Cara Aktifkan Opsi Pengembang pada Smartphone Android

Cara Aktifkan Opsi Pengembang pada Smartphone Android

Opsi Pengembang Android – Siapa yang suka main game dan mengoprek atau melakukan custom setting pada perangkat smartphone agar memiliki daya dan fitur yang lebih menarik.

Salah satu hal yang bisa di lakukan adalah dengan mengaktifkan opsi developer atau opsi pengembang. Supaya lebih paham, mari kita bahas satu per satu!

Apa itu Opsi Pengembang di Android?

Opsi Pengembang adalah opsi yang berada di dalam pengaturan sistem Android yang memberikan akses ke fitur-fitur canggih dan rahasia.

Fitur-fitur ini normalnya hanya tersedia untuk para pengembang, namun dengan mengaktifkan Opsi Pengembang, pengguna biasa pun dapat mengakses dan mencobanya.

Bagaimana caranya mengaktifkan opsi pengembang?

Apabila Anda ingin mengakses opsi pengembang pada perangkat Samsung Android, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara yang berbeda. Opsi pengembang biasanya tersembunyi dan tidak tersedia secara default, tetapi Anda dapat dengan mudah mengaksesnya jika Anda tahu bagaimana caranya.

Opsi pengembang dapat diakses melalui Pengaturan perangkat atau dengan menekan tombol kombinasi tertentu pada layar perangkat.

Untuk mengakses opsi pengembang dari Pengaturan perangkat, buka Pengaturan, scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengembangan” atau “Opsi pengembangs,” lalu aktifkan switch yang ada di sampingnya.

Alternatif lain untuk mengaktifkan opsi pengembangan adalah dengan menekan tombol kombinasi tertentu saat layar perangkat sedang aktif. Kombinasi tombol yang sering digunakan adalah volume up + home + power.

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang Android

Opsi Pengembang Android biasanya tersembunyi di bagian pengaturan sistem. Bagi kebanyakan orang, ini bukanlah hal yang perlu diketahui atau ditampilkan. Namun, jika Anda ingin mengakses opsi ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk menonaktifkan Opsi Pengembang Android:

1. Buka Pengaturan di perangkat android Anda.

2. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan “Tentang Telepon” atau “Tentang Tablet”.

3. Tap pada “Tentang Telepon” atau “Tentang Tablet”.

4. Scroll ke bawah lagi hingga Anda melihat “Nomor Build”.

5. Tap pada “Nomor Build” sebanyak 7 kali hingga muncul pesan notifikasi yang menyatakan bahwa Anda telah berhasil mengaktifkan Opsi Pengembang Android.

Apakah opsi pengembang berbahaya?

Sesuai fungsinya, Opsi pengembang merupakan opsi yang ada di beberapa perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur tambahan yang biasanya tidak tersedia.

Dikutip dari developer android dan pada pembahasan di situs Reviewtekno.com Sebagian besar opsi pengembang tidak berbahaya bagi kebanyakan pengguna, tetapi ada beberapa opsi yang dapat menyebabkan masalah jika digunakan dengan cara yang salah.

Opsi pengembang yang lebih umum berisiko termasuk mengubah waktu dan zona waktu, memformat data pengguna, dan menginstal aplikasi dari sumber-sumber yang tidak dikenal.

Opsi pengembang juga dapat digunakan untuk melacak aktivitas pengguna dan mendapatkan akses ke data sensitif seperti nomor telepon, alamat email, dan data lokasi. Penyalahgunaan opsi pengembang.

Comments are closed.