Ulasan Tentang Rumah dan Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung

Ulasan tentang Rumah, Senjata dan Pakaian Adat Bangka Belitung ini merupakan informasi terbaru yang bisa Anda simak di artikel kali ini. Dua pulau di sebelah timur pulau Sumatra, di mana Provinsi Bangka Belitung berada. Provinsi ini resmi didirikan pada tanggal 9 Februari 2001. Lokasinya sangat strategis dalam rute perdagangan dunia, sehingga tidak mengherankan bahwa orang mendapat manfaat dari para migran.

Salah satunya adalah dapat ditemukan pada Pakaian Adat Bangka Belitung yang bisa di jual dengan kisaran harga $0.04. Pakaian tradisional dari Provinsi Bangka Belitung disebut pengaturan pakaian dan kain cual. Secara historis, pada masa itu pakaian tradisional dilakukan oleh pedagang Arab yang mampir dan menikahi seorang gadis Cina di kota Mentok.

Pakaian Adat Bangka Belitung
Pakaian Adat Bangka Belitung

Gaya yang unik dan menarik, masyarakat Bangka Belitung menggunakan pakaian yang kemudian mengakarasikan budaya dengan budaya masyarakat setempat. Berikut ini adalah ulasan pakaian tradisional Bangka Belitung:

Pakaian Wanita dan Kain Cual

Pengantin perempuan di Bangka Belitung. Dalam bentuk braket biasa, merah terbuat dari kain beludru / sutra. Perlengkapan pakaian bawahan ini dalam bentuk kain cual, yang juga disebut kain lasem / kain besusur.

Kain cual adalah kain budaya asli masyarakat Bangka Belitung, membuatnya menggunakan metode tenun. Motifnya 2, yakni motif pengantin Bekecak (pola penuh), dan motif Jande Bekecak (motif ruang kosong). Seperti bentuk kain cual seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Secara historis, kain Cualo awalnya disebut Limar Muntok. Selain itu, pada pandangan pertama, motif kain seperti kain songket khas masyarakat Palembang. Namun, jika Anda perhatikan dengan teliti, perbedaannya adalah pada bentuk motif dekorasi. Dekorasi kain cual dalam bentuk motif bunga, motif tanaman, dan motif binatang.

Adakah Pakaian Adat Bangka Belitung Lainnya?

  • Pakaian tradisional pengantin Bangka Belitung dilengkapi dengan aksesoris seperti berikut:
  • paksian (mahkota emas dengan ornamen khusus)
  • hiasan lotus di dada
  • Bunga krisan
  • goyang bunga
  • daun bambu
  • Chrysanthemum
  • menambatkan Tenggalung
  • jus bulan
  • penutup bun atau hong untuk hiasan kepala
  • Anting-anting panjang kalung
  • Potong udang atau garnish di sebelah cermin kiri dan kanan
  • Gelang yang ditunda untuk sabuk
  • Dekorasi Ronce Melati di kemejanya.

Pakaian Pengantin Pria Khusus

Pengantin Bangka Belitung mengenakan jubah panjang asli dengan jubah arab merah gelap, yang dilengkapi dengan syal / selempang dan membersihkan di bahu kanan.

Untuk pakaian bawahan, pengantin pria biasanya memakai celana panjang biasa, sedangkan warna kainnya sama. Jubah dan celana kantor dengan pernak-pernik dan motif pakaian adat wanita. Seperti alas kaki pengantin pria yang bernama pending selop atau sandal Arab.

Rumah tradisional dan pakaian tradisional bangka belitung

Rumah Adat Kep. Bangka Belitung Adat Budaya masyarakat adat Provinsi Bangka Belitung sendiri tidak dapat menyelesaikan dari budaya Melayu. Berbagai ikon budaya berbeda dari Melayu yang khas, termasuk rumah-rumah tradisional yang disebut Rumah Panggung atau Rumah Panggong. Dalam artikel ini, kita akan melihat secara khusus ikon budaya Bangka Belitung yang terkandung dalam desain Rumah Panggong, mulai dari arsitektur, struktur, fungsi, hingga nilai-nilai dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Penasaran dengan rumah adat Bangka Belitung yang unik? Silakan lihat diskusi berikut!

Struktur bangunan

Rumah Sama seperti rumah tradisional budaya Melayu lainnya, rumah panggung khas Bangka Belitung juga seluruhnya terbuat dari bahan-bahan alami. Pilar dan lantai terbuat dari kayu, dindingnya terbuat dari bambu atau kulit kayu, sedangkan atapnya terbuat dari daun lontar dan serat sawit. Tegak rumah adat ini didukung oleh 9 pilar dengan 1 tiang utama di tengah.

Tiang utama khusus pertama ditempatkan, sedangkan 8 kutub lainnya berbeda dari tiang utama. Pilar utama mendukung balok kayu yang disilangkan dimana papan ditempatkan sebagai lantai dan atap di bagian atas. Yang harus dibawa oleh kayu yang merupakan tiang harus kayu nomor satu.

Sumber : infosoalpelajaran.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *