas, membuat prestasi bagus, dan bisnis tetap berjalan.
5.  Manfaatkan segala sumber daya dan peluang yang dapat meningkatkan bisnis. Ambil sumber daya di kampus maupun bantuan pemerintah, ajukan beasiswa, dan ikuti kesempatan belajar di luar negeri untuk dapat pengalaman baru dan ide baru serta memperluas jaringan.

 

sumber:  http://pustakadonwload.blogspot.co.id/2015/02/20-ide-usaha-untuk-mahasiswa-dan-pelajar.html

https://www.google.com/search?q=jualan&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjy-_GxkbHQAhWIMo8KHd9YBfoQ_AUICCgB&biw=1366&bih=659#imgrc=ol0ulugnT2kqhM%3A

 

 

lagu “ambyang-ambyang” mencekam namun penuh arti

hallo guys, selamat malam. saya disini bersama kalian dengan penuh semangat dan harapan. untuk hidup dan memahami kehidupan yang ada. untuk selalu tanpa pantang menyerah dan menjadi yang terbaik. berusaha dalam batas ketidak tahuan untuk menembusnya dan mengubahnya menjadi deskripsi yang indah dan bisa dipahami.

malam ini, saya terpikir lagu yang lagi ngehits sekarang ini. pasti kalian pernah dengar tetapi belum tahu judulnya.

saya pun juga baru tahu belum lama. sekarang saya tertarik dengan instrument dan kandungan kata-katanya, makna menurut persepsi dan  tafsir tentunya dengan logika hati saya.

lagu dengan judul “ambyang-ambyang”/”kereto jowo” ini lah yang membuat saya tertarik untuk mendengarkan. setiap akan tidur hampir setiap malam dan  pagi saat membersihkan kamar tidur pun saya sempatkan untuk mendengarkan. dengan di temani secangkir kopi membuat suasana lebih pahit namun manis.

Ono tangis kelayung-layung

Tangise wong kang wedi mati

Gedhongono kuncenono

Yen wis mati mongso urungo

Ditumpakke kereto jowo

Rodane roda menuso

Ditutupi ambyang-ambyang

Disirami banyune kembang

Duh GUSTI ALLAH

Kulo nyuwun pangapuro

Ning sayange wis ora ono guno

Ditumpakke kereto jowo

Rodane roda menuso

Ditutupi ambyang-ambyang

Disirami banyune kembang

Duh GUSTI ALLAH

Kulo nyuwun pangapuro

Ning sayange wis ora ono guno

Ditumpakke kereto jowo

Ha a a a a a a …

Ditutupi ambyang-ambyang

Disirami banyune kembang

liriknya membuat pahit di raga, namun manis di jiwa. Raga merupakan sebuah gambaran dan idiom (perumpamaan) dari duniawi yang penuh dengan “panggung sandiwara”. sementara jiwa/ruh  merupakan sebuah bagian dari zat yang maha kuasa yang kemudian mendiami raga ini. dan suatu saat pasti akan lepas untuk menuju kehidupan yang selanjutnya.
ibaratkan kita menggunakan alat contohnya sebuah laptop yang mungkin sekarang sedang kalian tatap layarnya. laptop ini mempunyai spesifikasi dan kegunaan menurut buku panduan. memelihara dan menggunaknnya berdasarkan petunjuk yang telah di bawakan. aturannya adalah pakailah laptop dengan sesuai petunjuk yang ada. jika petunjuk ini di langgar atau kita mengoperasikan tanpa sesuai petunjuk maka laptop akan rusak. baik sofware maupun hardware nya.
pencerminan dari perumpamaan ini yang mengembangkan maksud dari kehidupan. bahwa, kita telah di bekali dengan petunjuk untuk menata laksana kehidupan di dunia. jika kita hidup namun menggunakan tubuh ini seenaknya, tanpa arahan dari petunjuk yang telah di bawakan sebelumnya. bisa jadi akan rusak, tubuh dan tatanan hidup kita.
refleksi dari lagu di atas, bahwa manusia hidup pasti akan mengalami kematian. hal ini di jelaskan pula dalam alquran. namun, untuk menuju kesana kita di berikan waktu tenggang yang tanpa kita ketahui panjang dan masa nya. di dalam masa yang singkat itu kita di haruskan untuk beribadah dan beramal sholeh. sekali lagi dengan aturan pada petunjuk yang telah di bawakan. kemudian segala perbuatan di dunia ini akan di laporkan kepada pencipta dari segala pencipta. kemudian kita dalam suatu saat akan di hadapkan dalam persidangan akbar dengan hakim paling adil dan seadil-adilnya. untuk apa? tentunya untuk menentukan apakah amal kita cukup untuk di pertimbangkan ganjaran/reward yang akan di dapat. begitu singkat cerita..
namun, masih ada manusia yang melupakan kewajiban di atas. dan kesadaran baru muncul setelah sampai pada tahapan dimana seorang sudah tidak bisa melaksanakannya.
hal ini pun di jelaskan dalam al-quran  “mereka ingin kembali dan mengerjakan amal namun hal tersebut hanya sebatas angan-angan mereka belaka” kurang lebih maknanya seperti ini.
disisi lain, ada ketakutan yang menghantui. yaitu misteri mengenai apakah amal kita diterima oleh sang pencipta?
meskipun kita telah melakukannya di kehidupa kita. tentu tidak ada yang tahu..
cemass
oleh karenanya jangan putus-putus untuk mencari ridho Allah dan selalu berdoa. berharap dan memohon agar di ampuni segala dosa dan di terima amal perbuatan kita.

Just another Civitas Universitas Sebelas Maret site