PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN POLITIK MELALUI LESSON STUDI DI PROGRAM STUDI PPKN FKIP UNS

By | April 26, 2018

Mata kuliah Kapita Selekta Pendidikan Politik di Program studi PPKn FKIP UNS diberikan pada semester 6 dan merupakan kelompok mata kuliah pilihan. Masalah pembelajaran yang muncul pada perkuliahan mata kuliah tersebut pada semester genap Januari-Juli 2013 adalah bagaimana kualitas proses pembelajaran yang terjadi dapat meningkatkan interaksi antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan sumber belajar.

Berdasar masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah mengadakan lesson study yang dilakukan sebanyak 4 siklus atau 4 kali open class  dengan tahapan Plan, Do, See. Lesson studi dilakukan oleh dosen model dengan bantuan dosen lain sebagai observer. Data dikumpulkan dari hasil pengamatan dan refleksi bersama kemudian dianalisis secara kualitatif.

Setelah dilakukan lesson study, dapat dirumuskan kesimpulan bahwa lesson study dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang ditandai dengan interaksi yang baik antar mahasiswa selama berdiskusi kelompok, interaksi dosen dengan mahasiswa selama dilakukan tanya-jawab secara terus menerus, dan interaksi dengan sumber belajar dengan cara penugasan mengkaji sumber. Direkomendasikan agar lembar observasi dalam lesson study disusun sesuai dengan  tujuan yang hendak dicapai.

 

Kata kunci : lesson study, pembelajaran

Artikel ini dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional pendidikan 2014 Ikatan Sarjana Pendidikan (ISPI) Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *