Apa itu Teknik Industri?

Apa itu Teknik Industri?

Apa itu Teknik Industri ?

Teknik Industri sebagai satu disiplin pengetahuan kombinasi dari pengetahuan keteknikan dan pengetahuan management yang pelajari mengenai perancangan, penginstalan, dan pembaruan dan peningkatan satu mekanisme yang integral yang terbagi dalam manusia, material, perlengkapan, energi, dan info supaya terwujud proses operasi/kerja mekanisme yang efisien dan efektif .

https://teknik-industri-rachman.blogspot.com/

Baca juga: OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)

Maka bisa disebutkan juga Teknik Industri sebagai pengetahuan yang memperantai di antara pengetahuan keteknikan dan pengetahuan sosial.

Apa yang Didalami di Teknik Industri ?

Teknik Industri sebagai kombinasi dari pengetahuan matematika, fisika, pengetahuan teknik dan kegiatan usaha seperti sistem marketing, keuangan, peningkatan sumber daya manusia dan sebagainya, yang esensial dengan beberapa prinsip dan cara-cara dari design dan analitis keteknikan.

Walau sebagai kombinasi dari beberapa disiplin pengetahuan, tapi Teknik Industri masih tetap berakar pada keilmuan teknik yakni proses perancangan (desain).

Baca juga: CARA MEMBUAT MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DENGAN MENGGUNAKAN EXCEL

Objek yang direncanakan dalam Teknik Industri ialah sebuah mekanisme, bukan suatu hal yang nyata seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau lainnya. Pada intinya, pengetahuan Teknik Industri bisa dipisah ke tiga sektor ketrampilan, yakni :

  1. Mekanisme Manufacturing. Sektor ini manfaatkan pendekatan Teknik Industri untuk kenaikan kualitas, keproduktifan, dan efektivitas mekanisme integral (manusia, mesin, material, energi, dan info) lewat proses perancangan, rencana, operasionalisasi, pengaturan, perawatan, dan pembaruan dengan jaga kesesuaian faktor manusia dan lingkungan kerjanya.
  2. Sektor ketrampilan Management Industri. Sektor ini condong bergerak ke beberapa persoalan yang memiliki sifat makro dan vital. Masalah yang ditemui sering tidak ada bersangkut-paut dengan masalah yang muncul di baris produksi (mekanisme produksi) atau management produksi/industri; tetapi telah bergerak ke masalah di luar dinding-dinding pabrik.
  3. Sektor ketrampilan Mekanisme Industri dan Tekno-Ekonomi. Sektor ini manfaatkan pendekatan Teknik Industri untuk tingkatkan daya saing mekanisme integral (tenaga kerja, bahan baku, energi, info, tehnologi, dan infrastruktur) yang berhubungan dengan komune usaha, warga, dan pemerintahan.

Prospect Alumnus Teknik Industri

Seorang alumnus Teknik Industri mempunyai prospect kerja di bagian yang paling luas diantaranya ialah :

  • Sektor produksi/ operasi dan penjaminan kualitas
  • Sektor tehnologi info
  • Sektor marketing/management usaha
  • Sektor industri manufacturing
  • Sektor diskusi management
  • Sektor management sumber daya manusia
  • Sektor pengajaran (dosen/periset)

Informasi seputar teknik industri silakan kunjungi teknik-industri-rachman.blogspot.com

Comments are closed.