Bahasa Arab mempunyai posisi penting dalam Islam, ketika mempelajari Islam, tanpa disadari kita juga mempelajari bahasa Arab. Banyak kata dalam bahasa Arab yang diserap ke berbagai bahasa di dunia ini. Contohnya adalah penamaan hari dalam bahasa Indonesia, hari Ahad hingga sabtu berasal dari bahasa Arab yang kemudian diserap ke dalam bahasa kita.

Apa saja manfaat mempelajari bahasa Arab? Tentunya banyak sekali manfaatnya, salah satunya mempermudah kita dalam memahami Al-Qur’an. Sangat penting bagi kita untuk mempelajari serta memahami isi Al-Qur’an, dan memahami bahasa Arab adalah salah satu cara kita untuk memudahkan memahami Al-Qur’an. Selain untuk memahami Al-Qur’an, masih banyak manfaat mempelajari bahasa Arab, simak yuk…

1. Memahami Hadits

Hadits adalah kumpulan perkataan, perbuatan dan tingkah laku suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW. yang hingga ini masih menjadi pegangan kita setelah Al-Qur’an. Hadits juga diturunkan menggunakan bahasa Arab, oleh karenanya mempelajari bahasa Arab sangat penting bagi kita agar lebih mudah memahami hadits Nabi Muhammad SAW.

2. Menenangkan Hati

Kita pasti pernah mendengarkan bacaan Al-Qur’an dan begitu menikmati bacaan tersebut, bahkan sampai menitihkan air mata walau kadang kita tak mengerti artinya. Apalagi ketika kita mengerti dan memahami arti lantunan ayat tersebut, pasti akan lebih membawa ketenangan hati.

3. Menjadi Nilai Lebih

Bagi sahabat yang ingin belajar atau mencari beasiswa di Negeri Arab atau Timur Tengah, tentu menguasai bahasa Arab menjadi nilai lebih. Bahasa Arab menjadi bekal yang berharga ketika kita belajar di sana. karena kita diwajibkan untuk menguasai bahasa Arab sebelum menempuh pendidikan. Saya punya sahabat yang mendapatkan beasiswa Kuliah di Kairo mesir, namun karena kurang memahami bahasa Arab, akhirnya dia harus mengikuti kelas bahasa selama satu tahun sebelum kuliah di sana. Gimana, masih tertarik mempelajari bahasa Arab? Sebenarnya masih banyak manfaat bahasa Arab, dan akan kita sambung lagi pada artikel mendatang. Semoga kita selalu dimudahkan dalam belajar segala hal, terutama bahasa Arab dan menjadi manfaat bagi kita dan banyak orang di sekitar kita.