Pengetahuan Umum

Tata Cara Umroh Lengkap Sesuai Sunnah

Dalam melaksanakan ibadah umroh terdapat tata cara yang telah ditentukan sesuai sunnah. Urutan selama pelaksanaan umroh harus secara tertib dari awal hingga akhir. Sekilas tata cara umroh ini seperti ketika haji hanya saja ada beberapa ritual yang tidak dikerjakan di ibadah umroh. Calon jamaah umroh Jogja dari Hasuna Tour akan diberikan bimbingan dan manasik agar mengetahui dengan benar tata cara umroh tersebut.

Gambar tata cara umroh

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

  • Niat

Langkah pertama ketika bersiap untuk umroh adalah melafadzkan niat umroh. Pada saat niat ini juga digunakan untuk mengenakan pakaiah ihram dari miqat. Pengertian dari miqat adalah garis start bagi para jamaah untuk melaksanakan umroh. Di miqat inilah Anda bisa mengucapkan niat dan mengganti pakaian dengan pakaian ihram.

  • Menuju ke Makkah

Setelah proses di miqat di laksanakan maka dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke Makkah. Selama perjalanan Anda dianjurkan untuk memperbanyak membaca kalimat talbiyah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Anda bisa membaca kalimat ini hingga pada saat akan mulai tawaf.

  • Melakukan Thawaf

Ketika sudah memasuki Makkah dan tiba di Masjidil Haram lakukan wudhu terlebih dahulu sebelum masuk ke area masjid. Anjuran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah masuk ke Masjidil Haram melalui pintu Babus Salam atau pintu Bani Syaibah sambil membaca doa. Setelah itu Anda menuju ke tempat thawaf atau yang disebut mataf. Mulai mengerjakan thawaf sebanyak 7 kali putaran.

  • Melakukan Sholat 2 Rakaat di Maqom Ibrahim

Maqom Ibrahim bukan diartikan sebagai makam namun Maqom Ibrahim ini adalah tempat dimana Nabi Ibrahim pernah berdiri saat mendirikan Kabah. Pada rakaat pertama bacalah surat Al Fatihah kemudian surat Al Kafafiruun. Pada rakaat kedua bacalah surat Al Fatihah kemudian surat Al Ikhlas.

  • Melakukan Sai

Sai adalah berlari-lari kecil dari Safa ke Marwah sebanyak 7 kali bolak balik. Proses sai ini bisa Anda kerjakan secara berjalan biasa namun pada batas antara 2 lampu hijau maka nada dianjurkan untuk berlari kecil.

  • Tahalul

 Proses akhir dari pelaksanaan umroh adalah melakukan tahalul yaitu bercukur. Bagi jamaah laki-laki dianjurkan untuk mencukur rambut hingga gundul sedangkan untuk wanita cukup dilakukan cukur sekedarnya.

Ibadah umroh juga bisa dikatakan sebagai haji kecil sehingga banyak pula orang yang ingin menjalankan ibadah tersebut. Hasuna Tour Haji dan Umroh adalah penyedia jasa perjalanan umroh resmi yang siap membantu Anda menjalankan ibadah umroh dengan baik. Layanan dan fasilitas yang Anda dapatkan akan membuat ibadah lebih nyaman dan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *