Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Gambar metode pembelajaran pbl

Menjadi seorang tenaga pendidik memang harus selalu dituntut kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran.

Karena dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Nah, salah satu metode yang saat ini sering digunakan pada kurikulum 2013 adalah problem based learning (PBL).

Lalu apa itu metode pembelajaran pbl?

Pengertian Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Metode pbl

Metode pembelajaran problem based learning atau pbl adalah suatu model pembelajaran yang berdasarkan pada masalah-masalah, yang menjadikan siswa lebih kritis dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah.

Pada awalnya model pembelajaran ini dicetuskan oleh Jerome Bruner,  dimana konsep belajar pada model ini didasarkan pada belajar penemuan atau discovery learning.

Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Learning Menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, para ahli juga memiliki pendapat akan pengertian metode pembelajaran pbl, seperti:

1. Barbara J. Duch

Metode problem based learning atau pbl adalah satu model yang ditandai dengan penggunaan masalah yang ada di dunia nyata untuk melatih siswa berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan tentang konsep yang penting dari apa yang dipelajari.

2 Arend

Metode PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa dihadapkan pada masalah autentik (nyata) sehingga diharapkan mereka dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan tingkat tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya sendiri.

3. Suyatno

Metode PBL adalah satu model pembelajaran yang berbasis  pada masalah, dimana masalah tersebut digunakan sebagai stimulus yang mendorong siswa menggunakan pengetahuannya untuk merumuskan sebuah hipotesis, pencarian informasi relevan yang bersifat student-centered melalui diskusi dalam sebuah kelompok kecil untuk mendapatkan solusi dari masalah yang diberikan.

Karakteristik Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Karakteristik Model PBL

Menurut Trianto, metode pbl ini memiliki 5 karakteristik yang paling mencolok, yaitu:

  • Adanya pengajuan pertanyaan atau masalah.
  • Penyelidikan autentik.
  • Menghasilkan produk atau karya  dan mempresentasikannya.
  • berfokus pada keterkaitan antar disiplin.
  • Adanya kerja sama.

Langkah Penggunaan Metode Pembelajaran PBL

Langkah metode pbl

1. Konsep Dasar

Tenaga pendidik memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi atau link, dan skill yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik lebih cepat masuk dalam kegiatan pembelajaran dan mendapatkan ilmu yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.

2. Pendefinisian Masalah

Disini tenaga pendidik menyampaikan permasalahan dan peserta didik melakukan berbagai macam kegiatan brainstroming, serta semua yang terlibat didalamnya menyampaikan pendapat, gagasan, dan tanggapan terhadap permasalahan yang diberikan.

3. Pembelajaran Mandiri

Peserta didik diajarkan untuk tidak ketergantungan pada tenaga penidik, artinya disini peserta didik harus mandiri dalam mencari referensi tambahan.

Agar dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh tenaga pendidik.

4.Pertukaran Pengetahuan

Dalam tahap ini peserta didik mulai mendiskusikan terhadap apa yang ia dapat dari artikel yang mereka cari.

5. Penilaian

Penilaian dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, sehingga guru dapat melakukan evaluasi pada hal-hal yang masih kurang.

Tujuan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Tujuan Metode pbl

1. Mengembangkan Keterampilan Berpikir dan Keterampilan Memecahkan Masalah

Melalui model pembelajaran ini siswa dilatih untuk mencari cara bagaimana memecahkan masalah menggunakan data-data atau materi yang relevan.

Dengan demikian siswa sudah memiliki bekal untuk memecahkan masalah secara kritis dan berdasarkan data.

2. Belajar Peran Orang Dewasa

Model pembelajaran ini melatih siswa untuk belajar sesuai dengan kehidupan nyata dan belajar peran-peran penting yang biasa dilakukan oleh orang dewasa.

Contohnya adalah melalui kegiatan diskusi berkelompok, siswa diajarkan bagaimana cara menghormati pendapat orang lain dan bekerja bersama tim.

3. Melatih Siswa Untuk Belajar Mandiri

Melalui metode pembelajaran PBL siswa diharapkan tidak memiliki ketergantungan pada guru, melainkan siswa harus lebih aktif dalam belajar.

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran PBL

Kelebihan dan kekurangan metode pbl

Sama seperti metode pembelajaran yang lainnya, metode pembelajaran pbl juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah penjelasannya:

Kelebihan Metode Pembelajaran Problem Based Learning

  • Menjadikan siswa lebih mandiri, kritis, aktif dan kreatif.
  • Menjadikan siswa lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat.
  • Menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, karena siswa lebih aktif.

Kekurangan Metode Pembelajaran Problem Based Learning

  • Memakan waktu yang cukup lama, karena masalah yang dibahas menimbulkan pertanyaan baru.
  • Harus ada kasus yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi.
  • Tidak cocok untuk kelas yang berskala besar.

Sumber: Titanesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *