Informasi

Syarat Nikah Siri Janda

Syarat Nikah Siri Janda

Syarat nikah siri janda sebenarnya tidak beda jauh dengan syarat nikah wanita pada umumnya. Masyarakat mengenal istilah janda sebagai wanita yang sudah ditinggal oleh suaminya, baik itu ditinggal cerai maupun meninggal. Namun berbeda dengan istilah dalam hukum Islam, di sini janda berarti wanita yang sudah hilang keperawanannya meskipun belum menikah dan belum punya anak.

Seorang wanita juga bisa disebut janda jika ditinggal suami yang tidak kunjung pulang dalam waktu yang lama, serta tidak diketahui nasib suaminya apakah masih hidup atau sudah tiada. Menikah siri dengan janda tentunya diperbolehkan dalam Islam, asalkan janda tersebut sudah selesai masa iddahnya dan sudah selesai segala urusannya dengan suaminya terdahulu.

Hukum dan Syarat Nikah Siri Janda

Banyak orang beranggapan bahwa menikahi janda syaratnya lebih mudah daripada menikahi wanita gadis, apalagi dengan cara menikah siri. Namun anggapan tersebut kurang tepat, karena beberapa syarat menikah bagi wanita janda dan gadis itu sama saja. Jika menggunakan jasa nikah siri, pastikan syarat berikut terpenuhi:

1.     Harus Ada Wali Nikah

Anggapan bahwa menikahi janda tidak memerlukan izin wali adalah anggapan yang tidak tepat. Pada dasarnya, wali dalam pernikahan adalah salah satu rukun nikah yang harus dipenuhi, tidak terkecuali pada janda yang akan Anda nikahi. Menurut Imam Maliki dan Syafi’i, pernikahan seorang janda haruslah menunggu persetujuan dan walinya, jika tidak maka pernikahannya tidak sah.

2.     Harus sudah Baligh

Jika janda yang akan Anda nikahi masih belum mencapai usia baligh, maka wali tidak diperbolehkan untuk menikahkannya. Jika tetap memaksa untuk dinikahkan, maka pernikahannya tidak sah di mata agama. Sama seperti rukun nikah pada umumnya, bahwa pernikahannya yang sah haruslah dilakukan oleh pasangan yang sudah baligh.

3.     Selesai Masa Iddah

Syarat nikah siri janda yang terakhir, yaitu seorang janda yang ingin menikah lagi haruslah menyelesaikan masa iddahnya terlebih dahulu. Masa iddah biasanya mencapai 4 bulan, untuk membersihkan rahim perempuan apakah ada janin yang ditinggalkan suaminya terdahulu atau tidak. Jika menikah masih dalam masa iddah, maka pernikahnnya tidak sah secara agama.

Pernikahan siri dengan janda memang tidak dilarang, namun syarat dan ketentuannya harus dipenuhi secara sempurna. Tujuannya untuk mempermudah proses serta demi kebaikan pengantin kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *