cara meningkatkan performa laptop gaming
cara meningkatkan performa laptop gaming

6 Cara Untuk Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Meningkatkan performa laptop gaming dapat Anda lakukan dengan melakukan pengoptimalan pada pengaturan kartu grafis dan sistem operasi.

Pengoptimalan tersebut dilakukan untuk menghindari beberapa masalah umum yang kerap terjadi ketika bermain game, diantaranya lag, gameplay lambat, dan freeze.

Berikut adalah 6 pengoptimalan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa bermain game laptop Anda persembahan tim rekomended.com.

1. Membersihkan Registry

Membersihkan registry dapat membuat performa laptop menjadi lebih cepat. Salah satu aplikasi atau software populer untuk melakukan pembersihan registry tersebut adalah CCleaner.

Aplikasi tersebut juga membuat Anda dapat menon-aktifkan beberapa aplikasi yang muncul di startup.

Dengan menon-aktifkan aplikasi tersebut sekaligus melakukan pembersihan registry secara berkala, performa laptop gaming Anda akan meningkat.

2. Matikan Aplikasi Background

Optimalkan RAM pada laptop dengan hanya memainkan program game ketika bermain game.

Matikan aplikasi background yang kerap memakan memori. Anda bisa mematikan aplikasi tersebut dengan mengakses task manager dan memilah mana aplikasi yang paling banyak memakan memori.

Ada cara lain yang lebih praktis dan dinilai lebih efektif, yaitu menggunakan software booster performa, salah satunya adalah Razer Game Booster.

3. Update Driver Kartu Grafis

Game zaman sekarang memang “rewel”. Mereka kerap meminta Anda berada di versi software sistem operasi dan driver kartu grafis ter-update.

Karenanya, jangan lupa untuk rutin memperbaharui driver VGA Anda.

Update untuk kartu grafis dapat dikatakan cukup sering. Untuk melakukannya, Anda bisa membuka aplikasi kartu grafis NVIDIA atau AMD.

Anda juga bisa men-download update-an driver dari website resmi masing-masing kartu grafis.

4. Mengatur Kualitas Grafis 3D

Cara meningkatkan performa laptop gaming selanjutnya adalah mengatur kualitas grafis. Anda dapat melakukan pengaturan kualitas grafis 3D pada pengaturan kartu grafis yang Anda gunakan.

Anda dapat meningkatkan, menurunkan, atau menon-aktifkan opsi grafis untuk meningkatkan performa bermain game.

Tentu pengaturan grafis ini akan Anda lakukan dengan memilih prioritas antara performa atau detail grafis.

Sebagai contoh, Anda bisa menurunkan kualitas tekstur dari High ke Low.

Pengaturan tersebut membuat performa gaming meningkat, namun kualitas grafis menurun. Hal tersebut bisa Anda lakukan pada opsi grafis lain, diantaranya Anisotropic Filtering dan V-Sync.

Semuanya kembali pada preferensi Anda, jika memang spek laptopnya tidak recommended, sebaiknya mengorbankan kualitas grafis untuk performa gaming yang mulus.

5. Manajemen Daya

Pada laptop, Anda tidak bisa mengatur daya untuk berada di performa tertingginya setiap saat. Jika dipaksakan, maka baterai akan mudah habis dan kualitas baterai akan menurun.

Menggunakan laptop dengan tanpa baterai pun tidak direkomendasikan untuk alasan apapun.

Pengaturan daya ketika menggunakan laptop, khususnya bermain game dapat dioptimalkan dengan fitur Swithcable Graphic.

Fitur tersebut sudah tersedia di laptop-laptop gaming zaman sekarang.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat mengatur kapan GPU digunakan dan kapan daya serta GPU digunakan secara maksimal. Anda dapat mengatur agar GPU tidak digunakan pada aktivitas biasa (non-gaming).

Namun, saat game yang dimainkan terasa berat, Anda bisa mengaturnya untuk meningkatkan performa GPU serta daya yang akan meningkatkan performa gaming.

6. Mengatur Kualitas Grafis Game

Setelah sebelumnya Anda melakukan pengaturan grafis pada kartu grafis, kini Anda akan melakukan pengaturan grafis pada game yang Anda mainkan.

Masuk ke menu pengaturan grafis dan periksa opsi grafis yang tersedia. Anda bisa mengatur resolusi, anti-aliansing, tekstur, kualitas effect, dan opsi grafis lainnya.

Jangan ragu untuk mencoba menurunkan atau menon-aktifkan opsi grafis yang berakibat pada meningkatnya performa gaming.

Lakukan ke-6 pengoptimalan tersebut untuk meningkatkan performa laptop gaming.

Jika performa tidak meningkat, maka game yang Anda mainkan terlalu berat sehingga dibutuhkan spesifikasi yang lebih baik sehingga anda perlu upgrade komponen-komponen laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *