9 Tips Menulis Artikel Blog dari ProBlogger

9 Tips Menulis Artikel Blog dari ProBlogger

1. Buatlah opini pribadi.

Artikel yang ditulis menurut opini orang per orang lebih asyik dibaca daripada pernyataan resmi sebuah perusahaan. Kalimat yang muncul bisa jadi lebih subyektif, spontan dan apa adanya. Meskipun menimbulkan pro dan kontra tetap saja hal ini menarik ditunggu kelanjutannya.

2. Sedikit tulisan tapi banyak informasi.

Ini nih yang agak sulit. Kita cenderung lebih suka basa-basi dan tidak langsung to the point. Padahal kita tahu waktu online itu mahal harganya, nggak semua blogger bisa leluasa mengambil waktu buat ngeblog.

3. Cukup 250 kata.

Kalau kurang dari 250 kata biasanya ide belum sempurna terwakili ke dalam artikel. Kalau lebih 250 kata bisa-bisa pembaca sudah tidur duluan sebelum habis baca seluruh artikel.

4. Buatlah judul yang menarik.

Judul yang menarik ibarat kail untuk memancing berlama-lama nongkrong di blog. Kalau dalam 3 detik pertama gagal, besar kemungkinan mereka segera kabur dan close the tab.

5. Membuat bullet points.

Bullet points atau numbered list mempermudah pembaca mengikuti alur pemikiran yang tertulis dalam artikel sekaligus menyerap informasi yang masuk.

6. Mempermudah pembaca men-scan tulisan.

Kebanyakan pembaca akan melihat garis besar artikel dari awal sampai akhir dulu baru baca. Ini akan dipermudah kalau kita mau menambahkan sub heading h1, h2. h3 dan seterusnya.

7. Konsisten dengan gaya penulisan.

Setiap penulis artikel memiliki gaya menulis yang khas. Dan itulah yang membuat pembaca kangen dan selalu menunggu publikasi artikel kamu. Kalau nggak belum punya gaya penulisan, segera temukan identitas diri sejak sekarang.

8. Tepat memilih kata kunci.

Menebar banyak kata kunci yang tidak berhubungan dengan artikel adalah perbuatan nyepam. Pastikan kata kunci yang dipilih masih terkait dengan topik pembahasan.

9. Edit artikel sebelum diterbitkan.

Sebelum tekan tombol publish, usahakan mengedit terlebih dahulu. Ini untuk mengantisipasi penulisan kata-kata yang salah yang bisa menimbulkan miskomunikasi dengan pembaca.

Informasi selengkapnya kunjungi tulis.blog

Comments are closed.