Penggunaan Bahan Ajar PPKn Berbasis Cognitive moral Untuk Meningkatkan Moral Judgement Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Indonesia

By | April 26, 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar PPKn berbasis cognitive moral dalam meningkatkan kompetensi moral judgement siswa kelas V sekolah dasar di Indonesia . Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan menggunakan desain pretest-postest control group. Subjek penelitian adalah 59 siswa kelas V sekolah dasar yang terdiri dari 31 siswa kelas eksprimen dan 28 siswa kelas kontrol. Perlakuan terhadap kelas eksperimen adalah pembelajaran menggunakan bahan ajar PPKn berbasis cognitive moral selama 8 minggu. Pembelajaran pada kelas kontrol adalah pada materi dan intesitas waktu yang sama, namun tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen tes terdiri atas 25 soal pilihan ganda yang didominasi cerita dilema moral. Hasil independent sample t test menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih tinggi daripada t tabel (2.161>1.671). Hasil hitung menunjukkan bahwa bahan ajar PPKn berbasis cognitive moral efektif dalam meningkatkan kompetensi moral judgement siswa kelas V sekolah dasar. Peningkatan kompetensi moral judgement pada kelas eksperimen berdasarkan perolehan skor N-Gain 0.36 adalah kategori sedang.

Artikel ini dimuat pada Inovasi Pembelajaran , UNY, Vol 1 No 2, ISSN 0125-992X di link hal 200-213.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *