4 Senjata Tradisional Bangka Belitung

By | February 16, 2022

Sebelum beragam jenis senjata kekinian datang di tengah-tengah warga, manusia sendiri sudah mengenali senjata tradisional sepanjang beratus-ratus tahun lalu. Selainnya dipakai untuk tetap bertahan hidup, senjata bisa juga memperlihatkan identitas dari satu bangsa.

Di Indonesia sendiri kehadiran senjata tradisional lumayan banyak dan menyebar di beberapa wilayah yang berada di Propinsi tanah air. Satu diantaranya yang berada di Propinsi Bangka Belitung. Nach, senjata tradisional apa yang dipunyai oleh daerah yang terbagi dalam beberapa ratus pulau itu? Baca Juga: Cara Cek Resi Tiktok

Yok, cari info senjata tradisional Bangka Belitung di artikel yang hendak Nglayap bahas di bawah. Baca daftar senjatanya berikut!

1. Senjata Lengkong

Salah satunya senjata tradisional dari Bangka Belitung yang pertama ialah senjata Lengkong. Jika disaksikan secara sepintas senjata ini seperti terlihat sebuah sabit atau celurit yang dari wilayah Madura.

Walau dipandang persis sama, tetapi yang membandingkan ke-2 nya ialah lengkungan yang ada di ke-2 senjata. Di mana lengkungan pada senjata Lengkong, yakni pas pada sisi tengah senjata terlihat lancip. Sementara lekukan pada senjata celurit atau sabit terlihat lebih cengkung dengan pojok yang lebih tajam. Baca Juga: 5 Game Asah Otak

Lengkong sendiri umumnya dipakai dalam pertarungan jarak dekat. Senjata ini dipakai untuk menyikat anggota badan musuh seperti tangan, kepala atau sisi kaki. Maksudnya sendiri supaya lawan yang ditemui tidak memiliki daya saat lakukan serangan atau memakai senjatanya.

Pada awalnya senjata ini banyak dipakai untuk menjaga diri atau serang masuh, tetapi cukup banyak juga yang manfaatkan salah satunya senjata tradisionil ini untuk menolong tugas setiap hari seperti bertani atau berternak.

Mereka sendiri biasa memakai senjata ini untuk melepaskan rumput, dan tanaman simak yang mengusik tempat pertanian dan memberikan makan hewan ternak. Baca Juga: Gadgetsiana

2. Senjata Siwar

Senjata tradisional selanjutnya yang dari Propinsi Bangka Belitung ialah Siwar. Senjata berupa unik ini sekilas memang seperti terlihat sebuah parang, senjata yang sering dipakai untuk menebas atau menggunting oleh warga saat akan memburu atau masuk ke rimba.

Meskipun ke-2 nya terlihat serupa, tetapi Siwar dijumpai mempunyai wujud yang tidak begitu lebar dengan ujung yang makin kecil dan meruncing. Di Bangka Belitung sendiri ada 2 jenis Siwar, yakni Siwar panjang dan Siwar pendek. Ke-2 nya sendiri diperbedakan berdasar ukuran panjangnya. Baca Juga:  Cara Mendapatkan Passive Income

Karakteristik menarik dari senjata ini ialah mempunyai dua bilah mata pisau yang serupa tajam. Nach, jika di Kalimantan ada Mandau, karena itu di Bangka Belitung Siwar berikut yang kerap dipakai oleh beberapa Juara yang mempunyai kekuatan beladiri lumayan tinggi.

Warga Bangka Belitung sendiri sering memakai senjata tradisional ini untuk alat pertahanan diri dari pertempuran jarak dekat. Walau senjata ini kelihatan biasa, tetapi Siwar sendiri adalah tipe senjata yang dibikin sesuai kelas pemakainya dan tidak dibikin asal-asalan.

Biasanya senjata ini dipercayai cuman dapat dipunyai dan dipakai oleh warga dari kelas sosial yang lumayan tinggi. Siwar sendiri sebagai salah satunya senjata tradisional yang dipakai oleh warga Bangka Belitung dalam perjuangkan kemerdekaan saat menantang beberapa penjajah tanah air. Baca Juga: Fungsi Kode Bank

3. Senjata Parang Badau

Nach, salah satunya senjata tradisional yang cukup populer dari Bangka Belitung ialah parang Badau. Sama seperti yang kita kenali jaman dulu Bangka Belitung ialah satu wilayah pemroduksi perkakas besi yang cukup unggul dan diakui di tanah air.

Hal itu dijumpai berdasar buku dengan judul Aanvullende Gegevens Geschiedenis Billiton yang di catat oleh W.S Stapel di tahun 1938. Menurut buku tersbeut, sepanjang lebih kurang 25 tahun jalinan perdagangan dengan Batavia, Bangka Belitung terdaftar mempunyai 7 bengkel pintar besi yang menghasilkan senjata-senjata itu.

Selam itu juga Bangka Belitung sudah sukses mengirimi lebih kurang 10.000 muatan kapak dan parang. Badau sendiri diambil dari nama sebuah dusun yang berada di Belitung. Sementara di Bangka sendiri parang tipe ini sebutkan dengan parang Bangka. Baca Juga: Keunggulan All Vario

Meskipun demikian, pada intinya ke-2 parang tersbeut mempunyai karakter wujud yang serupa, yakni mempunyai panjang sekitaran 40 cm dengan wujud senjata yang serupa dengan sebuah perahu monitor. Sepintas senjata ini seperti terlihat sebuah golok. Tetapi, mempunyai ukuran yang lebih lebar dan berbobot yang lumayan berat.

Sama seperti Siwar, parang Badau sendiri biasa dipunyai oleh beberapa orang yang mempunyai posisi atau orang yang cukup disegani. Jaman dulu, senjata itu sering dipakai sebagai pertahanan diri. Memiliki bentuk yang tajam dan berbobot yang lumayan berat memang lumayan efisien dalam melumpuhkan lawan. Baca Juga: Kata Indahnya Berbagi Rezeki

Masyarakat sendiri sering menyambungkan senjata ini dengan beberapa hal yang bau mistis. Meski begitu, banyak antara warga yang memggunakan senjata tradisional ini untuk beberapa kepentingan seperti pertanian, atau kepentingan lain seperti menggunting pohon, meneba semak ilalang dan sebagainya.

4. Senjata Kedik

Senjata paling akhir yang dipunyai oleh warga Banyak Belitung ialah Kedik. Kedik adalah senjata yang sering dipakai untuk menolong beberapa kegiatan setiap hari seperti bersihkan semak ilalang, dan menggunting rumput liar yang bisa mengusik hasil pertanian atau perkebunan warga. Baca Juga: Kata Bijak Pengantin Baru

Kedik sendiri mempunyai karakter seperti cangkul memiliki ukuran kecil dengan panjang sekitaran 40-50 cm dan memiliki bobot lebih kurang sekitaran 2 kg. Kedik mempunyai wujud yang nyaris serupa dengan arit yang umum dipakai oleh beberapa petani dari wilayah lain.

Beberapa senjata di tanah air memang mempunyai keserupaan satu sama lainnya. Hal itu bisa saja karena akulturasi budaya yang terjadi di periode kemarin. Seperti kita kenali jika dulu Indonesia sebuah daerah yang hampir semua terkuasai oleh kerajaan-kerajaan dagang yang cukup populer di Dunia.

So, tak heran bila beberapa warisan yang berada di tanah air banyak memiliki keserupaan di antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Adapun selanjutnya sedikit terdapat ketidaksamaan wujud hal itu bisa saja sebagai sisi proses dari rekonsilasi kondisi geografi, dan kebudayaan warga di tempat. Baca Juga: Kata Bijak Selamat Pagi

Meskipun demikian, beberapa senjata memang mempunyai peranan yang hampir sama. Kedik sendiri sebagai peninggalan turun-tumurun yang sukses dilestarikan secara baik oleh leluhur untuk angkatan penerusnya.

Nah, berbeda dengan tipe senjata yang lain cuman dapat dipunyai oleh beberapa orang tertentu. Kedik sendiri sebagai salah satunya tipe senjata yang lumayan gampang diketemukan di beberapa toko perkakas atau perlengkapan pertanian yang berada di Bangka Belitung.

Nah, itu 4 tipe tradisional asal Bangka Belitung yang sukses kami kumpulkan buat kamu. Kehadiran senjata-senjata itu sebagai peninggalan leluhur yang perlu dilestarikan oleh angkatan muda. Baca Juga: Kata Bijak Hari Minggu

Kurang lebih bagaimana pendapatmu berkenaan senjata-senjata itu? Apa di wilayah ada senjata yang serupa dengan senjata di atas?