Pasti menyenangkan ketika kita mampu menguasai banyak bahasa, terutama bahasa inggris. Banyak buku atau literatur berbahasa inggris yang menjadi sumber rujukan ketika kita mengerjakan tugas kuliah. Selain bahasa Inggris, bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa yang harus dipelajari, terutama bagi umat Islam.

Bahasa arab mempunyai peranan penting dalam Islam, karena Islam berawal dari Negara Arab, selain itu Kitab  Suci Al-Qur’an juga menggunakan bahasa Arab. Bagi kita yang ingin mempelajari Al-Qur’an secara mendalam, tentu bahasa sangat sangat dibutuhkan untuk memahaminya.

Bagi anda yang ingin mempelajari bahasa Arab, ada beberapa tips yang bisa digunakan agar lebih mudah memahami bahasa Arab, langsung aja yuk..

1. Menambah Kosakata Setiap Hari

Kosakata bahasa Arab begitu beragam, agar lebih memudahkan mempelajarinya, kita bisa menambah hafalan kosakata setiap harinya. Misalnya target harian adalah 5 kosakata baru. Maka setiap hari kita mencatat kosakata yang telah kita pelajari agar memudahkan kita mengingat kembali kosakata yang telah kita hafal. 

2. Menggunakan Kamus Bahasa Arab

Kata dalam bahasa Arab sangat kompleks, sehingga kita membutuhkan kamus bahasa arab untuk memudahkan dalam memahaminya. Kalimat yang sama tapi dengan huruf panjang dan pendek dalam bahasa Arab sangat berpengaruh terhadap arti kata tersebut. Contoh kata “Aamiin” dan kata “Amin” sudah memiliki arti yang berbeda. Kata “Aamiin” memiliki arti kabulkan doa kami, sedangkan kata “Amin” adalah aman. Oleh karena kamus menjadi acuan penting dalam mempelajari bahasa Arab.

3. Teman Seperjuangan

Sesuatu yang dilakukan bersama tentu terasa lebih mudah, begitu juga ketika kita mempelajari bahasa Arab. Teman menjadi pendorong atau penyemangat kita untuk konsisten belajar. Ketika sedang “loyo” teman selalu memberi semangat agar kita selalu berjuang.

4. Kursus Bahasa Arab

Kursus bahasa arab adalah solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Arab. Selain teman baru, tentu juga didampingi dengan guru yang kompeten di bidangnya dan bisa mengawasi, dan memantau perkembangan kita.

Itulah beberapa tips mempelajari bahasa arab yang bisa diterapkan bagi Anda. Namun saya merekomendasikan untuk ikut kursus bahasa arab bagi Anda, karena akan sangat memudahkan kita dalam mempelajari ilmu baru.