Tips Membuat Kata Sandi

ibnufirnas.com

Kata sandi yang kami buat harus berupa kata sandi yang sulit di tebak.  Ada beberapa kriteria untuk membuaat kata sandi sehingga kata sandi yang di buat termasuk dalam kategori yang sulit untuk di tebak.

Yakni tidak mudah di tebak oleh manusia ataupun mesin pencari, sehingga hanya kita sajalah yang mengetahui kata sandi yang kita miliki, namun untuk membuat kata sandi juga harus mudah dipahami.

Misalnya, kata sandi yang terdiri dari nama belakang seseorang yang kita cintai, kata sandi yang berisi komposisi huruf dan karakter yang tidak membentuk kata-kata. Misalnya: “sdgfsdgsd235” ini bahkan lebih bagus di banding kata sandi yang mudah di tebak seperti 123456789

Tips Membuat Kata Sandi yang Baik

ibnufirnas.com

Kata sandi adalah serangkaian karakter. Kebanyakan orang membuat kata sandi hanya serangkaian angka atau karakter alfabet. Kata sandi seperti ini mudah diretas menggunakan program.

Untuk itu Anda perlu membuat kata sandi yang benar-benar rahasia. Terutama yang paling sering di lakukan adalah ketika membuat kata sandi Facebook, kadang kita cuma asal-asalan saja.

Kata sandi yang baik, harus memiliki serangkaian karakter lengkap yang dapat digunakan untuk kata sandi. Berbagai karakter adalah huruf besar, huruf kecil, angka, dan juga karakter khusus.

Huruf kapital, huruf kecil, dan angka dipahami oleh kami. Untuk karakter khusus adalah karakter di luar alfabet dan angka, misalnya: “, @, #, $,%, dll. Empat jenis karakter (huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus), jika dimasukkan dalam satu kata sandi akan membuat Kami kata sandi sangat baik dan sulit dipecahkan.

Mengapa Demikian?

Mengapa sebuah password yang baik harus memuat 4 ragam karakter sebagai mana telah disebutkan di atas, hal ini kami kutip dari website ibnufirnas.com, yaitu :

• Memuat huruf kapital, seperti: B, C, E, D, G,….
• Memuat huruf kecil, seperti: a, e, c, g, f, … .
• Memuat angka, seperti: 1, 8, 2, 4, 5, 0, … .
• Memuat karakter khusus, seperti: ~, @, #, %,!, … .

Mengapa demikian? Untuk menjelaskan hal ini berarti kita harus memahami cara kerja sebuah program pembongkar password.

Dan berikut saya jelaskan sedikit mengenai cara kerja dari pembongkar password dari sistem,

Semisal ada sebuah kotak login yang meminta isian username dan password. Sebuah program pembongkar password akan melakukan percobaan untuk mengetest satu per satu karakter yang diduga sebuah password.

Contohnya seorang user mempunyai password hanya alfabet seperti ‘rikiganteng’. Program pembongkar password cukup untuk melakukan uji coba terhadap rentang karakter yang membentang dari ‘a’ sampai ‘z’.

Dengan demikian karakter yang diujicoba adalah hanya sebanyak 26 karakter.

Kemudian, apabila seorang user mempunyai password ‘rikir4mdh4ni’, maka bentangan karakter yang diujicoba akan semakin banyak. Yaitu meliputi karakter alfabet sejumlah 26 karakter ditambah karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10 karakter.

Dengan demikian sebuah program pembongkar password harus melakukan uji coba terhadap karakter yang lebih banyak yaitu sejumlah 36 karakter.

Ini artinya adalah diperlukan waktu lebih lama untuk membongkar password yang memuat karakter alfabet dan angka. Lebih lama ketimbang membongkar password yang hanya memuat huruf alfabet saja.

Selanjutnya, apabila seorang user mempunyai password  “RikiR4mdh4ni”, maka bentangan karakter yang perlu diujicoba akan semakin banyak. Mari kita cek.

Karakter yang diujicoba adalah karakter alfabet huruf kecil yaitu ‘a’, sampai ‘z’ sejumlah 26 karakter. Kemudian yang perlu diujicoba lagi adalah karakter huruf kapital yaitu ‘A’, sampai ‘Z’ sejumlah 26 karakter lagi.

Ditambah dengan karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10. Dengan demikian karakter yang perlu diujicoba adalah 26 + 26 + 10 sebanyak 62. Ini tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama lagi bagi sebuah program pembongkar password untuk melakukan ‘ujicoba’ password seperti ini ketimbang password sebelumnya di atas.

Nah, demikian pula logikanya bila seorang user mempunyai password ‘RikiR4mdh4ni’ yang merupakan kombinasi dari karakter huruf kecil, huruf besar, angka dan karakter khusus.

Tinggal Anda hitung sendiri jumlah karakter khusus yang ada pada sebuah komputer. Ini menyebabkan program pembongkar password membutuhkan waktu jauh lebih lama lagi ketimbang membongkar password seperti yang dicontohkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *