Pengetahuan Umum

Produk Olahan Jahe Merah di Pasaran

Seiring berkembang zaman akan semakin banyak pula permintaan untuk penjualan murni jahe merah dan berbagai macam olahannya. Jahe merah yang bisa digunakan untuk olahan adalah yang sudah memiliki umur cukup sehingga rimpang jahenya berkualitas. Jika ingin tau lebih dalam, simaklah ulasan olahan jahe merah yang ada di pasaran berikut ini.

olahan jahe merah

Waktu panennya bisa dilakukan saat 10 hingga 12 bulan setelah masa tanam. Jika terlalu muda maka jahe merah akan cepat membusuk sedangkan jika terlalu tua maka khasiat yang dimiliki tidak akan maksimal.

Berbagai Produk Olahan Jahe Merah di Pasaran

Jahe merah memang bisa dibeli secara langsung seperti jahe segar atau murni yang belum diolah menjadi bahan olahan. Namun, resikonya adalah tidak memiliki umur yang lama berbeda dengan jahe merah olahan yang umumnya lebih panjang, berikut adalah beberapa olahan dari jahe.

1. Jahe Kering

Jual jahe merah dengan dikeringkan bisa Anda lakukan dengan cara memotong jahe secara tipis dengan mengikuti potongan serat dan mengeringkannya selama kurang lebih 2 hari pada panas matahari.

Jenis jahe kering merupakan jenis yang paling dicari sehingga sangat populer di kalangan pembeli pasar tradisional

2. Awetan Jahe Merah

Jahe segar bisa diolah menjadi awetan jahe dengan bentuk permen jahe (tingting, asinan, sirup, acar, atau jahe instan yang biasa dijual dalam bentuk bubuk. Penduduk Asia dan Australia sangat menyukai jenis olahan awetan jahe merah ini.

3. Bubuk Jahe Merah

Teknologi industri biasanya membuat produk jahe dalam bentuk bubuk untuk mempermudah penyajian dan menarik banyak pihak. Membuat bubuk jahe adalah dengan cara mengeringkan jahe, menggilingnya hingga halus dan kemudian di kemas.

Kegunaan bubuk ini adalah untuk jamu, minuman beralkohol, atau bahkan keperluan obat.

4. Oleoresin Jahe Merah

Olahan ini sangat jarang ditemukan karena termasuk ke dalam olahan dari tepung jahe atau jahe bubuk. Oleoresin merupakan olahan dengan warna coklat yang memiliki kandungan minyak asiri 15% hingga 35%.

Mengonsumsi produk olahan jahe ini sama halnya dengan Anda mengomsumsi jahe segar untuk minuman atau perlengkapan rempah-rempah Anda. Kandungan yang terdapat pada jahe tidak akan berkurang meskipun sudah melalui berbagai macam olahan. Bahkan, rutin mengomsumsi olahan jahe bisa membuat tubuh Anda sehat dan bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *