7 Surga Wisata Alam Yogyakarta Yang Tersembunyi Di Balik Ramainya Kota

Yogyakarta memang sangat layak dikatakan sebagai kota wisata. Bagaimana tidak, di kawasan ini terdapat sangat banyak tempat wisata yang dapat digunakan untuk liburan. Tempat wisatanya pun berbagai macam, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan wisata belanja. Bahkan untuk wisata alam saja bisa berupa wisata pantai, wisata gunung, hutan maupun Gua. Selain wisata alam yang sudah terkenal, ada banyak wisata alam Yogyakarta yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan.

 7 Wisata Alam Yogyakarta Yang Tersembunyi

Wisata alam yang tersembunyi tentu bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang tidak menyukai keramaian. Selain itu, tempat wisata yang jarang dikunjungi tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk diunggah di media sosial. Wisata alam Yogyakarta di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata yang memiliki objek berbeda dengan jarak tidak terlalu berjauhan. Sehingga tempat wisata ini bisa dikunjungi dalam dua hari saja.

1. Sunrise Di Puncak Suroloyo Kulon Progo

Untuk mengawali hari berwisata di Yogyakarta, bisa dimulai dengan melihat Sunrise di Puncak Suroloyo. Tempat ini berada di kawasan pegunungan menoreh Kulon Progo. Yang menjadikan tempat ini unik adalah bisa melihat keindahan candi Borobudur dari kejauhan. Apabila dilihat pada pagi hari, maka Borobudur terlihat diselimuti oleh kabut yang menjadikannya terlihat indah.

2. Kalibiru Waduk Sermo

Setelah menikmati Sunrise, maka bisa dilanjutkan untuk menjelajah kawasan wisata di Pegunungan Menoreh. Kalibiru merupakan salah satu wisata alam Yogyakarta yang tersembunyi dibalik perbukitan Menoreh. Di tempat ini bisa digunakan untuk melihat luasnya waduk Sermo dari atas ketinggian. Selain dikunjungi pada pagi hari, tempat ini juga dapat digunakan untuk menikmati sunset pada sore hari.

3. Cave Tubing Gunung Kidul

Cave Tubing adalah kegiatan untuk menyusuri gua menggunakan ban atau pelampung. Belakangan ini Gua Pindul menjadi objek cave tubing yang sangat terkenal. Namun karena terlalu terkenal akhirnya sering kali untuk menikmati objek wisata ini harus menunggu antrean panjang. Untuk menikmati cave tubing yang belum terlalu ramai, maka bisa dilakukan di Kalisuci Gunung Kidul. Aliran air di tempat wisata ini masih sangat jernih karena memiliki mata air sendiri. Keindahan stalakmit di gua ini juga tidak kalah indah dibandingkan dengan gua Pindul

4. Curug Indah Tegal Rejo Gunung Kidul

Masih di Gunung Kidul, terdapat tempat wisata air lain yang juga menjadi wisata alam Yogyakarta yang tersembunyi. Tempat ini bernama Curug Indah yang berada di daerah Tegalrejo. Di tempat ini Kamu bisa mencoba untuk melompat dari atas curug. Namun yang perlu diperhatikan adalah Curug ini cukup dangkal jadi harus memilih tempat melompat yang tepat agar tidak cidera. Curug ini memiliki warna air yang unik yang disebabkan oleh vegetasi di sekelilingnya.

5. Hutan Pinus Imogiri Mangunan Di Bantul

Hutan di kawasan perkotaan mungkin bukanlah hal yang umum. Namun, berbeda dengan kawasan wisata di Bantul ini. Hutan pinus Imogiri Mangunan berada di kawasan yang cukup dengan perkotaan. Di tempat ini terdapat ribuan pohon pinus yang sudah tumbuh bertahun tahun. Karena tempat wisata ini berada di daerah ketinggian, maka tempat wisata ini tidak terlalu dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, tempat wisata ini dekat dengan kebun buah Mangunan. Mangunan adalah tempat wisata yang dapat digunakan untuk melihat kawasan dataran rendah Yogyakarta.

6. Candi Sambisari Sleman

Setelah berwisata di kawasan selatan Yogyakarta, maka kini saatnya untuk berkunjung ke  wilayah utara, yaitu Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman memiliki banyak candi, misalnya yang terkenal adalah candi Prambanan. Namun candi Prambanan tentu sudah menjadi candi yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba untuk berwisata di candi yang masih belum banyak dikunjungi yaitu candi Sambisari. Candi Sambisari meupakan wisata alam Yogyakarta yang tersembunyi dibalik ramainya jalan Jogja Solo. Meskipun di dekat kearamain, tetapi tidak banyak yang tahu tentang wisata yang sangat indah ini.