MAKALAH KURIKULUM PKN PT YANG BERBASIS KOMPETENSI DAN BERSTANDAR KKNI

By | April 26, 2018

Salah satu elemen penting untuk  memperbaharui pendidikan adalah melalui kurikulum pendidikan. Dalam wujud ide, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Dalam wujud fisik, kurikulum merupakan dokumen tertulis yang terdiri atas minimal : rumusan tentang tujuan, rumusan isi, rumusan proses dan rumusan tentang cara menilai (penilaian).  Sebagai seperangkat rencana, nantinya kurikulum akan mempepengaruhi hampir keseluruhan elemen keberhasilan pendidikan lainnya, seperti guru, siswa, buku dan sarana prasarana.

Pada jenjang perguruan tinggi selanjutnya disingkat PT, kurikulum saat ini tengah dalam masa-masa perubahan, perbaikan dan pengembangan kearah kurikulum berbasis kompetensi. (KBK). Kurikulum PT berbasis kompetensi seharusnya sudah diadopsi dan mapan di PT sejak tahun 2002 yakni dengan keluarnya Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, serta Kepmendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Namun sampai saat ini, disadari oleh kita sebagai komunitas PT, bahwa  kurikulum PT berbasis kompetensi dirasakan “belum selesai”. Bisa jadi kendala ini terjadi karena masih beragamnya pemahaman tentang makna KBK serta implementasinya dalam pembelajaran dan juga munculnya kebijakan atau peraturan perundangan lain perihal kurikulum PT yang semakin menambah keragaman sudut pandangan.

Setelah  ada kebijakan kurikulum berbasis kompetensi yang diperkuat lagi dengan Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, muncul tuntutan bahwa penyelenggaraan pembelajaran di  PT perlu mendasarkan pada standar nasional pendidikan pendidikan tinggi (Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014) dan standar kompetensi dalam kurikulum wajib mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan KKNI dan  memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI (Undang-undang No 12 Tahun 2012 dan Perpres No 8 Tahun 2012).

Makalah ini dipresentasikan pada kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum PPKn berbasis KKNI prodi PPKn Unisri Surakarta 18 Desember 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *