Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Waktu liburan memang menjadi sesuatu yang dinantikan baik bagi anak sekolah, kuliah, maupun orang yang bekerja.

Terlebih kalian merencanakan liburan bersama teman, keluarga, maupun pacar tercinta, pastinya bakal lebih asyik lagi dong. Tentunya kamu harus mempersiapkan daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi sebelum berwisata.

Ada banyak blog wisata yang akan membantu kamu menemukan rekomendasi tempat wisata di Indonesia seperti berwisata.org salah satunya.

Apalagi suatu saat kalian merencanakan berlibur ke luar kota dan memutuskan menggunakan kereta api. Bepergian dengan menggunakan kereta api adalah suatu hal yang praktis, cepat, dan juga nyaman.

Memang moda transportasi ini bisa dibilang relatif lebih murah dibandingkan transportasi lainnya, terutama berkaitan dengan pelayanan yang ditawarkan.

Namun karena suatu alasan ternyata liburanmu terkendala karena suatu hal, yang akhirnya harus dibatalkan.

Karena bagaimanapun juga, manusia hanya bisa berencana Tuhan lah yang memutuskan.

Nah ketika hal tersebut terjadi tentunya kalian tidak menginginkan kalau tiket yang sudah dibeli malah hangus begitu saja. Oleh karena itu salah satu caranya adalah dengan melakukan refund dan meminta uang kembali.

Salah satu pelayanan yang ditawarkan oleh jasa kereta api adalah adanya refund atau melakukan pembatalan tiket.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan refund tiket kereta api, yaitu:

1. Mendatangi Stasiun Kereta

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk membatalkan dan melakukan refund tiket kereta api adalah dengan mendatangi stasiun kereta api terdekat.

Hal ini dikarenakan stasiun kereta api di indonesia dikelola langsung oleh PT KAI.

Sebagaimana kita tahu pembatalan atau refund tiket kereta api harus dilakukan secara langsung oleh pihak PT KAI sendiri.

Beberapa persyaratan yang harus kalain persiapkan sebelum datang ke stasiun kereta api terdekat yaitu, booking ID, identitas asli dan juga fotokopiannya.

Perlu diingat bahwa yang bisa membatalkan atau melakuakn refund adalah pemilik identitas pada tiket kereta api yang tertera.

Oleh sebab itu jika karena suatu hal kalian tidak bisa mengurusnya, kalian bisa meminta bantuan orang lain dengan menyertakan surat kuasa bermaterai.

Selain itu tidak semua stasiun kereta api juga melayani pengajuan pembatalan tiket, jadi akan lebih baik jika kalian mencari tahu terlebih dahulu.

Sesampainya di stasiun kereta api, kalian diharuskan melengkapi formulir pembatalan tiket yang disediakan oleh pihak Customer Service.

Di sini kalian juga boleh bertanya tanya andaikan masih merasa bingung. Kemudian setelah itu kalian bisa mendatangi loket untuk membatalkan tiket, dengan membawa formulir yang sudah terisi.

Namun, untuk menerima uang refund, kalian perlu menunggu hingga 30×24 jam, dengan uang pengembalian tiket sebesar 75% tentunya.

Perlu diingat juga bahwa maksimal pembatalan tiket adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Andaikan lebih dari itu maka tiket bisa dinyatakan hangus.

2. Menggunakan Aplikasi KAI Access

Selain mengunjungi stasiun kereta api, ada juga cara yang relatif lebih praktis dan cepat untuk membatalkan tiket kerta api atau melakukan refund.

Kalian hanya diharuskan mengunduh aplikasi KAI Access di ponsel Android atau IOS dan melakukan langkah-langkah berikut.

Pertama kunjungi menu My Trips, kemudian pilihlah booking ID yang ingin kalian batalkan.

Tiket yang dibeli di channel eksternal seperti Traveloka, Alfamart, tiket.com, dan lainnya juga bisa dibatalkan melalui aplikasi ini.

Syaratnya masih sama yakni, nomer identitas dalam tiket juga sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access yang telah terdaftar.

Kemudian pada menu E-Ticket klik pembatalan. Hal ini hanya bisa dilakukan jika status booking ID lunas atau paid dalam kurun waktu maksimal 24 jam sebelum pemberangkatan.

Kemudian pilihlan nama penumpang, setelah itu centang setuju pada halaman syarat dan ketentuan untuk selanjutnya melakukan proses pembatalan.

Untuk melakukan refund kalian juga akan diarahkan untuk memasukkan akun bank sebelum proses pembatalan.

Setelah itu kalian tinggal memilih tombol ‘Konfirmasi dan Lanjutkan’ pada halaman konfirmasi pembatalan.

Setelah melalui proses tersebut, otomatis tiket kalian telah berhasil dibatalkan, jadi pastikan bahwa kalian benar-benar yakin untuk melakukannya.

Perlu diingatkan kembali bahwa uang refund tiket dikenai biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket. Di samping itu pengembaliannya juga dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45.

Nah demikianlah cara yang dapat kalian lakukan untuk membatalkan tiket kereta api dan melakukan refund.

Semoga dengan hal ini dapat membantu kalian walaupun rencana liburan kalian gagal karena suatu hal. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi pengguna jasa moda transportasi kereta api di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *