Mengenal Ukuran Kertas A4 dalam mm, cm dan inci

Mengenal Ukuran Kertas A4 dalam mm, cm dan inci

Ukuran kertas A4 merupakan salah satu kertas yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, sampai saat ini apakah Anda mengetahui berapa ukuran sesungguhnya dari kertas A4? Padahal kertas A4 mempunyai rincian ukuran dalam mm, cm dan bahkan inci.

Saat ini akan diulas secara detail mengenai berapa ukuran kertas A4 jika dibuat dengan satuan mm, cm, dan inci. Sehingga Anda akan mudah membuat ukuran kertas dalam bentuk A4 dengan menggunakan media Excel maupun Word.

Kegunaan Ukuran Kertas A4

Umumnya kertas A4 ini sering digunakan dalam berbagai hal yaitu :

  1. Membuat Dokumen Resmi, dengan ukuran A4 yang ideal ini membuat kegunaan kertas A4 menjadi sebuah dokumen resmi seperti skripsi, makalah dan lainnya.
  2. Pembuatan Poster, meskipun tergolong kertas yang kecil untuk skala poster namun dengan ukuran A4 cocok sekali mencetak poster dan ditempelkan pada mading dan lain sebagainya.
  3. Sertifikat, bahkan untuk membuat cetakan sertifikat pasti juga dipilih ukuran A4. Bisa dikatakan ukuran A4 juga memiliki jenis kertas yang lebih tebal dari yang lainnya.

Penjelasan Ukuran Kertas A4 Dari 3 Ukuran

Dilihat dari pengalaman masyarakat Indonesia yang cenderung menggunakan kertas A4, maka membuat ukuran kertas A4 ini sudah menjadi ukuran default yang ada di Indonesia. Bahkan ukuran ini sudah diakui dengan skala internasional.

1.     Ukuran A4 dalam mm

Untuk ukuran A4 dalam satuan mm (milimeter) yaitu 210 x 297 mm. Ketika kertas digunakan dalam posisi portrait maka mempunyai lebar 210 mm dan panjang 297 mm dan akan sebaliknya dengan posisi landscape.

2.     Ukuran A4 dalam cm

Jika diperjelas untuk ukuran dari A4 dengan satuan cm (centimeter) yaitu 21×29.7 cm. Jika kertas dengan model portrait maka diartikan dengan lebar sebesar 21 cm dan tinggi 2.97 cm, begitu sebaliknya untuk model landscape.

3.     Ukuran A4 dalam inci

Untuk satuan inci maka kertas A4 akan mempunyai nilai 8.27 x 11.69 inci. Dengan ukuran ini jika posisi portrait 8.27 inci menjadi lebar dan 11.69 inci menjadi tinggi kertas, dan ketika dalam posisi landscape maka 11.69 inci yang menjadi lebar dan 8.27 yang menjadi tinggi.

Umumnya di Indonesia akan menggunakan ukuran dalam satuan cm, namun pada negara Amerika Serikat menggunakan satuan inci yang menjadi populernya.

Cara Atur Ukuran Kertas A4 Di Word

Jika Anda ragu dengan default yang sudah diterapkan, maka Anda bisa atur kembali ukurannya pada bagian custom size. Untuk menemukan custom size, maka Anda klik tab page layout > margins > custom size.

Itulah sekilas informasi mengenai ukuran kertas A4, sehingga bisa lebih memberikan edukasi dan mengatasi kebingungan Anda. Bagaimana untuk membuat ukuran dari kertas A4 melalui perangkat komputer, akan jauh lebih mudah memasukkan nilai sesuai satuan yang kita inginkan.

Comments are closed.