Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth agar Hemat Kuota

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth agar Hemat Kuota

Mungkin ada dari Anda yang belum tahu mengenai bagaimana cara untuk mengirim sebuah aplikasi atau apk lewat bluetooth tanpa menggunakan aplikasi. Mengirim aplikasi dengan menggunakan bluetooth membuat Anda tidak perlu mengunduh langsung aplikasi tersebut sehingga lebih hemat kuota internet.

Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Bayangkan jika Anda mendownload aplikasi langsung melalui Google Play Store maka Anda memerlukan kuota yang tidak sedikit. Lain halnya jika Anda mengirim sebuah aplikasi dalam bentuk apk dari HP lain dengan menggunakan bluetooth, maka kuota akan menjadi lebih hemat.

Jika masih bingung, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang akan dijelaskan berikut ini untuk mengirim apk dengan menggunakan bluetooth tanpa memerlukan aplikasi lainnya.

Selain itu ada pula cara untuk mengirim apk dengan menggunakan aplikasi sharecloud.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Perlu Pakai Aplikasi Apapun

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth tanpa Aplikasi Sharecloud dengan Menggunakan Es File Explorer

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa menggunakan aplikasi Sharecloud yakni melalui Es File Explorer. Apa itu aplikasi Es File Explorer? Aplikasi Es File Explorer adalah aplikasi Android yang berguna untuk mengelola penggunaan memori internal yang ada pada sebuah smartphone.

Selain itu, Es File Explorer juga membuat Anda mengirim aplikasi bluetooth. Simak caranya berikut ini!

  • Download Aplikasi Es File Explorer

Pertama-tama Anda harus mendownload aplikasi Es File Explorer.

  • Pilih Menu ‘App’

Selanjutnya saat ada di halaman utama aplikasi Es File Explorer Anda tinggal memilih menu ‘App’ untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal di HP Android Anda.

  • Pilih Aplikasi yang Anda Ingin Kirim

Lalu Anda tinggal memilih aplikasi mana yang Anda ingin kirimkan lewat bluetooth ke perangkat Android lain yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa menyentuh dan menekan lama pada bagian aplikasi yang Anda ingin kirimkan dan tunggu hingga ikon centang muncul di bagian pojok kanan bawah aplikasi tersebut.

  • Kirim Melalui Bluetooth

Setelahnya Anda bisa memilih menu ‘SHARE’ dan pilihlah opsi ‘Bluetooth’. Lalu untuk langkah terakhir, Anda tinggal memilih nama bluetooth dari smartphone Android yang akan menerima kiriman aplikasi.

Aplikasi Kamera Android Terbaik

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Menggunakan ShareCloud

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth selanjutnya yakni dengan menggunakan ShareCloud. Apa itu ShareCloud? ShareCloud adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk berbagi dengan menggunakan Wi-Fi, email, atau menggunakan Bluetooth.

Jika Anda ingin mengirimkan aplikasi lewat bluetooth dengan menggunakan ShareCloud maka Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Download Aplikasi

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi ShareCloud terlebih dahulu.

  • Pilihlah Menu Aplikasi

Jika Anda telah masuk ke aplikasi ShareCloud, di halaman pertama Anda bisa memilih menu ‘Aplikasi’.

  • Pilih Aplikasi Mana Saja yang Ingin Dikirimkan

Selanjutnya, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda kirimkan ke perangkat lain dengan cara menyentuh dan menahan lama di bagian aplikasi hingga tanda centang muncul.

  • Pilih Menu Ikon ‘Share’

Jika sudah, Anda bisa memilih menu ikon ‘Share’ yang ada di pojok kiri bawah. Lalu Anda pilih opsi ‘Bluetooth’ dan kirimkan ke perangkat Android lain yang Anda tuju. Selesai.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Lain

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan lainnya juga bisa Anda lakukan dengan cara yang relatif mudah dan tidak sulit. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika memori HP Anda terlalu kecil untuk menampung banyak aplikasi.

Nah cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth tanpa menggunakan aplikasi tambahan bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pilihlah Aplikasi yang Anda Inginkan

Pertama-tama melalui halaman homescreen, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang Anda ingin kirim lewat bluetooth.

  • Pilih Menu Share

Selanjutnya, Anda bisa memilih menu ‘Share’ dan kirim menggunakan opsi ‘Bluetooth’. Lalu Anda tinggal memilih nama bluetooth dari HP yang ingin Anda kirimkan aplikasi dan selesai.

Mudah bukan? Namun sayangnya cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan saat ini hanya bisa dilakukan di HP dengan merek Xiaomi saja. Sementara di merek HP lain, menu ‘Share’ tidak muncul sehingga Anda tidak bisa mengirimkan aplikasi yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkan aplikasi baru di handphone Anda, namun tidak memiliki kuota internet yang cukup untuk menginstalnya langsung.

Namun yang perlu digaris bawahi yakni tidak ada aplikasi yang sempurna, karena ada kemungkinan aplikasi tambahan yang diperlukan untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth tidak bekerja di HP Anda karena tidak kompatibel.

Seperti contoh ShareCloud yang sering kali error dan kini nampaknya sudah tidak bisa digunakan.

Informasi selengkapnya tentang teknologi kunjungi gamonesia.com

Comments are closed.