Resep Mie Tek Tek

Punya persediaan mie kuning di rumah dan bingung mau diolah menjadi apa? Kali ini kita ada ide untuk membuat mie tek-tek khas abang kaki lima.

Mie tek-tek ini sebenarnya bisa disantap kapanpun dan dimanapun. Tapi, biasanya masyarakat kita sering mengonsumsinya ketika malam hari.

Yap, hangatnya kuah yang berpadu dengan mie, sayur dan suwiran ayam serta pelengkap lainnya memang cocok untuk dijadikan sebagai teman makan malam.

Continue reading “Resep Mie Tek Tek”

Olahan Mie

Olahan mie instan menjadi salah satu menu yang nikmat, mudah, dan cepat saji. Kamu dapat memperoleh beberapa referensi untuk hidangan yang mungkin tak terdunga.

Mie instan dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan untuk membuat menu yang spesial. Berbagai varian rasa dari mie instan, membuat kamu selalu ketagihan dan mencoba semua varian yang ada.

Namun, tahukah kamu cara memasak yang berbeda dapat membuat mie instan menjadi lebih spesial?

Continue reading “Olahan Mie”

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Bisnis merupakan peluang yang sebenarnya dimiliki oleh semua orang. Tapi banyak yang merasa kurang percaya dengan peluang tersebut. Salah satunya bisnis rumahan yang sering dipandang sebelah mata..

Ada banyak sekali peluang usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa dicoba.

Kuncinya kamu harus yakin dan mau untuk bergerak. Berikut ini beberapa bentuk usahanya:

  1. Katering

Banyak yang tidak sadar sebenarnya katering memiliki peluang bisnis yang tinggi. Sayangnya orang-orang sering memandangnya sebagai sebuah bisnis yang kurang menjanjikan.

Mungkin penyebabnya karena kurang terlihat mewah. Padahal dari segi keuntungan, katering mampu menghasilkan uang beberapa kali lipat dari modal awalnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis katering. Apalagi kawasan perkotaan biasanya membutuhkan layanan makanan yang cepat, praktis, dan enak.

Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang hobi memasak dengan rasa yang enak. Kamu bisa menerima pesanan katering makanan harian, bulanan, atau event tertentu.

Selain itu kamu bisa memberikan layanan tambahan seperti katering khusus makanan sehat atau juga program diet. Dengan begitu, jangkauan layanan katering akan lebih luas lagi.

  • Rental Mobil

Bisnis yang bisa kamu kerjakan di rumah selanjutnya adalah rental mobil. Mungkin sudah cukup banyak jasa rental yang akan menjadi pesaing kita.

Tapi permintaan rental mobil tidak pernah sepi. Sehingga kamu tidak akan kehilangan para pelanggan, mengingat kebutuhan rental mobil juga semakin tinggi untuk segala keperluan.

Inilah yang menjadi alasan rental mobil memiliki peluang bisnis tinggi. Sayangnya kamu membutuhkan modal awal yang sangat besar.

Sebagai modal awal, kamu perlu membeli mobil dengan harga ratusan juta. Kamu juga harus tahu risiko-risiko yang ada pada bisnis rental mobil ini sebelum memulainya.

Memang peluang untung dalam bisnisnya tinggi, tapi sepadan dengan risiko yang akan kamu hadapi selama berbisnis.

  • Es Cream

Bisnis kuliner bisa dikatakan bisnis yang tidak ada matinya. Kamu bisa mencoba salah satu peluang usaha dengan memproduksi es cream sendiri.

Lalu menjualnya secara online atau mendirikan kios. Kelebihan bisnis ini kamu hanya menyiapkan modal awal yang tergolong cukup kecil, mengingat masih skala rumahan.

Modal utama hanya sebuah lemari pendingin, kemudian beberapa bahan utama pembuat es cream. Bisnis ini juga mempunyai pasar semua kalangan.

Kamu juga bisa menambahkan varian bubble drink, Grosir Powder Bandung menyediakan pembelian grosir bubuk minuman.

Terlebih jika rasa es cream enak dan membuat pelanggan ketagihan. Tema kios es cream yang menawan/unik juga akan menarik perhatian para pelanggan.

  • Laundry

Laundry menjadi usaha rumahan yang cukup menjanjikan khususnya di perkotaan. Tingginya aktivitas warga kota akan memaksa mereka untuk menggunakan jasa laundry pakaian.

Alasan bisnis ini akan tetap memiliki peluang yang tinggi adalah karena permintaan jasa cuci pakaian tidak pernah sepi. Bahkan pada saat tertentu justru akan meningkat sangat tinggi.

Agar kamu bisa menjaring banyak pelanggan, cobalah menggunakan trik bisnis laundry yang unik dan berbeda. Contohnya laundry dalam jumlah besar yang lebih murah dan terjangkau.

Selain itu bisa juga dengan menawarkan parfum laundry dengan aneka rasa. Sehingga para pelanggan akan merasa senang dengan aroma parfum yang beraneka rasa tersebut.

  • Wedding Organizer

Wedding Organizer atau WO menjadi peluang bisnis rumahan yang sangat menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dengan membuka jasa WO ini.

Apalagi jika kamu bisa menggandeng bisnis katering lain sebagai penyedia makanan saat acara. Selain itu, kamu juga bisa menggandeng tukang dekorasi untuk mempermudah menjalankan bisnis.

Kamu cukup mengatur bagaimana konsep dan apa saja keperluan pernikahan dari para klien. Jika sudah bermitra dengan banyak pihak, bisnis ini akan sangat lancar dan mudah dijalankan.

Usaha rumahan yang menjanjikan di atas memang tidak bisa disepelekan. Meski skala rumahan, tapi ternyata kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai berkali-kali lipat.

Oleh-Oleh Khas Singapore

Salah satu destinasi langganan para wisatawan Indonesia adalah Singapura. Banyak yang ingin berpose di depan patung legendaris yaitu Merlion. Bahkan bermimpi ingin membawanya pulang.

Bisa kok dijadikan oleh-oleh khas Singapore tapi dalam bentuk gantungan kunci, magnet kulkas atau miniatur.

Masih butuh pilihan lain? Berikut rekomendasinya untuk kamu:

Bumbu Laksa

Kalau sudah mencicipi laksa, pasti bakal ketagihan. Makanan khas Singapore ini memiliki perpaduan rasa pedas, gurih, dan agak asam. Cocok untuk dibawa pulang ke Indonesia.

Kamu bisa membeli pasta laksa di supermarket atau pusat oleh-oleh di Bandara Changi. Kisaran harganya antara 5 hingga 10 SGD atau setara dengan 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

Miniatur Merlion

Maskot kebanggan Singapore, Merlion, bisa kamu bawa pulang dalam bentuk miniatur. Patung ikonik berkepala singa dan berbadan ikan ini bisa mempercantik ruangan.

Variasi warna yang dijual antara lain putih, silver, dan emas. Ukurannya pun beragam yaitu 9 cm, 13 cm dan 20 cm. Patung Merlion dalam bentuk magnet kulkas, gantungan dan asbak juga dijual.

Selai Srikaya

Cita rasa ala Singapore lainnya adalah kaya atau selai srikaya. Bahan dasar yang digunakan adalah srikaya, telur, gula dan santan. Favorit banget di kalangan warga asli dan para turis.

Kaya memiliki tekstur yang lembut dan bakal langsung meleleh di mulut. Biar awet dan hemat, beli saja yang dikemas dalam botol ukuran 250 gram. Harga yang dipatok sekitar 120 ribu rupiah.

Coklat Merlion

Coklat unik berbentuk patung merlion hanya ada di Singapore. Tempat terbaik untuk membelinya adalah di kawasan Little India yang buka selama 24 jam.

Rasanya sangat enak dan ada beberapa varian yang bisa dipilih yaitu original, stroberi, greentea, dan vanila. Harga untuk satu kemasan coklat merlion sekitar 4 SGD atau 41 ribu rupiah.

Bak Kwa

Dendeng Singapore alias bak kwa laris manis oleh para turis. Selain awet, rasa bak kwa juga lezat dan sukses bikin selera makan naik. Bagi yang muslim, harus jeli dalam memilih.

Alasannya, bak kwa ada yang terbuat dari daging babi. Harga per kemasan sekitar 120 ribu sampai 240 ribu rupiah. Daging asap ini banyak dijual di toko atau pusat oleh-oleh Changi.

Singapore Coin

Oleh-oleh berupa Singapore coin tidak kalah populer, kok. Bahkan lebih praktis dan tidak menambah berat koper.

Pada permukaan koin, terpampang gambar patung Merlin atau anggrek. Harga satu koin sekitar 2 SGD atau sekita Rp20.000.

Singapore Sling

Minuman legendaris Singapura bisa jadi oleh-oleh yang berkesan. Singapore Sling dibuat sejak 1915 Ngiam Tong Boon. Rasanya manis namun dan terbuat dari soda, nanas, lemon, dan gin.

Kemasannya berupa botol berukuran sedang dan memiliki desain vintage. Harganya kisaran 620 ribu rupiah per botol. Singapore Sling gampang dicari karena seluruh toko oleh-oleh menjual.  

Teh TWG

Pencinta teh wajib borong produk paling masyhur di Singapore, yaitu teh TWG. Biasanya warga asli meminumnya sebagai breakfast tea. Tapi kamu bebas kok menikmatinya kapan pun.

Ada 8 rasa yang paling difavoritkan yaitu sencha, grand jasmine, emperor sencha, english bfast, earl grey, dan oolong prestige. Rentang harga antara 45 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Sebenarnya masih banyak jenis oleh-oleh khas Singapore. Tapi rekomendasi dari blog visaloka tersebut masuk dalam top list. Kalau kamu bawa pulang salah satunya pasti langsung bisa ketebak dari Singapura.

Selain itu, produknya tahan lama, tidak rentan rusak, dan hemat ruang. Mau borong sebanyak apa pun bakal tetep muat di koper.

Sederet Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga untuk ibu hamil, bolehkah? 

Pertanyaan semacam itu barangkali pernah terlintas di pikiran. Banyak ibu hamil yang masih ragu bahkan takut mengonsumsi buah naga. Padahal, manfaat buah naga untuk ibu hamil tak perlu diragukan lagi. 

Berdasarkan informasi yang disebutkan di https://www.ruangmom.com/, konsumsi banyak sayur dan buah selama masa kehamilan sangat disarankan. Nah, salah satu buah yang baik untuk perkembangan janin adalah buah naga. Buah naga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1 & B2, karbohidrat, serat, protein, antioksidan serta zat besi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Melihat fakta-fakta itu, tidak mengherankan jika buah naga baik untuk menutrisi janin. Lantas apa saja khasiat buah istimewa ini? Mari simak sederet manfaat buah naga untuk ibu hamil berikut. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #1: Sumber Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C terutama untuk tumbuh kembang janin. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel, membentuk kolagen dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. 

Selain itu, nutrisi vitamin C juga berguna untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Meski buah naga berkhasiat sebagai sumber vitamin C, namun ibu tetap harus mengonsumsinya dengan bijak. 

Makanlah buah naga secukupnya. Sebab, kelebihan konsumsi vitamin C justru berpotensi meningkatkan risiko bayi lahir prematur. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #2: Redakan Konstipasi

Selain gejala morning sickness seperti mual dan muntah, keluhan lain yang kerap kali mengganggu ibu hamil adalah konstipasi. Nah, salah satu khasiat buah naga untuk ibu hamil yaitu dapat meredakan konstipasi. 

Kandungan 3 gram serat dalam tiap 100 gram buah naga mampu mencegah sembelit sekaligus meredakan keluhan konstipasi. Di samping itu, serat juga bermanfaat untuk membantu keluarkan racun dalam tubuh. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #3: Antioksidan

Manfaat buah naga bagi ibu hamil selanjutnya, yakni sebagai antioksidan alami. Antioksidan  berperan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker serta membantu perkembangan otak janin. 

Buah naga untuk ibu hamil juga berkhasiat sebagai pelindung dari zat karsinogenik yang dapat memicu kanker. Kandungan betakaroten dan likopen membantu menjaga kandungan dari paparan radikal bebas pula. 

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #4: Sumber Energi

Siapa bilang sumber energi berupa karbohidrat hanya bisa diperoleh dari nasi dan roti? 

Buah naga untuk ibu hamil juga berkhasiat sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat di dalamnya mampu menjadi tambahan energi bagi ibu hamil sehingga tidak mudah lelah. Karbohidrat juga berguna untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. 

Agar asupan karbohidrat terpenuhi selama masa kehamilan, ibu juga harus mengonsumsi makanan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi, roti, sereal dan sayur-sayuran.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil #5: Sumber Zat Besi

Zat besi berperan penting untuk pertumbuhan janin. Oleh karena itu, ibu hamil mesti memenuhi kebutuhan zat besi. Konsumsi zat besi yang cukup, bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. 

Selain itu, zat besi juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila ibu terindikasi kekurangan zat besi selama masa kehamilan, bayi akan berisiko lahir secara prematur dan berat badannya rendah. 

Asam Folat, Riboflavin dan Tiamin

Di samping serangkaian manfaat di atas, masih ada, lho deretan manfaat buah naga bagi ibu hamil yang tidak kalah penting. Kandungan asam folat dalam buah naga berfungsi untuk menjaga janin agar tetap kuat selama masa tumbuh kembangnya dalam kandungan. Dengan demikian, risiko keguguran akan lebih kecil.

Buah naga juga mengandung riboflavin yang berguna untuk membantu tubuh memproduksi tambahan energi. Janin dalam kandungan membutuhkan riboflavin ini untuk membantu pertumbuhan tulang, otot dan sel-sel sarafnya. Sementara zat tiamin diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan otak. 

Bagaimana dengan jus buah naga?

Buah naga memiliki bentuk yang unik dengan beragam jenis, seperti buah naga merah dan putih. Selain dimakan langsung, ibu juga bisa mengonsumsi buah naga dengan alternatif lain, misalnya diolah menjadi jus segar.

Mengonsumsi jus buah naga tidak kalah bernutrisi dengan mengonsumsi buah naga secara langsung. Di samping itu, ibu juga bisa mencampur buah naga dengan yoghurt, atau mencampurnya dengan buah-buah yang lain untuk dijadikan salad buah.

Beragam manfaat buah naga untuk ibu hamil di atas akan diperoleh apabila ibu mengonsumsi buah naga dengan porsi secukupnya. Ibu tidak dianjurkan untuk memakan buah naga terlalu berlebihan karena justru akan berisiko bagi kesehatan janin. 

5 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Kebanyakan orang menganggap kegiatan mengedit video itu harus dilakukan di komputer atau laptop. Padahal sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video hanya dengan menggunakan smartphone android saja.

Hal ini sangat cocok buat kalian yang ingin menjadi seorang youtuber namun tidak memiliki perangkat komputer. Berdasarkan sumber mastekno.com yang telah di rangkum, Kalian bisa melakukan proses pengeditan dengan menggunakan HP untuk kemudian di upload ke youtube atau sosial media lainnya.

Daftar Aplikasi Edit Video di HP

Dengan perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih, kini ada banyak aplikasi editing di android yang fitur-fiturnya mirip dengan yang ada di PC.

Dan semuanya bisa didownload secara gratis melalui playstore. Ingin tahu apa saja aplikasi edit video terbaik di android?

1. Filmora Go

Nama Filmora sendiri sudah tak terlalu asing di telinga para editor. Ia merupakan salah satu app editing yang begitu populer. Biasanya Filmora dikenal sebagai aplikasi editing video untuk perangkat komputer atau laptop.

Namun kini juga sudah tersedia Filmora Go yang memiliki fungsi sama dan bisa diinstall pada HP android. Aplikasi yang satu ini bisa kalian gunakan untuk mengedit foto maupun video layaknya Filmora yang ada di PC.

Untuk fitur yang disediakan juga tak perlu diragukan lagi. Aplikasi tersebut mampu menggabungkan antara foto dan video menjai satu. Selain itu juga ada berbagai macam efek transisi dan juga overfly serta filter yang dapat mempercantik video kalian.

Setelah proses pengeditan selesai, kalian bisa melakukan export dengan kualitas HD. Sehingga tak perlu khawatir akan gambar yang akan menjadi pecah ketika dibagikan ke youtube atau sosmed.

2. Kinemaster

Selain Filmora, nama Kinemaster ini juga tak kalah populer. Bisa dibilang bahwa ia merupakan aplikasi edit video terbaik di android. Kenapa begitu? Karena fitur yang disediakan sangat lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalian.

Apa saja sih fitur yang ada di dalam kinemaster? Ia dapat menggabungkan layer dalam jumlah banyak berisi foto, video, efek, transisi maupun teks. Kalian juga bisa menambahkan musik sendiri untuk digabungkan ke dalam video.

Selain itu juga sudah ada fitur Chroma Key yang seringkali dibutuhkan untuk menambahkan efek tertentu dengan greenscreen. Ada pula fitur slow motion yang semakin menambah kelengkapan fitur yang ada di dalamnya.

3. PowerDirector

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama PowerDirector, apa kalian sudah pernah mendengarnya? Ia juga cukup populer sebagai salah satu app edit video paling mumpuni di perangkat android.

Fitur yang dihadirkan pun juga terbilang lengkap dengan ratusan template dan efek transisi yang bisa digunakan secara gratis. Ia juga sudah menyediakan fitur Chroma Key untuk mengedit background dengan greenscreen.

Apalagi kelebihannya? PowerDirector ini mampu mengexport video hasil editan kalian dengan kualitas hingga resolusi 4K lho. Sangat jarang aplikasi android yang mampu melakukan hal tersebut. Sehingga kalian tak perlu meragukan kualitas hasilnya.

4. Viva Video

Menghadirkan berbagai fitur yang umum diperlukan seperti cut, merge, crop copy dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak heran jika banyak orang yang memilih Viva Video menjadi aplikasi favorit mereka untuk kegiatan editing video.

Kalian juga bisa menambahkan berbagai efek transisi, glitch serta musik maupun text ke dalam video dengan sangat mudah. Semua fitur tersebut bisa kalian dapatkan secara gratis.

Namun ada juga versi Pro yang bisa kalian dibeli dengan harga 43.000. Tentu saja fitur yang dihadirkan akan lebih lengkap dan tidak bisa kalian dapatkan pada versi freenya. Contohnya seperti kualitas hasil export lebih baik dan banyak efek transisi lainnya.

5. Adobe Premiere Rush

Adobe sendiri mungkin dikenal sebagai pengembang dari app Photoshop. Namun mereka juga membuat sebuah aplikasi edit video untuk android bernama Adobe Premiere Rush. Apa kelebihan yang dimilikinya?

Bukan hanya digunakan untuk melakukan proses editing, aplikasi yang satu ini sudah dilengkapi dengan in app camera untuk merekam video dengan kualitas tinggi. Ia dilengkapi dengan fitur sound balancing, noice reduction hngga auto ducking agar rekaman lebih stabil.

Setelah itu kalian bisa langsung melakukan pengeditan di dalam aplikasi. Ada ratusan template dan motion yang bisa kalian gunakan secara gratis. Sangat disayangkan jika kalian melewatkan aplikasi yang satu ini.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik di HP android. Meskipun tanpa komputer atau laptop, kalian sudah bisa mendapatkan fitur-fitur yang kalian butuhkan. Jika digunakan dengan baik, hasil editannya tak akan kalah dengan menggunakan PC.didapat.

3 Penyebab Karburator Bermasalah Pada Motor

Setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator jika tidak dirawat dengan benar, maka hal tersebut bisa menimbulkan permasalahan pada motor tersebut.

Jika hal itu terjadi, ada solusi yang mudah dilakukan untuk setiap orang. Bagaimana? kamu hanya datang ke bengkel terdekat untuk memperbaiki karburator yang bermasalah.

Namun bagaimana solusinya jika hal ini terjadi ketika motor tersebut tengah kamu gunakan dan posisinya jauh dari bengkel?

Sedangkan jika karburator motor bermasalah, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab motor mogok. Supaya kamu terhindar dari masalah ini, alangkah baiknya kamu harus mengetahui 3 penyebab karburator bermasalah dan cara menanganinya.

Berikut ulasan lengkap yang bisa kamu simak baik-baik.

Ciri Karburator Bermasalah

Berikut ciri karburator bermasalah yang sering ditemui disetiap kendaraan bermotor.

  • Jika mesin dihidupkan, keluar asap berwarna hitam dari bagian kenalpot
  • Mesin akan terasa brebet, baik itu di RPM yang rendah atau pun tinggi
  • Mesin motor bisa dihidupkan ketika gas motor ditarik
  • RPM pada idle mesin akan tersendat-sendat

Berikut masalah yang sering terjadi pada bagian karburator.

Setelan Kurang Tepat

Karburator sendiri mempunyai dua jenis baut penyetel. Diantaranya seperti baut pengatur gas dan baut pengatur untuk aliran bensin ketika mesin sedang idle.

Nah untuk baut pengatur gas ini mempunyai fungsi untuk mengontrol ketinggian gas ketika pedal gas tidak ditarik. Sedangkan untuk baut saluran bensin ini berfungsi untuk mengontrol besar kecilnya arus bensin ketika mesin sedang idle.

Kedua baud tersebut akan disetel untuk menemukan idle RPM yang tepat pada mesin motor. Oh iya, kamu tidak dapat menyetel salah satu baud tersebut, keduanya harus disetel dengan benar supaya bisa mendapatkan RPM yang tepat.

Terkadang masalah seperti ini jangan dimengerti oleh pemilik sepeda motor. Perlu kamu ketahui, setelan yang tidak tepat pada kedua baud tersebut bisa membuat campuran bensin tidak optimal yang nantinya bisa mengakibatkan mesin motor tidak akan bekerja dengan baik.

Maka dari itu, kedua baud penyekrub karburator ini harus disetel dengan benar.

Bensin Tidak Turun

Selain setelan karbu tidak tepat, masalah lainnya yang sering mengenai karburator adalah ‘Bensin Tidak Turun’ sehingga mesin motor akan susah untuk dihidupkan.

Apabila hal ini terjadi, maka yang harus kamu lakukan ialah memeriksa selang saluran bensin antara tangki dan karburator.

Biasanya, setiap sepeda motor yang menggunakan sistem pengkabutan karburator ini tidak mempunyai Fuel Pump, karena aliran bensin dari dalam tangki ini hanya memanfaatkan gaya gravitasi.

Perlu kamu ketahui jika sepeda motor didiamkan dalam kurun waktu yang sangat lama, umumnya akan bermasalah dikarenakan adanya udara (gas) yang terjebak didalam karburator. Hal ini bisa membuat saluran bensin tersumbat yang akhirnya mesin motor susah dihidupkan walaupun sudah disela-sela beberapa kali.

Nah jika kamu mendapati masalah seperti ini, solusinya ialah melepas selang bensin antara tangki dan karburator motor, kemudian diamkan selang tersebut sampai bensin itu benar-benar mengalir kembali seperti biasanya.

Mampetnya Main Jet Karburator

Masalah lainnya dalam karburator yang sering dirasakan oleh pemilik motor adalah ‘Main Jet Mampet’. Perlu diketahui, komponen ini mempunyai fungsi untuk mengalirkan dan mengkabutkan bensin sebelum masuk ke area pembakaran melalui intek manifold.

Lantas seperti apa yang harus dilakukan supaya main jet karburator tidak mampet? Solusinya ialah sering membersihkan karburator tersebut secara berkala, misalkan satu bulan sekali atau pun 3 minggu sekali. Untuk membersihkan karburator ini bisa dilakukan sesuai dengan penggunaan sehari-hari.

5 Cara Membersihkan Busi Motor yang Mudah Dilakukan

Busi merupakan salah satu bagian mesin yang mempunyai peran penting, pasalnya busi adalah sebuah komponen yang digunakan untuk memantik api agar terjadinya pembakaran di dalam ruang pembakaran mesin.

Jika percikan api yang dihasilkan oleh busi ini kecil, atau tidak menghasilkan percikan api sama sekali maka di dalam ruang pembakaran mesin tidak bekerja, al hasil mesin motor pun tidak akan hidup (mogok).

Kenapa tidak terjadi pembakaran? Karena busi yang digunakan oleh kendaraan tersebut sudah tidak layak digunakan.

Kasus seperti ini kerap dialami oleh setiap pemilik sepeda motor, lantas apa saja penyebab busi motor mati? Diantaranya seperti:

  • Busi sudah berumur
  • Busi Banjir
  • Busi kotor
  • Dan masih banyak lainnya

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau harus diganti dengan yang baru.

Lantas bagaimana mengetahui kelayakan pada busi motor? Kamu bisa membuka busi tersebut lalu dibersihkan hingga benar-benar bersih.

erikut 6 cara membersihkan busi motor yang versi Otomodiv yang perlu kamu ketahui.

1. Lepas Busi dari Head Mesin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melepas badan busi dari bagian head mesin. Untuk melepasnya, kamu bisa menggunakan kunci busi (ukurannya disesuaikan dengan jenis motor yang kamu miliki).

Sebelum melepas busi, diusahakan keadaan busi tersebut harus berada dalam suhu dingin.

Jika masih panas, alangkah baiknya busi tersebut jangan langsung dibuka, kenapa? Karena busi itu akan mengeras dan susah untuk dilepaskan dari kepala mesin.

2. Merendam Busi

Sesudah busi dilepas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah merendam busi didalam air bensin atau juga direndam dengan cairan pembersih seperti ‘Air Cleaner’.

Oh iya, untuk merendam busi nya jangan direndam secara keseluruhan, rendam bagian ujung busi nya saja di dalam tempat kecil yang berisikan bensin atau cairan pembersih.

Kenapa? Tujuannya ialah supaya kerak atau kotoran yang menempel dibagian ujung busi bisa gampang dibersihkan ketika menggunakan sikat atau alat pembersih lainnya.

3. Bersihkan Menggunakan Sikat

Untuk bagian ini, kamu memerlukan alat pembersih seperti sikat, entah itu menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Kenapa harus menggunakan sikat? Supaya kotoran yang menempel dari sisa-sisa pembakaran dibagian ujung busi bisa mudah dihilangkan.

Sebenarnya selain menggunakan sikat masih ada alat lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan busi, misal seperti kain lap.

Tapi, jika busi tersebut dibersihkan menggunakan kain lap, kotoran tersebut akan susah dihilangkan dan akan membutuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkan kotoran yang ada dibagian ujung busi nya.

Maka dari itu, saya sarankan kepada teman-teman semua agar menggunakan sikat kawat atau sikat gigi bekas untuk menghilangkan seluruh kotoran busi dengan cepat.

4. Menyetel Ulang Busi

Kenapa harus menyetel ulang busi? Tujuannya supaya busi tersebut bisa menghasilkan aliran listrik yang maksimal seperti baru, maka dari itu pentingnya menyetel busi setelah busi tersebut dibersihkan.

Untuk menyetel bagian celah busi nya, kamu memerlukan alat ukur ketebalan pada celah busi tersebut.

Jika kamu tidak mempunyai alat ukur nya, kamu bisa menggunakan obeng (-) sebagai alternatif pengganti Feeler Gauge (alat ukur penyetel celah busi).

 5. Pasang Busi kedalam Kepala Mesin dengan Benar

Setelah penyetelan penyetelan pada bagian celah busi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah memasang busi tersebut kebagian busi menggunakan kunci busi.

Dalam memasangnya, kamu harus benar-benar teliti, diusahakan jangan terlalu kencang ketika mengencangkan busi nya. Kenapa? Supaya ketika busi tersebut akan dilepas, kamu tidak merasa kesulitan.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya sampaikan mengenai 5 cara membersihkan busi motor yang mudah untuk dilakukan.

HP Di Bawah 1 Juta Dengan Kamera Bagus

HP di bawah 1 juta dengan kamera bagus menjadi andalan bagi pecinta fotografi tapi tidak punya modal besar.

Seperti namanya, HP yang masuk ke daftar ini memiliki resolusi kamera bagus sehingga bisa diandalkan saat mengabadikan momen penting bersama keluarga atau orang tercinta.

Meskipun kameranya sudah bagus, tapi jika dibanding HP di atas 2 juta tentu saja kalah kualitas.

Selain sensor kamera yang kalah telak, biasanya HP di bawah 1 juta memiliki spesifikasi hardware yang kurang mumpuni.

Continue reading “HP Di Bawah 1 Juta Dengan Kamera Bagus”

Harga Printer EPSON Di Bawah 1 Juta

Saat ini printer menjadi alat penting untuk menunjang segala pekerjaan. Jadi tidak heran jika banyak pihak yang mencari info harga printer EPSON di bawah 1 juta.

Apa memang ada harga printer EPSON yang kurang dari satu juta? Ada banyak di pasaran, kamu sebagai pembeli hanya perlu teliti dan cermat untuk survei.

Tentunya, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masing-masing.

Continue reading “Harga Printer EPSON Di Bawah 1 Juta”